Membuat Desinfektan Alami untuk Corona dari Garam dan Bawang Merah

Saat ini penyakit corona menjadi isu yang sangat genting di Indonesia. Penyakit ini menjadi wabah yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian bagi orang-orang yang menderitanya. Namun sayangnya, hingga sekarang belum ada obat yang efektif untuk mengatasi penyakit ini. Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan ialah melakukan upaya pencegahan agar tidak sampai tertular oleh virus ini. Anda dapat memanfaatkan desinfektan untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus di rumah tinggal. Hasilnya tak lain adalah Anda sekeluarga pun bakal lebih aman tinggal di dalam rumah.

Desinfektan merupakan bahan kimia yang bermanfaat untuk mematikan mikroorganisme. Penggunaan desinfektan umumnya ditujukan untuk membunuh organisem renik yang bisa menimbulkan penyakit ke manusia. Semua mikroorganisme yang terkena langsung oleh desinfektan ini seketika akan mati. Begitu pula dengan virus COVID-19 si penyebab penyakit corona pun bakal mati manakala kita menyemprotkan desinfektan. Mengingat peranannya yang sangat krusial dalam penanganan wabah corona, pemerintah pun lantas melakukan penyemprotan desinfektan secara massal ke permukiman penduduk.

Biar hasilnya lebih maksimal, disarankan untuk melakukan penyemprotan desinfektan ke rumah tinggal secara rutin. Anda tidak boleh hanya melakukannya sekali saja. Mengapa? Karena setiap hari bakal ada mikroorganisme baru yang datang ke rumah. Anda tidak pernah tahu apakah organisme renik tersebut adalah COVID-19 atau bukan. Dengan rutin menyemprotkan desinfektan di situasi yang genting seperti sekarang, maka Anda telah menjamin kalau kondisi rumah dan lingkungan sekitarnya senantiasa bebas dari wabah penyakit corona. Anda harus melakukannya paling tidak setiap 3-5 hari sekali.

Mengingat semua orang saat ini membutuhkan desinfektan untuk melindungi rumahnya, sehingga wajar sekali kalau tingkat permintaan pasar akan desinfektan ini mengalami peningkatkan secara tajam. Salah satu dampaknya yaitu stock desinfektan semakin langka serta harganya pun menjadi jauh lebih mahal. Daripada Anda pusing karena terus memikirkan harga desinfektan yang mahal sekali, ditambah dengan harga kebutuhan pokok dan produk hand sanitizer yang juga tak kalah mahal, sebaiknya Anda membuat desinfektan sendiri saja. Anda bisa memanfaatkan kombinasi garam kasar dan bawang merah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 mangkuk garam kasar
  • 25 siung bawang merah
  • 1 liter air bersih

Alat-alat yang digunakan :

  • Mangkuk
  • Blender
  • Saringan
  • Botol spray

Langkah-langkah pembuatan :

  1. Siapkan garam dapur terlebih dahulu. Di sini Anda harus menggunakan garam kasar atau garam krosok sebagai bahan bakunya. Sebab garam halus kurang efektif membunuh mikroorganisme.
  2. Siapkan pula bawang merah sebanyak 25 siung. Ini merupakan takaran minimal ya. Kalau Anda mau hasilnya lebih ampuh lagi, gunakan bawang merah dalam jumlah yang lebih banyak.
  3. Siapkan juga air bersih sebagai pengencernya. Disarankan untuk memakai air matang, air suling, atau air mineral yang notabene telah bebas dari kandungan kuman dan bakteri.
  4. Masukkan air, bawang merah, dan garam kasar ke dalam blender. Kemudian proseslah selama 3-5 menit untuk menghalukan semua bahan tersebut sampai benar-benar halus dan tercampur rata.
  5. Hasilnya adalah cairan desinfektan alami yang masih cukup kasar. Anda perlu menyaring cairan tersebut terlebih dahulu untuk mendapatkan desinfektan yang murni berupa air sarinya.
  6. Cairan desinfektan ini lantas dapat Anda masukkan ke dalam botol spray supaya lebih mudah dalam menggunakannya.
  7. Silakan Anda bersihkan rumah dan lingkungan di sekitarnya terlebih dahulu. Barulah kemudian semprotkan desinfektan ini secara merata ke setiap penjuru rumah.

Hasilnya adalah rumah Anda pun akan menjadi lebih bersih dan higienis.