Kelebihan-Kelebihan Rumah Panggung Khas dari Suku Melayu

Tahukah Anda, rumah panggung adalah rumah adat Suku Melayu. Masyarakat melayu biasa mendirikin rumah tinggalnya dengan bentuk seperti ini bukan sekadar untuk gaya, tetapi supaya lebih aman. Yap, rumah-rumah milik suku melayu dibuat dengan model panggung karena mereka biasa membangunnya di atas air. Di perairan inilah mata pencaharian suku melayu sebagai penangkap ikan. Seiring berjalannya waktu, konsep rumah panggung pun menyebar ke seantero Indonesia. Misalnya pada masyarakat jawa, rumah panggung biasa dibuat di area persawahan sehingga lebih mudah mengawasi padi.

Tapi bukan berarti rumah panggung hanya dapat diaplikasikan pada bangunan-bangunan yang bergaya tradisional saja. Kenyataannya desain rumah panggung pun bisa diterapkan pada rumah-rumah modern loh. Saat ini telah banyak sekali rumah tinggal maupun bangunan komersil yang dibuat mengusung gaya panggung. Tentunya dengan menyesuaikan material bangunan yang dipakai terlebih dahulu. Bangunan rumah panggung bergaya modern umumnya dibuat menggunakan konstruksi beton, bukan bambu atau kayu lagi. Selain itu, desainnya secara keseluruhan pun dirancang dengan konsep modern.

Lantas, mengapa sih rumah panggung masih eksis sampai sekarang di tengah-tengah banyaknya desain rumah modern yang ada saat ini? Salah satu penyebabnya dikarenakan oleh kelebihan-kelebihan rumah tersebut. Rumah panggung setidaknya mempunyai 7 keunggulan utama yang dimiliki oleh rumah ini, di antaranya :

  1. Rumah Bersifat Anti Banjir

Pada umumnya rumah panggung dibangun di atas perairan. Entah itu di atas laut, sungai, rawa-rawa, danau, maupun area persawahan. Tujuan utamanya yaitu supaya seseorang bisa hidup di wilayah perairan tersebut dengan aman tanpa takut rumahnya terkena banjir. Adapun faktor utama yang mempengaruhi pendirian rumah di perairan yaitu kepraktisan, baik dari segi tenaga, waktu, ataupun jarak tempuh. Posisinya yang berada di ketinggian membuat rumah ini tak akan pernah terendam banjir, kecuali kalau genangan banjirnya memang tinggi sekali.

  1. Aman dari Binatang Buas

Bagi masyarakat yang tinggal di area daratan, pembangunan rumah panggung pada umumnya bertujuan untuk menghindarkan seluruh penghuni rumah dari binatang buas. Struktur lantai rumah yang terletak pada tempat yang cukup tinggi menyebabkan para binatang sulit masuk ke dalam rumah. Begitu pula dalama hal pengawasan lingkungan sekitarnya, bangunan yang lebih tinggi ini membuat pemilik rumah bisa memantau keadaan di lingkungannya dengan lebih luas. Ini merupakan sistem keamanan tradisional yang sangat memadai.

  1. Halaman Lebih Luas

Pada rumah konvensional, lingkungan halaman hanya mencakup area di sekelilingnya saja, baik pada halaman depan, belakang, kanan, maupun kiri. Berbeda dengan rumah panggung yang mempunyai halaman tambahan. Karena lantai rumah terletak jauh di atas permukaan tanah, maka bagian bawah rumah pun bisa dijadikan sebagai halaman tambahan. Selain untuk gudang, halaman di bawah rumah panggung ini biasanya juga difungsikan untuk dapur, tempat bermain, kandang ternak, dan lain-lain tergantung tingkat ketinggiannya.

  1. Lebih Tahan Gempa

Rumah panggung merupakan salah satu model rumah yang tahan terhadap guncangan gempa, terutama pada rumah-rumah panggung tradisional yang dibuat menggunakan konstruksi bambu atau kayu. Perlu Anda ketahui, penggunaan material bambu dan kayu untuk membuat rumah tersebut sangat berguna sebagai anti-gempa. Keduanya merupakan material bangunan yang bersifat elastis sehingga bisa menahan guncangan dengan baik. Sedangkan pemakaian beton di rumah panggung tradisional umumnya hanya sebatas untuk tiang penyangga.

  1. Kesan Tradisional yang Kuat

Suasana tradisional yang dimiliki oleh rumah panggung ini memang terasa sangat kuat. Bahkan walaupun Anda membuat rumah panggung menggunakan beton dengan desain yang modern pun, kesan tradisional pada rumah tersebut akan tetap terasa. Hal inilah yang memicu bangunan rumah-rumah pada tempat penginapan, villa, atau motel biasanya sengaja dibuat dalam bentuk rumah panggung untuk menambah daya tariknya. Kesan tradisionalnya diharapkan juga sanggup menarik perhatian dan membuat rileks semua pengunjung yang menginap di tempat tersebut.

  1. Bentuknya Unik Sekali

Kenyataannya memang saat ini sangat sulit untuk bisa menemukan rumah panggung, khususnya di lingkungan perkotaan. Rumah-rumah di area perkotaan umumnya hanya dibuat dalam model rumah tapak saja. Karena kelangkaannya inilah, rumah panggung kini menjadi salah satu rumah yang sangat unik. Rumah ini nampak begitu berbeda dan memiliki pesona tersendiri daripada  rumah-rumah yang lain. Tidak heran, banyak usaha rumah makan bercita rasa tradisional yang mengaplikasikan rumah panggung untuk memikat hati para calon konsumennya.

  1. Interior Lebih Sejuk

Pada rumah biasa, ventilasi udara hanya bisa dibuat di bagian dinding dan atap saja. Contohnya seperti jendela, roster, lubang angin, atap terbuka, maupun celah-celah kayu. Berbeda dengan rumah panggung, di mana rumah ini mempunyai ventilasi tambahan dari bagian lantai. Rumah panggung memungkinkan udara bisa mengalir keluar-masuk rumah melalui bagian mana saja, termasuk bagian lantai. Sehingga secara otomatis kondisi ini membuat suasana interior rumah panggung akan terasa lebih sejuk walaupun tidak dilengkapi kipas angin atau AC.