Makanan Bagi Penderita Diabetes, Ini 7 Rekomendasi yang Terbaik

Apakah bahan makanan yang aman bagi penderita diabetes? Sebenarnya jumlahnya sangat banyak, terutama dari jenis sayur-mayur dan buah-buahan. Namun sebagian besar dari bahan makanan tersebut memiliki rasa yang kurang sedap. Apalagi bagi Anda yang sebelumnya memiliki pola makan yang tidak dijaga dengan baik. Demi menjaga tubuh, mulai sekarang ubahlah kebiasaan makan Anda dengan mengutamakan kesehatan bahan makanan, bukan hanya kelezatannya saja. Kenyataannya ada banyak loh makanan lezat yang juga menyehatkan tubuh kita.

Tahukah Anda, makanan yang aman untuk penderita diabetes umumnya merupakan makanan utuh/alami dan bukan makanan olahan. Sayur-mayur dan buah-buahan sudah pasti termasuk ke dalam kelompok makanan yang aman asalkan tidak mengalami proses pengolahan seperti pengawetan, pewarnaan, pemberian rasa buatan, dan sebagainya. Makanan-makanan sehat ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Manfaat lainnya yaitu risiko komplikasi diabetes Anda akan menurun apabila rutin mengonsumsinya.

Bagi Anda yang mungkin bingung makanan yang sehat dan lezat itu apa saja, kami berikan contoh-contohnya di bawah ini :

BAYAM

Bayam termasuk salah satu bahan makanan yang paling lezat di dunia. Sayuran berdaun hijau ini memiliki kandungan gizi yang melimpah, terutama vitamin A. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ADA (American Diabetes Association) menyebutkan rutin mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam dapat mengurangi peluang terkena diabetes tipe 2 sebesar 14%. Bayam paling sehat diolah dengan cara dikukus atau ditumis.

WORTEL

Wortel penuh dengan kandungan vitamin A dan antioksidan. Tidak hanya bagus untuk kesehatan indera penglihatan, Anda yang rutin mengonsumsi wortel akan terhindar dari penyakit kanker. Bahkan sebuah studi terbaru oleh Stanford University School of Medicine mengungkapkan kalau wortel bisa membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2, khususnya bagi orang-orang yang mempunyai kecenderungan genetik untuk terkena penyakit diabetes. Silakan konsumsi wortel mentah sebagai camilan sehat Anda sehari-hari.

APEL

Di antara buah-buahan yang rasanya manis, apel merupakan buah yang paling aman untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan antioksidan yang terdapat di dalam buah apel mempunyai efek mendalam pada penurunan LDL. Selain itu, antioksidan di apel tersebut juga ternyata mampu memberikan perlindungan tubuh terhadap diabetes. Studi di Harvard School of Public Health melaporkan bahwa seseorang yang rutin memakan buah apel memiliki risiko 23% lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2.

BROKOLI

Brokoli memang selalu masuk ke dalam daftar makanan yang sehat. Begitu pula bagi penderita diabetes, Anda diperbolehkan untuk mengonsumsinya. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya sangat tinggi, bahkan mampu mengalahkan buah jeruk. Brokoli juga mempunyai kandungan folat dan serat yang banyak. Sedangkan untuk karbohidrat dan kalori di dalamnya terbilang sedikit. Jadilah brokoli ini sangat bagus untuk memelihara kesehatan tubuh, gigi, kulit, dan tulang Anda.

ASPARAGUS

Walaupun asalnya dari luar negeri, kini sudah banyak petani Indonesia yang membudidayakan asparagus di lahan miliknya. Kondisi ini membuat harga beli asparagus tidak terlalu mencekik kantong seperti halnya dulu lagi. Perlu Anda ketahui bahwa asparagus sangat kaya akan antioksidan glutathione. Jenis antioksidan ini memiliki manfaat untuk mengurangi efek penuaan akibat serangan penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

KACANG POLONG

Kacang polong menyimpan serat dan protein yang sangat baik untuk tubuh Anda. Namun lebih dari itu, kacang polong juga ternyata dapat membantu tubuh untuk mengontrol gula darah serta menurunkan tekanan darah. Jadi mulai sekarang Anda harus memasukkan bahan makanan ke dalam menu makanan harian Anda. Tidak susah kok untuk memasak kacang polong. Anda bisa menumis, mengukus, atau menjadikannya sup yang lezat.

IKAN LAUT

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi sebab beberapa jenis ikan laut ternyata menyehatkan sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Ikan laut merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik dengan kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang lebih rendah daripada daging-dagingan. Beberapa fungsi asam lemak omega 3 yaitu menurunkan risiko aritmia yang menjadi penyebab kematian mendadak, menurunkan kadar trigliserida, menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan memperlambat laju pertumbuhan plak aterosklerotik.