Cara Menanam Bunga Kenop Dari Biji di Pot

Di beberapa daerah di Indonesia, bunga kenop dikenal dengan sebutan kembang gundul atau kembang puter. Ciri fisik dari bunga ini adalah struktur tanamannya berupa perdu dengan daun runcing kecil yang saling berhadapan. Bentuk bunganya yang bulat menyerupai bola berwarna putih dan merah keunguan menjadi daya tarik dari tanaman hias yang satu ini. Bunga kenop bisa menjadi salah satu tumbuhan hias yang dapat memperindah desain taman di depan rumah Anda. Anda juga bahkan bisa menanamnya di dalam pot loh. Faktanya, menanam bunga kenop itu termasuk mudah sekali.

Perlu diketahui bahwa di habitatnya, tanaman kenop tumbuh secara liar baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Itu sebabnya, memelihara tumbuhan bunga kenop terbilang gampang. Karena berbentuk perdu, maka bunga kenop ini paling cantik ditanam secara bergerombol. Dengan rimbunnya daun serta bunga-bunga berwarna cerah yang muncul di sela-selanya, membuat taman Anda akan terlihat semakin menarik. Yakin deh taman rumah pun akan kelihatan tambah cantik dengan adanya tanaman ini. Apalagi tanaman kenop ini rajin sekali berbunga loh. Anda akan puas menikmati keindahannya deh.

Kalau mau menanam bunga kenop di dalam pot, Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini. Kebetulan kami sendiri pernah menanam tumbuhan yang satu ini. Cukup dengan bermodalkan benih bunga kenop yang dibeli di www.tokotanaman.com dan sebuah pot yang cantik, kita sudah dapat memiliki tumbuhan bunga kenop sendiri di rumah. Praktis sekali, kan?

Alat dan Bahan :

  • Biji bunga kenop
  • Pot berukuran besar
  • Tanah kebun
  • Pupuk kandang
  • Sekam padi
  • Cetok

Langkah-langkah :

Di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk menanam biji kenop di dalam pot.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dengan baik ialah menyiapkan media tanam yang pas untuk bunga kenop. Mengingat bunga kenop bisa tumbuh liar di mana saja, sebenarnya tanaman ini mampu tumbuh dengan baik di tanah kebun biasa. Namun supaya pertumbuhannya lebih maksimal, Anda dapat menggunakan media tanam yang subur sebagai media tanamnya. Anda bisa membuat media tanam ini dari tanah, sekam padi, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:2:1. Aduklah bahan-bahan ini agar tercampur rata. Selanjutnya media tanam tersebut dimasukkan ke dalam pot besar hingga penuh.

Bibit bunga kenop diperoleh melalui penyemaian biji yang diambil dari sela-sela kelopak bunganya. Anda juga bisa membeli benih bunga kenop ini di www.tokotanaman.com dengan harga yang terjangkau loh. Agar lebih efektif, proses penyemaian ini bisa langsung dilakukan juga di dalam pot. Selama penyemaian berlangsung, letakkan pot di teras agar terlindung dari terik matahari dan derasnya hujan. Siramilah pot ini setiap 3-5 hari untuk merangsang pertumbuhan biji bunga kenop. Barulah setelah kecambah tumbuh, Penyiraman ini bisa dilakukan lebih sering setiap 2-3 hari. Siramilah tanaman ini dengan hati-hati ya.

Setelah bibit bunga kenop ini berumur sekitar 1 bulan lebih dengan struktur tanaman yang sudah cukup kuat, Anda bisa memindahkan pot tersebut ke tempat terbuka. Pastikan posisi pot ini seimbang dengan koleksi tanaman Anda yang lainnya agar keindahannya tetap terjaga. Kalau belum berbunga, tumbuhan kenop ini memang terlihat membosankan. Tidak ada daya tarik selain segarnya daun berwarna hijau dari tanaman ini. Akan tetapi setelah tanaman kenop peliharaan Anda tersebut sudah mulai berbunga, maka bersiap-siaplah dengan pesonanya. Bunga kenop ini akan menjadi daya pikat utama taman rumah Anda.