3 Manfaat Utama Bunga Matahari untuk Kesehatan Manusia

Bunga matahari merupakan tanaman yang menarik dengan kelopak bunga yang berukuran besar. Tetapi siapa sangka dari bentuk bunganya yang indah tersebut ternyata bunga bernama latin Heliantus Annuus L ini menyimpan manfaat yang bagus untuk mendukung kesehatan. Mulai dari bagian bunga tanaman ini yang berguna untuk menurunkan tekananan darah dan mengurangi nyeri pada luka. Bijinya, selain enak dijadikan camilan, juga berkhasiat untuk mengatasi disentri, meningkatkan produksi hormon dan enzim pada tubuh, serta membantu proses penyembuhan penyakit campak.

Bukan hanya itu saja ternyata, bahkan daun dan akar bunga matahari juga memiliki khasiat yang begitu besar untuk kesehatan. Daunnya dapat dijadikan sebagai obat anti radang, anti malaria, dan mengurangi nyeri. Sedangkan untuk bagian akarnya biasa dipakai untuk anti radang, pereda batuk, peluruh air seni, dan menghilangkan nyeri. Mengingat khasiat yang dimilikinya besar sekali, maka Anda mesti menanam tumbuhan ini di rumah. Anda bisa menanam bunga matahari dari biji. TokoTanaman.com menyediakan berbagai jenis benih bunga matahari dengan harga yang terjangkau.

Dari sekian banyaknya khasiat yang dimiliki oleh bunga matahari, ada 3 manfaat utamanya yaitu mampu menyembuhkan sakit kepala, memulihkan kembali badan yang lemah setelah proses melahirkan, serta mengatasi penyakit mastitis. Cara membuat obat alami dari bunga matahari akan kami jelaskan sebagai berikut. Silakan Anda dapat mencobanya sendiri.

Membuat Obat Sakit Kepala Memakai Bunga Matahari

Khusus bagi Anda yang sedang dilanda sakit kepala yang cukup berat nih, sebaiknya Anda jangan lekas meminum obat kimia terlebih dahulu ya. Karena Anda bisa membuat obat sakit kepala sendiri memakai bunga matahari. Anda dapat memanfaatkan bagian dari bunga matahari untuk meredakan sakit kepala. Caranya mudah sekali kok. Siapkan 30 gram bunga matahari dan 10 gram jahe. Kemudian rebus kedua bahan ini menggunakan air sebanyak 600 cc. Tunggu sampai mendidih, serta airnya tinggal menyisakan setengahnya saja (300 cc). Lantas air rebusan ini bisa diminum sesudah makan sebagai terapi.

Bunga Matahari untuk Badan Lemah Setelah Melahirkan

Proses persalinan memang membutuhkan tenaga yang ekstra banyak. Akibatnya adalah setelah bayi lahir, tubuh si ibu akan langsung terasa lemah tidak berdaya. Untuk meningkatkan staminanya kembali, Anda bisa memanfaatkan bunga matahari sebagai obatnya. Ambil bagian tengah batang bunga matahari atau biasa disebut sumsum sebanyak 30 gram saja. Setelah itu, rebuslah sumsum bunga matahari tersebut di dalam 400 cc air. Rebuslah hingga air di panci hanya tersisa 200 cc saja. Selanjutnya air rebusan ini bisa disaring terlebuh dulu untuk memisahkan ampasnya. Air ini bisa diminum secara rutin sekali sehari.

Mengatasi Penyakit Mastitis dengan Bunga Matahari

Bagi Anda yang mengidap penyakit mastitis cobalah obat herbal dari bunga matahari sebagai obatnya. Caranya mudah banget kok ternyata. Silakan Anda ambil bunga matahari secukupnya, kemudian potong kecil-kecil. Sangrailah potongan-potongan bunga matahari tersebut hingga agak hangus. Selanjutnya, potongan bunga matahari yang telah hangus ini bisa Anda giling memakai blender agar menjadi bubuk. Berikutnya rebuslah 10 gram bubuk bunga matahari yang ditambah dengan 5 gram jahe, 1 gelas air, dan madu secukupnya. Rebuslah hingga mendidih. Lantas air rebusan ini bisa diminum secara rutin sebanyak tiga kali sehari.