Mudik dan Pulang Kampung Memang Berbeda Loh, Inilah 3 Perbedaannya!

Memasuki Bulan Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia mempunyai kewajiban menunaikan ibadah puasa. Ibadah ini dilaksanakan dengan menjaga diri agar tak makan dan minum, serta mengontrol hawa nafsu mulai dari terbitnya fajar di ufuk timur sampai terbenamnya matahari di ufuk barat. Tujuan utama puasa yaitu semata-mata supaya manusia bertakwa kepada Allah. Sedangkan dari segi kesehatan, puasa berguna untuk membersihkan tubuh. Setelah berhasil menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, kita akan merayakan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri.

Ada yang menarik nih dengan tradisi perayaan Hari Raya Idul Fitri di Negara Indonesia. Biasanya semua orang akan berkumpul dengan keluarga besar untuk merayakan hari yang istimewa ini secara bersama-sama. Orang-orang akan berkumpul di rumah orang tua bersama dengan anggota sanak famili yang lain. Jadi secara praktis, Anda yang tinggal jauh dari orang tua akan melakukan mudik untuk dapat pulang ke kampung halaman dan merayakan momen yang begitu spesial ini. Yang jauh akan mendekat, dan yang dekat akan semakin merapat. Perayaan Hari Raya pun menjadi kian semarak.

Pengertian mudik menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah pulang ke kampung halaman. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan mudik disebut sebagai pemudik. Antara kata mudik dengan kata pulang kampung memang saling berkaitan satu sama lain. Cuma kenyataannya memang kata mudik memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan pulang kampung. Jadi Anda tidak dapat menerjamahkan mudik dengan pulang kampung sebagai sebuah kata yang sama. Ada situasi tertentu di mana seseorang disebut mudik. Namun ada pula yang lebih sebagai pulang kampung.

MUDIK

Indonesia mempunyai tradisi unik yang disebut mudik. Mudik merupakan tradisi di mana orang-orang akan pergi ke kampung halamannya untuk merayakan hari besar. Berhubung mayoritas penduduk di sini memeluk agama islam, maka puncak mudik biasanya terjadi dalam kurun waktu seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri. Mereka semua pergi ke kampung halaman supaya dapat merayakan lebaran bersama-sama dengan keluarga besar. Bagaimana pun ini merupakan momen yang penuh dengan kebahagiaan, kenangan indah, dan tidak ternilai harganya. Mangkanya orang-orang pun selalu menyempatkan waktu untuk mudik walaupun cukup merepotkan.

PULANG KAMPUNG

Pulang kampung artinya kegiatan pergi ke kampung halaman. Kampung halaman adalah tempat di mana seseorang dilahirkan dan atau dibesarkan. Misalnya seseorang lahir dan dibesarkan di Kendal, maka dia memiliki kampung halaman di Kendal. Sedangkan apabila seseorang lahir di Kendal tetapi dibesarkan di Temanggung, maka kampung halamannya ialah Kendal dan Temanggung. Meskipun istilahnya kampung halaman, namun tidak mesti harus pergi ke kampung. Maksud kampung halaman di sini adalah tempat kelahiran dan atau tempat dibesarkan. Jadi Anda pun dapat pulang kampung ke Kota Bandung apabila Anda memang lahir dan atau dibesarkan di sana.

PERBEDAAN

Di bawah ini merupakan perbedaan-perbedaan lengkap antara mudik dan pulang kampung yang paling mendasar yaitu :

  1. Waktu

Mudik hanya dilaksanakan pada momen-momen tertentu saja. Biasanya sih mudik ini dilakukan beberapa hari sebelum Idul Fitri atau Natal. Tujuannya adalah supaya bisa merayakah Hari Raya bersama keluarga tercinta. Sedangkan pulang kampung bebas mau dilakukan kapan saja. Anda bisa pulang kampung sekarang, besok, ataupun lusa. Selama waktunya belum mendekati sebuah Hari Raya, maka disebut sebagai pulang kampung.

  1. Tujuan

Kata pulang kampung sebenarnya mengandung arti pulang ke kampung halaman. Ketika Anda pergi ke kampung halaman tempat Anda lahir dan atau dibesarkan, maka berarti Anda sedang melakukan kegiatan pulang kampung. Sementara untuk mudik dapat dilaksanakan ke mana saja, tidak mesti ke kampung halaman Anda. Bahkan Anda pun bisa mudik ke Yogyakarta meskipun ini merupakan kali pertama Anda pergi ke sana.

  1. Maksud

Berdasarkan tujuan utamanya, mudik dan pulang kampung juga mengandung maksud yang tak sama. Tujuan mudik serta pulang kampung ini berbeda loh. Mudik pada dasarnya dilaksanakan supaya kita bisa berkumpul bersama keluarga besar. Oleh karena itu, Anda pun akan membawa serta semua anggota keluarga untuk ikut bersama. Lain halnya dengan pulang kampung yang dapat dilakukan dengan alasan yang bermacam-macam.