Ini Kelebihan dan Kekurangan Rumah Cluster

Sedangkan kekurangannya antara lain :

1. Terdapat Biaya Tambahan

Adanya petugas keamanan yang berjaga selama 24 jam penuh di gerbang utama membuat penghuni harus mengeluarkan iuran tiap bulannya. Namun jika dipertimbangkan lagi, biaya ini jauh lebih murah dibandingkan jika kita menyewa petugas tersebut sendiri.

2. Kurang Fleksibel

Penjagaan yang ketat di gerbang utama terkadang justru membuat penghuninya kerepotan. Lebih-lebih saat ada teman dan keluarga yang hendak berkunjung. Anda harus memberitahukan ke petugas keamanan terlebih dahulu agar diberikan izin memasuki perumahan tersebut.

3. Parkir Tidak Teratur

Kebanyakan orang akan merasa terganggu jika ada kendaraan yang diparkir sembarangan di depan rumahnya. Salah satu alasannya karena kendaraan tersebut akan mengganggu aktifitas keluar masuk rumah. Hal inilah yang terjadi pada rumah cluster. Karena tidak ada pembatas halaman yang jelas, maka semua orang bisa bebas memarkirkan kendaraan sesuka hatinya.

4. Tidak Bebas Menghias Rumah

Tinggal di rumah cluster ibarat tinggal di apartemen. Meskipun rumah telah menjadi milik anda, anda tidak bisa bebas merenovasi ulang rumah tersebut. Butuh ijin dari pihak pengembang karena tampilan rumah anda akan mempengaruhi suasana di sekitarnya.