Kelebihan dan Kekurangan AC Portable yang Belum Anda Ketahui

AC (Air Conditioner) adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengatur suhu udara di dalam ruangan sesuai kondisi yang kita inginkan. Orang-orang biasanya menggunakan alat ini untuk membuat suasana di ruangan menjadi lebih sejuk. Maklum karena tinggal di Indonesia, suhu udara di rumah kita begitu panas. Itu sebabnya, AC diperlukan untuk mendinginkan udara sehingga kita merasa lebih nyaman saat berada di dalam rumah.

Sayangnya AC dikenal sebagai perangkat yang sangat merepotkan. Proses instalasi AC begitu rumit sehingga memerlukan tenaga profesional untuk melakukannya. Kalau sudah dipasang, AC juga tidak dapat dipindah-pindahkan. Selamanya AC tersebut akan tetap berada di sana. Bila ingin memindahkannya ke tempat lain, Anda harus mau repot membongkarnya kemudian melakukan instalasi ulang. Tentu ini sangat merepotkan.

Dari sinilah diciptakan AC yang lebih sederhana disebut AC portable. AC portable yang kami maksud di sini benar-benar AC yang dibuat dengan model portable, bukan Air Cooler. Sebab tidak sedikit orang yang menyebut Air Cooler sebagai AC portable. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh perangkat AC yang satu ini?

KELEBIHAN

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki AC Portable yaitu :

  • AC Portable mempunyai keunggulan utama yaitu bentuknya yang sederhana sehingga memungkinkan kita dapat memindahkannya dengan mudah. Anda bisa meletakkan AC ini di mana pun Anda mau. Jika Anda ingin memindahkannya ke tempat lain pun, Anda tinggal menggeser saja. Mudah sekali.
  • AC Portable sama sekali tidak memerlukan proses instalasi awal. AC ini tidak ubahnya seperti Air Cooler. Anda tinggal menghubungkan kabel powernya ke stop kontak, maka AC langsung bisa digunakan. Tidak ada perangkat tambahan yang menyertai produk ini. Dengan demikian Anda tidak perlu melakukan instalasi apapun.
  • AC Portable dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan AC biasa. Selisih harganya sendiri bisa mencapai 2-3 kali lipat lebih rendah. Penyebabnya tidak lain karena AC Portable memiliki bentuk yang lebih ringkas. Tidak ada perangkat tambahan yang menyertai seperti halnya pada AC.
  • AC Portable mudah sekali digunakan. Anda tinggal meletakkannya di tempat yang diinginkan. Anda juga tidak perlu membobol dinding untuk membuat saluran udara seperti pada pemasangan AC konvensional. Dinding Anda menjadi tetap aman dari kerusakan.

KEKURANGAN

Sementara itu, AC Portable mempunyai kekurangan-kekurangan yang meliputi :

  • AC Portable mengeluarkan suara berisik (noise) yang cukup keras. Suara ini akan semakin keras manakala kondisi alat elektronik ini sedang kotor. Anda bisa membersihkan perangkat ini untuk mengurangi tingkat kebisingan suara yang muncul.
  • Anda harus menempatkan AC Portable pada posisi yang benar. Bagian belakang AC ini harus menghadap ke saluran udara. Tujuannya supaya udara panas yang telah diambil bisa langsung dikeluarkan melalui saluran tersebut. Jika tidak ada, bukan tidak mungkin udara panas akan bercampur dengan udara dingin terus-menerus.
  • AC Portable memang mudah sekali dipindahkan posisinya. Tetapi di sisi lain, kemudahan ini mengakibatkan produk lebih rawan rusak. Khususnya apabila Anda kurang hati-hati dalam memindahkan AC Portable.
  • Faktanya AC Portable justru membutuhkan energi listrik yang lebih besar daripada AC konvensional. Sistem yang tidak sesempurna AC konvensional menjadi penyebab mengapa AC ini harus bekerja keras untuk mendinginkan udara di ruangan.