Rekor! Negara-negara Ini Punya Waktu Puasa Paling Cepat dan Paling Lama di Dunia

Anda pasti sudah tahu kalau durasi waktu puasa negara-negara di dunia ini tidak sama, kan? Beberapa negara memiliki durasi waktu puasa kurang dari 12 jam. Sedangkan negara-negara di belahan bumi yang lainnya harus menjalankan puasa dengan durasi waktu selama lebih dari 20 jam. Tahukah Anda, adanya perbedaan durasi waktu puasa ini disebabkan oleh kemiringan sumbu rotasi bumi sebesar 23,5 derajat terhadap garis khatulistiwa. Kemiringan ini mengakibatkan matahari seolah-olah berada di belahan bumi utara pada suatu waktu, dan berada di belahan bumi selatan pada waktu yang lain.

Di Bulan Ramadhan tahun 2020, karena waktu puasa jatuh pada Bulan April sampai Mei berarti posisi matahari sedang berada di belahan Bumi bagian utara. Hal ini mengakibatkan waktu imsak dan waktu maghrib di wilayah Bumi bagian utara menjadi lebih lama dibandingkan dengan wilayah-wilayah lainnya di bagian selatan. Selain itu, pada wilayah Bumi bagian utara sekarang tengah mengalami musim panas. Berbeda halnya dengan wilayah Bumi bagian selatan yang sedang mengalami musim dingin. Kondisi ini pula berlaku di wilayah Indonesia, baik bagian barat, tengah, maupun timur.

Negara-negara yang Punya Waktu Puasa Paling Cepat

  1. Kepulauan Komoro

Sebelumnya di posisi ketiga ini ditempati oleh Australia. Tetapi ternyata ada loh negara lain yang punya waktu puasa jauh lebih cepat daripada Australia. Di manakah itu? Bukan lain ialah Kepualauan Komoro. Kepulauan Komoro terletak di Selat Mozambik, sebelah barat Laut Madagaskar dan sebelah timur Benua Afrika. Kepulauan ini sendiri masih merupakan wilayah dari negara jazirah Arab. Adapun waktu berpuasa di Kepulauan Komoro hanya setengah hari saja yakni sekitar 12 jam dan 31 menit. Artinya kurang lebih 1,5 jam lebih cepat dari Indonesia ya. Cepat sih, tapi kondisi cuaca di sini panas sekali loh.

  1. Argentina

Negara kedua yang punya durasi waktu puasa paling cepat di dunia adalah Argentina. Argentina sendiri merupakan negara yang terletak di Amerika Latin dengan ibukotanya Buenos Aires. Negara ini hebat sekali soal sepakbola. Salah satu bintangnya tentu saja ialah Lionel Messi. Masyarakat muslim di negara ini akan menjalankan puasa dengan durasi waktu sekitar 9 jam dan 37 menit atau sepertiga hari. Meski jumlah masyarakat muslim di Argentina tergolong minoritas, tapi warga non-muslim Argentina sangat menghormati ibadah puasa para umat muslim loh. Wow, mengagumkan sekali ya!

  1. Chile

Dan negara yang memiliki waktu puasa tercepat di dunia ialah Chile. Chile adalah negara yang terletak di Amerika Selatan, sebelah barat Argentina dan Bolivia, serta sebelah selatan Peru. Negara ini mempunyai durasi waktu puasa yang paling cepat di dunia loh yaitu hanya sekitar 9 jam dan 12 menit. Berarti kalau imsak di negara ini di mulai pukul 05.31 waktu setempat, maka mereka akan berbuka puasa pada 15.00 waktu puasa. Kalau di Indonesia itu waktu salat ashar ya? Wah, pastinya bakal terasa ringan sekali tuh kalau durasi waktu puasanya secepat itu.

Negara-negara yang Punya Waktu Puasa Paling Lama

  1. Inggris

Adapun negara yang mempunyai waktu puasa paling lama di dunia di urutan ketiga tidak lain ditempati oleh Negara Inggris. Inggris atau sering disebut Britania Raya, terletak di sebelah barat laut Benua Eropa. Umat muslim di Inggris pada tahun ini akan menghabiskan waktu berpuasa sekitar 17 jam dan 14 menit dalam sehari. Atau kurang lebih sekitar 3 jam lebih lama dibandingkan kita-kita yang tinggal di Indonesia. Walaupun begitu, kondisi Negara Inggris yang nyaman dan damai membuat suasana ibadah puasa di sini sangat menyenangkan. Apalagi ada banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan di sini.

  1. Rusia

Di urutan kedua adalah Rusaia yang punya waktu dengan durasi yang cukup lama. Seperti kita ketahui,  Rusia merupakan negara yang terletak di bagian paling utara belahan bumi. Oleh karena itulah, durasi waktu puasa di negara ini bisa menjadi sangat lamat hingga mencapai sekitar 18 jam lebih 22 menit loh. Terbayang nggak sih kalau Anda sendiri harus berpuasa dalam waktu yang selama itu? Namun lamanya waktu berpuasa di negara ini justru membuat masyarakat muslim Rusia bersemangat menyambut Bulan Ramadhan. Kapan lagi kita bisa memanen pahala yang begitu berlimpah kalau bukan saat Ramadhan?

  1. Negara Skandinavia

Tahukah Anda, negara yang memiliki waktu puasa yang paling lama di dunia adalah Negara Skandinavia. Negara ini sendiri terdiri atas Norwegia Tengah, Swedia, dan Finlandia. Waktu puasa di negara ini hampir mencapai sehariani penuh loh. Weleh-weleh! Umat islam di Skandinavia wajib melaksanakan ibadah puasa dengan baik dalam durasi waktu yang kurang lebih sekitar 21 jam. Artinya jika tinggal di sini, kita hanya punya waktu 3 jam/hari saja untuk berbuka puasa lalu kemudian langsung sahur lagi. Hebatnya nih, warga muslim di negara ini mampu menjalankan ibadahnya dengan sangat khusuk.

Bagaimana dengan Negara Indonesia?

Pada umumnya, umat muslim di Indonesia akan menjalankan ibadah puasa dengan durasi waktu antara 13-14 jam. Daerah-daerah di bagian Indonesia selatan umumnya mempunyai waktu puasa yang sedikit lebih cepat daripada wilayah Indonesia bagian utara. Jika dibandingkan dengan negara-negara di seluruh dunia yang lainnya, maka waktu di Indonesia ini masih tergolong normal atau rata-rata. Selain itu, iklim dan kondisi cuaca di Indonesia juga tidak seekstem negara-negara lainnya. Jadi, bersyukurlah kita tinggal di Indonesia. Tak ada alasan lagi untuk tidak berpuasa di Bulan Ramadhan ya!