Panduan Lengkap : Cara Mengecat Frame Sepeda Pakai Cat Semprot

Anda mungkin ingin melakukan pengecatan ulang bingkai (frame) sepeda namun belum tahu bagaimana cara mengerjakannya dengan benar? Kalau demikian, Anda bisa mencoba mengikuti panduan yang akan kami berikan di bawah ini. Ya, kali ini kami akan berbagi tentang tips-tips dasar dalam mengecat sepeda. Berhubung sekarang tren bersepeda sedang booming, jadi kami tidak mau ketinggalan momen tersebut. Aktivitas bersepeda memang merupakan kegiatan yang positif. Anda bisa melakukannya di waktu luang sebagai salah satu alternatif dari olahraga untuk menyehatkan tubuh.

Naiknya minat masyarakat terhadap aktivitas bersepeda membuat harga sepeda di pasaran meningkat secara tajam. Bahkan peningkatan harga sepeda saat ini bisa mencapai lebih dari 50% dari harga normal loh. Jadi untuk menyiasatinya, Anda bisa membeli sepeda bekas atau memanfaatkan sepeda lama Anda yang sudah nampak usang untuk digunakan bersepeda. Biar Anda tetap percaya diri dalam bersepeda, maka Anda mesti mengecat ulang terlebih dulu sepeda tersebut agar tampilannya lebih menarik seperti sepeda baru. Tips inilah yang akan kami share kali ini ya!

ALAT DAN BAHAN :

  • Cat dasar
  • Cat utama
  • Cat clear
  • Paint remover
  • Kain microfiber
  • Kuas
  • Amplas
  • Air bersih
  • Shampo
  • Sikat
  • Kunci inggris
  • Ember
  • Tang
  • Kape

LANGKAH-LANGKAH :

Melepaskan Frame Sepeda Terlebih Dahulu

Tugas pertama Anda adalah melepaskan frame sepeda. Mengapa sih frame ini harus dilepaskan terlebih dulu tidak langsung dicat saja? Tujuannya supaya pekerjaan Anda dalam mengecat terasa lebih mudah dan hasilnya pun bakalan lebih rapi. Untuk dapat melepaskan frame sepeda ini, Anda membutuhkan alat bantu berupa kunci inggris. Silakan Anda melepaskan bagian-bagian sepeda tersebut satu per satu. Anda bisa memulainya dari bagian roda depan, roda belakang, jok, stang, pedal, rantai, dan seterusnya. Kunci inggris ini dapat dipasang di baut pengencangnya terlebih dahulu, lalu putar berlawanan arah jarum jam untuk melepaskannya.

Mengupas Cat Lama dengan Paint Remover

Kemudian Anda mesti mengupas lapisan cat lama yang terdapat di frame sepeda. Mengapa cat ini harus dikelupas, tidak ditimpa saja biar pekerjaan ini menjadi lebih mudah? Gunanya agar lapisan cat baru bisa menempel dengan kuat di permukaan frame dan warnanya pun dapat keluar dengan sempurna seperti apa yang kita inginkan. Untuk dapat mengupas cat lama ini, Anda membutuhkan bahan khusus bernama paint remover. Silakan terapkan cairan paint remover tersebut ke permukaan frame menggunakan kuas. Kuaskan secara merata dengan lapisan yang tipis saja. Kemudian tunggulah selama 20-30 menit. Secara otomatis, lapisan cat lama pun akan terkelupas. Anda bisa membantu mengupasnya memakai kape.

Menghaluskan Permukaan Frame Sepeda

Tujuan utama proses pengamplasan frame yaitu menghaluskan tekstur permukaannya sehingga cat pun mampu menempel dengan rata dan rapi di sini. Anda dapat menggunakan amplas halus yang berukuran sekitar 400-800 untuk meratakan frame tersebut. Jangan lupa juga menyiapkan air shampo supaya Anda lebih mudah dalam mengamplasnya. Jadi Anda dapat membasahi frame sepeda terlebih dulu. Kemudian celupkan amplas di air shampo, lalu gosokkan pada permukaan frame. Gosoklah frame tersebut dengan gerakan yang searah dan berulang-ulang. Kerjakan dengan ulet hingga tekstur permukaan frame terasa halus dan tidak kasar lagi. Lantas, cucilah frame tersebut dan jemur sampai kering.

Menjemur Frame Sampai Kering Sempurna

Sebelumnya Anda harus memastikan sekali lagi bahwa kondisi frame sudah dalam keadaan yang benar-benar kering. Ya Anda hanya boleh melakukan pengecatan saat frame ini telah kering sempurna. Bahkan sekadar kondisi frame tersebut lembab saja Anda belum boleh mengecat. Sebab cat yang diaplikasikan pada frame yang belum kering total pasti akan bermasalah di kemudian hari. Masalah yang biasanya ada yaitu cat bakal mudah mengelupas, cat akan bergelombang, atau lapisannya tidak rata. Oleh karena itu, Anda harus menjemurnya minimal selama 1 x 24 jam biar hasil akhirnya nanti bagus. Jemurlah di tempat terbuka agar frame tersebut mengering sampai ke dalam.

