8 Cara Memelihara Sugar Glider yang Baik untuk Pemula

Sugar glider kini tengah digemari sebagai salah satu binatang peliharaan di Indonesia. Alasannya karena sugar glider mempunyai  ukuran yang kecil, nampak lucu, menggemaskan, serta bisa juga diajak bermain layaknya kucing dan anjing. Walau merupakan salah satu binatang khas Indonesia, kenyataannya belum begitu banyak orang sudah mengetahui hewan berkantung ini loh. Anda juga mungkin termasuk salah seorang yang baru saja mengetahui bahwa ternyata ada binatang yang mempuyai tampilan selucu dan seimut sugar glider? Pantas saja kalau Anda langsung ingin memeliharanya.

Sebenarnya sih tren memelihara sugar glider di Indonesia sudah booming sejak 3-5 tahun yang lalu loh. Cuma memang seiring dengan berjalannya waktu jumlah peminat binatang ini semakin banyak. Wajar sekali sih sebab sugar glider memang sangat cocok dijadikan sebagai binatang peliharaan, terutama buat Anda yang menyukai hewan-hewan yang perawakannya lucu, unik, dan imut. Dengan bola mata serta postur kecilnya, sugar glider benar-benar merupakan binatang peliharaan yang cocok sekali untuk Anda. Anda harus merawat sugar glider tersebut dengan baik agar senantiasa tetap sehat.

Kali ini Arafuru sengaja berbagi tentang tips dan trik perawatan sugar glider nih karena kebetulan kami juga memeliharanya di rumah. Secara garis besar sih tak sulit kok untuk memelihara binatang yang satu ini. Kalau sebelumnya Anda sudah pernah mempunyai binatang peliharaan sendiri seperti kucing atau anjing, kami yakin Anda pasti akan langsung mampu merawat sugar glider ini. Salah satu keunikan sugar glider adalah Anda bisa melatihnya supaya mau masuk ke kantung baju serta diam di dalamnya. Dengan demikian, Anda pun dapat membawanya pergi jalan-jalan dengan mudah.

Sugar Glider itu Omnivora Ya

Sugar glider merupakan binatang omnivora ya. Artinya binatang ini biasa mengonsumsi buah, sayur, dan juga serangga. Beberapa contoh makanan yang disukainya antara lain mangga, ubi, apel, pisang, pir, wortel, kangkung, sawi, yoghurt, telur rebus, madu, jangkrik, ulat hongkong, dan keju. Sesekali Anda pun boleh menambahkan makanan kucing atau makanan anjing ke dalam menu makanannya. Satu hal yang pasti, sugar glider ini mudah bosan jika makanan yang diberikan itu-itu saja. Jadi Anda wajib merancang menu yang tepat untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Spesifikasi Kandang yang Ideal

Di habitat aslinya, sugar glider merupakan hewan yang suka memanjat dan melompat. Oleh karena itu, kandang yang dibutuhkannya pun haruslah cukup besar dan tinggi. Anda dapat membuat kandang yang memiliki ukuran panjang dan lebar lebih dari 1 m. Namun jika tidak memungkinkan, Anda harus sering-sering melepasnya di luar kandang. Selain membuat kandang khusus sugar glider, kandang hamster yang terdiri dari 3-5 tingkatan pun boleh Anda gunakan. Semakin luas ukuran kandang, maka semakin bagus. Agar sugar glider tidak kabur, ukuran minimal jarak jeruji kandang adalah 1,2 cm.

Tambahkan Kayu ke Kandang

Meskipun bukan hewan pengerat, Anda tetap perlu memasukkan kayu ke dalam kandang sugar glider. Kenapa? Fungsi kayu tersebut ialah sebagai tempat untuk mencakar atau menghaluskan kuku, sekaligus tempat bermainnya. Anda bisa memanfaatkan batang kayu yang panjangnya 20-30 cm dengan diameter maksimal 5 cm. Adapun batang kayu yang paling baik digunakan sebagai mainan sugar glider adalah dari pohon asam. Kayu asam ini benar-benar aman untuk sugar glider tanpa menimbulkan efek samping. Hindari menggunakan batang bergetah karena akan membahayakan kesehatan sugar glider Anda.

Siapkan Tempat Persembunyian

Sama seperti hamster, sugar glider juga membutuhkan tempat persembunyian yang memadai. Tempat ini dapat berfungsi sebagai tempat untuk berlindung maupun tempat beristirahat yang nyaman baginya. Tempat persembunyian ini dapat Anda buat menggunakan berbagai bahan bekas yang aman. Misalnya seperti pipa peralon, pot tanaman, kayu, bambu, dan lain-lain. Jangan pernah menggunakan batu untuk membuat tempat persembunyian ini. Walaupun kelihatannya menarik dan terlihat begitu alami, tetapi tempat tersebut dapat membahayakan keamanan sugar glider.

Ganti Air Minumnya Setiap Hari

Meskipun sudah mendapatkan cairan dari buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsinya, namun sugar glider pun tetap membutuhkan air minum. Minuman yang paling baik untuk sugar glider berasal dari air mineral dan jus buah alami, bukan jus kalengan. Sedangkan tempat minum yang dapat digunakan sama seperti wadah minum untuk hamster. Usahakan pilihlah tempat minum yang bobotnya cukup berat agar tidak mudah tumpah saat tersenggol oleh sugar glider, mengingat binatang ini memang sangat aktif dan lincah sekali.. Penggantian air minum dilakukan setiap pagi hari.

Hindari Matahari Langsung dan AC

Pada dasarnya, sugar glider adalah binatang nokturnal. Perilaku sugar glider ini akan lebih aktif ketika di malam hari. Jadi Anda harus memperhatikan kebutuhan dasar yang mendukung kehidupannya. Anda harus mengupayakan agar sugar glider ini tidak terkena pancaran sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama. Sebab cahaya matahari langsung ini cukup berbahaya bagi sugar glider, bahkan bisa menyebabkan kebutaan secara permanen . Di samping itu, ruangan yang dilengkapi AC juga kurang ideal sebagai habitat sugar glider karena suhunya terlalu dingin dan cenderung kering.

Sering Mengajaknya Bermain Ya

Sugar glider merupakan salah satu binatang yang paling lincah di dunia. Kelincahannya ini akan terlihat jelas manakala di malam hari. Bahkan kalau sudah mengenal pemiliknya dengan baik, sugar glider ini tak akan segan-segan untuk memanjat tubuh Anda berkali-kali serta bergerak kian-kemari di tubuh Anda. Namun Anda harus mengerti, untuk membuat sugar glider yang Anda pelihara menjadi jinak seperti ini, Anda harus telaten dalam mengajaknya bermain setiap hari. Cobalah Anda bermain dengan binatang tersebut setiap kali Anda mempunyai waktu luang.

Bersihkan Kandang Secara Berkala

Untuk menjaga kondisi kebersihan di dalam kandang, maka Anda harus mau membersihkannya secara rutin. Sebagai pemiliknya, Anda wajib menyediakan tempat tinggal yang aman dan nyaman bagi hewan yang satu ini. Namun berhubung sugar glider tidak bisa membersihkan kandangnya sendiri, maka Anda harus mau melakukannya. Sebaiknya Anda membersihkan kandang sugar glider ini sesering mungkin ya. Apalagi jika Anda memelihara sugar glider jantan yang notabene kerap membuat tanda wilayah dari air seninya yang berbau. Pembersihan cukup dilakukan dengan mencuci kandang tersebut serta mengganti alasnya.