10 Gedung Paling Tinggi di Bumi Saat Ini, Burj Khalifa Masih Memimpin

Semakin pesatnya kemajuan di dunia arsitektur memungkinkan gedung pencakar langit kini dapat dibuat dengan ketinggian yang di luar akal sehat. Bayangkan saja nih. Gedung setinggi lebih dari 800 meter kini mampu berdiri dengan tegak dan kokoh loh. Tentu saja. Hal ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi negara-negara yang memiliki gedung tersebut. Dahulu kala, mungkin orang hanya dapat membayangkan sebuah bangunan yang mempunyai beberapa lantai. Tapi sekarang impian tersebut sudah benar-benar menjadi kenyataan. Kini gedung pencakar langit yang sangat tinggi bisa dibangun dengan mudah.

Fakta membuktikan bahwa gedung pencakar langit saat ini sudah benar-benar sanggup mencakar langit karena saking tinggi ukurannya. Bukan main-main loh. Sekarang telah ada bangunan yang memiliki lebih dari 150 lantai. Pasti ke depannya bakal ada lagi bangunan gedung yang mempunyai jumlah lantai yang lebih tinggi dari ini. Tapi sayangnya nih, belum ada bangunan di Indonesia yang mempunyai lantai begitu banyak ataupun tingginya tak masuk akal. Kenyataan ini tentu harus menjadi acuan bagi kita untuk terus belajar dan bersemangat. Kita harap sebentar lagi Indonesia juga mampu menggemparkan dunia melalui mahakaryanya.

Di bawah ini merupakan 10 gedung paling tinggi di dunia versi Arafuru.com! Kami sudah pernah pergi ke salah satu dari gedung pencakar langit. Rasanya tentu sangat menakjubkan. Silakan Anda dapat melihat artikel jalan-jalan khusus kami di www.andelumut.com ya!

Burj Khalifa merupakan gedung paling tinggi nomor satu di dunia. Gedung ini terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Diresmikan tahun 2010, gedung setinggi 828 meter ini memiliki lantai sebanyak 163 buah.

Di posisi kedua adalah Shanghai Tower dengan ketinggian mencapai 632 meter. Gedung ini dibangun di Shanghai, China dan selesai pada 2014. Jumlah lantai di Shanghai Tower adalah 121 lantai.

Saudi Arabia punya gedung tertinggi ketiga di dunia. Adalah Makkah Royal Clock Tower Hotel, tinggi gedung ini mencapai 601 meter dan terdiri atas 120 lantai. Gedung yang berada di Mekah, Arab Saudi ini selesai dibangun pada tahun 2012.

One World Trade Center yang selesai didirikan pada tahun 2014 ini merupakan gedung tertinggi keempat di dunia. Tinggi gedung ini adalah 541,3 meter dengan tingkatan sejumlah 104 lantai. One World Trade Center terletak di New York, Amerika Serikat.

Gedung tertinggi kelima di dunia sekaligus gedung tertinggi kedua di China adalah CTF Finance Centre. Menurut rencana, pembangunan gedung yang terdiri dari 111 lantai ini akan rampung pada 2016. CTF Finance Centre didirikan di Guangzhou, China dengan ketinggian 530 meter.

Taipei 101 pernah dinobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia sampai tahun 2008, sebelum posisinya digantikan oleh Burj Khalifa. Taipei 101 dibangun pada tahun 2004 dengan tinggi mencapai 509 meter. Gedung yang terletak di Taipei, Taiwan ini memiliki lantai sebanyak 101 tingkat.

Selain Shanghai Tower dan CTF Finance Center, China juga memiliki satu lagi gedung yang masuk ke dalam 10 top gedung tertinggi di dunia. Dengan tinggi mencapai 492 meter, Shanghai World Financial Center merupakan gedung tertinggi ketujuh di dunia saat ini. Gedung ini dibuat pada 2008 di Shanghai, China dan memiliki jumlah lantai sebanyak 101 lantai.

Di urutan kedelapan ada International Commerce Centre yang dibangun pada tahun 2010. Gedung ini terletak di jantung kota Hongkong. Gedung yang terdiri dari 118 lantai ini mempunyai ketinggian mencapai 484 meter.

Petronas Tower di Malaysia merupakan gedung tertinggi kesembilan di dunia sekaligus gedung tertinggi nomor satu untuk kategori menara kembar. Kedua tower dari gedung ini memiliki ketinggian 452 meter dengan 88 lantai. Petronas Tower didirikan pada 1998 dan berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia.

Di posisi kesepuluh, China kembali berunjuk gigi dengan Zifeng Tower. Gedung ini dibangun di Nanjing, China pada 2010. Tinggi Zifeng Tower adalah 450 meter dan terdiri dari 89 lantai.