Cara Merawat Kelinci Anggora yang Benar untuk Pemula

Jika dibandingkan dengan kelinci dari jenis yang lainnya, kelinci anggora lebih disukai karena mempunyai bulu yang tumbuh memanjang. Bulu-bulu inilah yang menjadikannya lebih cantik, imut, dan lucu. Kelinci anggora memang biasanya dipelihara sebagai kelinci hias. Kelinci ini benar-benar memiliki pesona yang sangat menarik. Keunikan dari kelinci anggora yaitu terletak pada bulu rambut di sekujur tubuhnya. Jika kelinci lokal umumnya mempunyai bulu yang pendek, berbeda halnya dengan kelinci anggora. Kelinci ini mempunyai bulu yang ukurannya panjang layaknya kucing anggora sehingga lebih menarik.

Namun sayangnya di balik pesonanya yang menggemaskan, kelinci anggora termasuk binatang yang sulit dipelihara. Kemampuan beradaptasinya sangat rendah. Bahkan jauh lebih rendah daripada sugar glider loh. Sehingga kelinci ini mudah sekali menjadi stres atau sakit. Selain itu, bulu tubuhnya yang lebat pun harus dirawat secara rutin agar tetap sehat dan tidak menjadi sarang penyakit. Tapi kalau Anda memang ingin memelihara kelinci anggora, silakan Anda bisa mencobanya sendiri kok. Sebab kenyataannya tidak sedikit loh penghobi yang berhasil merawat kelinci ini, bahkan sampai membudidayakannya.

Di bawah ini merupakan kiat-kiat dalam merawat kelinci anggora untuk pemula. Bagi Anda yang hendak memelihara kelinci ini di rumah sebab merasa tertarik sekali dengan daya tarik dan keunikan dari kelinci anggora bisa langsung mencobanya sendiri ya.

Makanan dan Minuman Kelinci Anggora

Kelinci merupakan binatang herbivora. Tidak hanya wortel, kelinci ini juga sangat doyan kangkung, daun singkong, lobak, daun ubi jalar, kubis, caisim hijau, sawi putih, daun pepaya, daun kacang tanah, rumput timothy, rumput gajah, dan jerami. Agar makanannya lebih bervariasi, Anda bisa menambahka biji-bijian atau umbi-umbian seperti jagung giling, beskatul, dedak padi, ampas kelapa, kedelai giling, ampas tahu, kacang tanah, kacang hijau, singkong, ubi jalar, talas, serta gaplek.

Makanan-makanan yang diberikan ke kelinci sebaiknya dalam kondisi yang agak layu untuk mengurangi kadar airnya sehingga kelinci pun tidak terkena diare. Hindari memberi pakan dari tanaman yang mengandung getah sebab akan menjadi racun bagi kelinci yang memakannya.

Kelinci anggora merupakan hewan yang hobi makan. Bahkan dia mampu menghabiskan sayuran dengan bobot seperti berat tubuhnya dalam satu hari. Pemberian pakan hendaknya dilakukan secara per tahap yaitu 3 jam sekali supaya kondisi pakannya terjaga. Pakan yang tidak habis harus segera dibuang karena berbahaya bagi kesehatan kelinci tersebut.

Sama seperti binatang herbivora yang lainnya, meski sudah mengonsumsi tumbuh-tumbuhan, kelinci ini tetap memerlukan air minum untuk mencukupi kebutuhan cairannya. Paling bagus jika Anda menggunakan air mineral yang telah dimasak agar benar-benar bersih. Usahakan tempat air minum yang digunakan tidak mudah tumpah sebab bisa menyebabkan kandangnya menjadi lembab. Lakukan penggantian air minum tersebut setiap hari.

Kandang yang Baik untuk Kelinci Anggora

Idealnya sih kandang kelinci anggora ini dibuat dengan bentuk panggung agar tidak lembab dan mudah dibersihkan. Bagian lantai kandang tersebut dibuat dari kawat ram sehingga kotoran ataupun sisa pakan dan minuman yang tumpah bisa langsung jatuh ke bagian bawah kandang. Anda juga bisa membuatnya dari susunan bilah-bilah bambu yang cukup rapat.

Bagian dinding kandang ini dibuat menggunakan kayu yang tertutup dengan ventilasi secukupnya. Sehingga suhu di dalam kandang tersebut akan senantiasa tetap terjaga dengan baik. Atap kandang tersebut hendaknya dibuat supaya mudah dibuka dan ditutup untuk memudahkan Anda dalam membersihkan, sekaligus menjemur ruangan di dalam kandang.

Jauh lebih bagus lagi kalau Anda menggunakan kandang kelinci khusus yang terbuat dari besi. Biasanya kandag ini sudah dirancang dengan baik agar kelinci-kelinci anggora bisa merasa nyaman saat berada di dalamnya. Selain itu kandang ini juga tentunya mempunyai tampilan yang lebih menarik. Bagi Anda yang tak mempunyai waktu luang yang banyak, penggunaan kandang pabrikan ini juga sangat praktis. Ketika musim penghujan sudah tiba, kandang perlu dilengkapi dengan lampu UV sebagai penghangat ruangan. Pada dasarnya, kelinci anggora termasuk binatang yang aktif bergerak kesana kemari. Oleh sebab itulah, biarkanlah dia bebas berada di halaman saat siang hari dan dimasukkan ke kandang menjelang malam.

Macam-macam Predator Kelinci Anggora

Di habitat aslinya, predator bagi kelinci anggora adalah burung elang dan semua binatang karnivora yang lainnya. Sedangkan saat di berada dalam pemeliharaan manusia, kelinci ini bisa diserang oleh binatang-binatang yang sering kali berkeliaran di rumah. Oleh karena itulah, Anda perlu mewaspadai keberadaan kucing, anjing, dan tikus di sekitar rumah supaya tidak memangsa kelinci kesayangan Anda. Koloni semut yang tinggal di lingkungan kandang juga bisa menyerang kelinci Anda secara beramai-ramai setiap waktu loh. Jadi Anda harus berhati-hati dan melakukan langkah antisipasi dengan tepat sebelumnya. Pastikan struktur kandang kelinci selalu dalam kondisi kokoh. Dan jangan lupa jaga kebersihannya setiap saat.

Indikator Kesehatan Bagi Kelinci Anggora

Kelinci anggora yang sehat bisa Anda lihat dari gerak-geriknya yang lincah dan mempunyai nafsu makan yang tinggi. Sebaliknya kelinci yang terdiam lemas menandakan tubuhnya sedang sakit. Adapun bentuk pertolongan pertama terhadap kelinci anggora yang sedang sakit ini di antaranya pemberian obat merah untuk kelinci yang terluka, pemberian minyak kelapa untuk kelinci yang keracunan, dan pemberian daun jambu biji untuk kelinci yang diare. Namun sekali lagi, ini merupakan bentuk pertolongan pertama. Kalau kesehatan kelinci tersebut semakin menurun, kami sangat menyarankan lekaslah bawa ke dokter hewan terdekat sesegera mungkin ya sebelum kondisinya semakin memburuk.