Mengaplikasikan Cat Dasar di Lapisan Pertama

Lapisan pertama berupa cat dasar. Anda dapat memanfaatkan cat dasar dengan warna yang sesuai hasil akhirnya. Kalau Anda menginginkan tampilan mengkilap (glossy), maka pilihlah cat dasar yang berwarna silver. Sedangkan bila Anda ingin hasil akhir berupa tampilan yang pekat (doff/matte), gunakan cat dasar yang berwarna putih.

Adapun trik mengecat frame sepeda memakai cat semprot yang benar yaitu Anda mesti mengarahkan secara tipis dari jarak sekitar 20 cm. Jangan terlalu dekat karena akan menyebabkan lapisan catnya terlalu tebal. Semprotkan cat ini sebanyak 3 kali lapisan dengan jeda waktu 15-20 menit. Lapisan pertama cukup diarakan ke seluruh frame tanpa perlu rata. Lapisan kedua untuk meratakannya. Dan lapisan ketiga untuk finishing akhir. Biarkan frame ini selama minimal 1 jam.

Mengaplikasikan Cat Utama dengan Tepat

Kini waktunya untuk mengaplikasikan cat utama pada permukaan frame. Bagi Anda yang baru pertama kali mengecat sepeda sendiri, kami sarankan untuk memilih warna hitam saja karena warna ini memiliki risiko kesalahan yang kecil. Tapi jika Anda menginginkan warna lainnya, ya silakan dicoba. Sama seperti sebelumnya, Anda bisa menerapkan cat utama ini minimal dalam 3 kali lapisan.

Semprotan cat pertama cukup Anda arahkan ke seluruh permukaan frame tanpa perlu meratakannya. Tunggu selama 15 menit. Lalu semprotkan lagi cat tersebu secara merata ke frame. Dan lapisan ketiga berguna untuk benar-benar meratakan dan merapikannya. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Semprotkan cat ini dalam lapisan yang tipis saja dan berkali-kali supaya hasilnya rapi.

Mengaplikasikan Cat Clear untuk Pelindung

Setelah menunggu lapisan cat utama mengering setidaknya selama 1 jam, Anda dapat mengaplikasikan cat clear sebagai pelindung sekaligus penegas dari tampilana akhir yang Anda inginkan. Oleh karena itu, Anda harus memilih cat clear ini dengan warna sesuai hasil akhirnya. Anda bisa memilih cat clear glossy untuk tampilan akhir yang mengkilap. Sedangkan cat clear doff/matte untuk tampilan warna yang pekat. Silakan Anda semprotkan cat clear ini juga dari jarak sekitar 15-20 cm dengan lapisan cat yang tipis saja. Semprotkanlah cat ini minimal sebanyak 3 kali lapisan. Setiap lapisan cat harus diberi jeda waktu sekitar 15-20 menit ya.

Merangkai Kembali Frame Sepeda yang Baik

Setelah pekerjaan Anda dalam mengecat frame sudah berhasil dilakukan dengan baik, selanjutnya Anda pun dapat merangkai kembali komponen-komponen frame tersebut agar bentuknya seperti semula lagi. Hati-hati ya saat memasang frame tersebut. Jangan sampai kunci inggris yang Anda gunakan menggores atau bahkan melukai lapisan cat pada frame yang baru saja diaplikasikan. Jadi Anda harus mengerjakan langkah ini dengan ekstra hati-hati. Mulai dengan memasang roda depan terlebih dulu, roda belakang, menyetel rantai, memasang pedal, jok, stang, mengatur rem, dan seterusnya. Anda harus sabar dalam melaksanakan pekerjaan ini.

Memasang Decal Sticker di Posisi yang Tepat

Langkah terakhir ini bersifat opsional ya. Anda bisa melewatinya apabila menginginkan tampilan sepeda yang polos. Sedangkan kalau Anda ingin tampilan sepeda tersebut lebih meriah, Anda dapat memasang sticker di bagian frame-nya. Stiker untuk sepeda ini biasa disebut decal sticker. Anda bisa membeli stiker ini di www.alatperabotan.com dengan harga yang terjangkau. Silakan Anda pilih stiker mana yang sesuai dengan selera Anda pribadi. Sebaiknya Anda sesuai pula dengan desain yang ingin diciptakan di sepeda tersebut. Cara memasang decal sticker ini mudah sekali ya. Anda tinggal menempelkannya di posisi yang tepat, lalu tekanlah menggunakan spons agar hasilnya rapi.