Yummy! Lezatnya Makanan Unik Khas Ramadhan dari Berbagai Negara

Puji syukur Bulan Ramadhan di tahun ini akan lekas tiba dalam waktu yang sebentar lagi. Sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim di seluruh dunia untuk menunaikan ibadah puasa di bulan yang suci ini. Hal lain yang menarik dari Bulan Ramadhan ialah makanan-makanan yang hanya muncul pada bulan ini. Yap beberapa jenis makanan memang biasanya hanya ada di Bulan Ramadhan dan entah kenapa menghilang di bulan-bulan yang lainnya. Indonesia punya banyak sekali makanan unik semacam ini.

Namun ternyata bukan hanya Indonesia saja loh yang mempunyai kuliner khas Ramadhan. Sejumlah negara-negara lain pun memiliki makanan khas yang cuma ada di waktu Bulan Ramadhan saja. Tentunya makanan-makanan ini sangat unik, baik dari segi rasa, bahan pembuat, maupun cara memasaknya. Anda pasti penasaran sekali kan, orang-orang di luar negeri itu makannya apa sih sewaktu puasa? Nah sebagai penawar dari rasa penasaran Anda, kami akan berbagi informasinya secara mendalam.

ARAB SAUDI

Menu makanan khas puasa dari Arab Saudi biasanya yang paling banyak diburu oleh umat muslim saat Ramadhan. Hal ini mengingat Rasulullah tinggal di negara ini sehingga banyak umat muslim yang ingin merasakan sensasi puasa khas beliau. Dari sekian banyak desert yang ada di sini, baleelah yang paling unik. Baleelah adalah hidangan mirip salad yang terbuat dari kacang pinus, buncis, bumbu jinten, dan minyak zaitun. Ada juga sambousek yaitu kue goreng yang sekilas mirip seperti pastel.

Untuk makanan beratnya, warga Arab Saudi biasanya sih menikmati sajian berupa daging domba bakar yang dihindangkan bersama nasi berempah, sambal khas, dan sayuran yang biasa dinamakan al mandi. Rasa rempah yang kuat dari hidangan ini dijamin akan menggoyang lidah Anda. Dijamin cocok sekali jika Anda memang suka makanan yang kaya akan rempah-rempah. Sebagai minumannya, ada sobia yang terdiri dari campuran susu, kismis, gandum, roti tawar, dan gula. Mantap dan segar!

MALAYSIA

Singgah di Negeri Jiran Malaysia, momen berbuka puasa di sini akan terasa semakin lengkap apabila ditemani dengan bubur lambuk. Bubur yang terbuat dari beras yang dicampur dengan udang kering dan potongan daging sapi ini adalah salah satu makanan khas warga Malaysia saat Ramadhan. Terbayang kan betapa lezatnya hidangan ini saat disantap hangat-hangat dalam kondisi perut yang masih kosong? Untuk minumannya sendiri, penduduk muslim di Malaysia paling suka minum air tebu sebagai pelepas dahaga. Biasanya air ini diminum begitu saja atau dicampur dengan aneka topping biar tambah ramai.

KOREA SELATAN

Selama beberapa tahun terakhir, Bulan Ramadhan selalu datang ketika Korea Selatan sedang mengalami musim panas. Itu sebabnya, hidangan berbuka puasa favorit umat muslim di sini identik dengan sesuatu yang segar-segar. Salah satu andalannya adalah patbingsu. Pat berarti kacang merah, sedangkan bingsu yaitu sebutan untuk kue beras khas Korea yang sekilas mirip seperti bubur candil. Hidangan patbingsu ini berisi kacang merah dan kue beras yang ditambahkan dengan es serut secukupnya. Untuk menambah cita rasanya, patbingsu lantas disiram dengan susu dan sirup manis.

PAKISTAN

Sebagai salah satu negara muslim, wajar sekali kalau Pakistan mempunyai kuliner khas Ramadhan yang cukup komplit. Di antaranya seperti jalebi yaitu sejenis kerupuk goreng yang dihidangkan dengan sirup gula. Rasanya renyah dan manis. Sebagai main course-nya, ada shabi kebab yang terbuat dari daging cincang yang dimasak dengan buncis dan rempah-rempah. Ada juga haleem yaitu hidangan sejenis kari yang memiliki rasa manis lebih kuat. Selain itu, Pakistan juga punya palak paneer yang cukup terkenal. Makanan ini merupakan kari yang terbuat dari bayam dan keju. Hm, tentu sangat nikmat!

MESIR

Sama seperti negara-negara di kawasan Timur Tengah lainnya, makanan khas Mesir memang kaya akan bumbu rempah-rempah. Kuliner yang paling terkenal adalah kamounia, yakni olahan dari daging sapi tanpa lemak yang dimasak dalam waktu yang sangat lama sehingga bumbunya pun meresap sampai ke tulang. Ada juga baklava yaitu cemilan dari kacang walnut yang dicincang dan ditambahkan madu, lalu dibungkus dengan roti. Sensasi kacang walnut yang gurih akan berpadu dengan manisnya madu.

Pilihan kuliner lainnya yang paling khas ialah basbousa yang dibuat dari tepung gandum semolina dan dihidangkan bersama sirup dan parutan kelapa. Hidangan ini sungguh terasa nikmat, apalagi dimakan sewaktu berbuka puasa. Dijamin perut langsung kenyang deh. Masyarakat Mesir juga suka menyantap couscous saat Ramadhan. Couscous ini terbuat dari gandum yang dibentuk mirip pasta, makaroni, atau bulgur. Biasanya couscous disajikan bersama dengan olahan sayuran atau daging.

INDIA

India tercatat sebagai salah satu negara terbesar di dunia. Jumlah total penduduk di negara ini berada pada urutan ketiga terbanyak di dunia setelah China dan Rusia. Walau islam bukanlah agama mayoritas di sini, tapi jumlah warga muslim di India tetap terbilang banyak sekali loh. Mereka biasanya menyantap haleem pada saat puasa di Bulan Ramadhan. Apa sih haleem itu? Haleem adalah makanan sejenis bubur gandum yang dihidangkan bersama potongan-potongan daging domba. Rasa yang dominan dari bubur ini adalah gurih, berempah, dan penuh dengan aromatik yang khas sekali.

YORDANIA

Menuju ke Negara Yordania, sebuah negara yang mungkin Anda kurang mengenalnya tetapi faktanya ada banyak sekali penduduk muslim di sini. Adapun hidangan khas Ramadhan dari Yordania yang paling terkenal adalah pancake yang berisi kacang kenari, gula, dan kayu manis yang disebut qatayef. Qatayef ini biasanya dinikmati bersama dengan madu atau sirup. Sedangakan sebagai makanan utamanya, ada olahan dari daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah yang dikenal dengan nama mansaf. Porsi mansaf yang besar ini dijamin akan langsung memuaskan perut Anda seketika.