Panduan Cara Merakit Mesin Reverse Osmosis (RO) untuk Bisnis

Mesin reverse osmosis (RO) dikenal sebagai mesin yang berguna untuk menyaring air supaya kondisinya bersih dan jernih. Mesin RO ini bekerja dengan menghilangkan beberapa zat kontaminan dari dalam air, termasuk mineral dan ion negatif. Dengan demikian, air yang sudah disaring menggunakan mesin RO ini pun menjadi lebih layak untuk diminum. Mesin RO benar-benar dapat menyaring air dengan sangat baik hingga mendekati level murni. Maka tak heran, mesin reverse osmosis ini selalu digunakan sebagai alat utama pada proses pemurnian air, baik industri maupun rumah tangga.

Lembaga Antariksa di Amerika Serikat yaitu NASA yang pertama kali menemukan mesin reverse osmosis. Adapun tujuan utama diciptakannya mesin RO ini yaitu sebagai media yang bisa dimanfaatkan oleh para astronot untuk mengolah air yang mungkin ditemukan di luar angkasa. Ya, mungkin saja suatu saat nanti manusia berhasil menjumpai air di planet lain. Cukup dengan memanfaatkan mesin yang satu ini, maka air tersebut pun bisa dibuat menjadi lebih murni dan lebih steril. Mesin ini benar-benar sangat berguna bagi manusia dalam berbagai sektor kehidupan di dunia.

Bagi para pelaku bisnis, mesin reverse osmosis ini bisa menjadi alat yang sangat menguntungkan untuk mencetak pundi-pundi uang. Mereka dapat membuka usaha depot air minum isi ulang guna mencukupi kebutuhan air minum bagi masyarakat yang hidup di lingkungan sekitarnya. Mengingat peluang bisnis ini masih sangat terbuka lebar, Anda bisa bersaing dengan industri besar yang sudah lama berkecimpung di bidang usaha depot air minum isi ulang ini secara sehat. Misalnya untuk menarik perhatian, Anda dapat memberikan harga yang lebih murah serta layanan pesan antar secara gratis.

Tentu saja, Anda membutuhkan mesin reverse osmosis (RO) untuk membuka usaha air minum isi ulang. Beruntung karena mesin reverse osmosis ini sudah banyak dijual di Indonesia. Jika Anda kesulitan dalam menemukannya, Anda bisa membeli mesin ini secara online di www.alatperabotan.com. Pada dasarnya, mesin ini terdiri atas tiga bagian utama yang meliputi :

  1. Rangka utama meliputi boosterpum RO dan adaptor, housing membran, post carbon, LPS (low pressure switch), HPS (high pressure switch), serta flow.
  2. Housing filter 10 inch, cartridge filter 10 inch (spoon, GAC dan CTO), dan membran RO.
  3. Tangki penampungan 3-5 liter, selang RO, set keran faucet, dan konektor keran.

Memasang mesin reverse osmosis memang membutuhkan tingkat keterampilan yang cukup tinggi. Tapi jika mau, Anda tetap bisa merangkainya sendiri kok. Silakan gunakan buku manual dari produk tersebut sebagai panduan Anda dalam merangkai mesin RO. Adapun langkah-langkah pemasangan mesin reverse osmosis kurang lebih adalah sebagai berikut :

Pasang cartridge filter dengan memasukkannya ke dalam housing. Ada tiga housing yang harus dipasangi komponen ini. Housing yang pertama berwarna transparan untuk tempat cartridge spoon. Lalu housing kedua berada di tengah-tengah sebagai tempat cartridge GAC. Sedangkan housing ketiga berguna untuk tempat menaruh cartridge CTO.

Setelah masing-masing housing di atas sudah diisi cartridge dengan benar, lantas Anda bisa menyatukan ketiganya menggunakan rangka besi yang telah disediakan sebelumnya. Urutannya dimulai dari housing untuk cartridge spoon, kemudian housing untuk cartridge GAC, dan terakhir pasanglah housing cartridge CTO. Pastikan susunannya sudah tepat.

Pasanglah membran mesin reverse osmosis ke dalam housing-nya dengan memasukkannya pada posisi yang benar. Bagian kepala/karet membran harus terletak di sebelah paling luar atau mendekati ke tutup housing membran. Setelah berhasil memasangnya, Anda perlu menutup rapat kembali bagian housing tersebut. Kerjakan proses ini dengan hati-hati ya.

Langkah berikutnya ialah memasang selang inlet post carbon menuju ke tangki penampungan. Lakukan pemasangan ini secara hati-hati. Kemudian pastikan selang tadi sudah terpasang pada posisi yang benar. Selang yang ada di inlet atau tempat air masuk yang ada di atas housing filter transparan dipasang pada kedudukannya. Biasanya selang inlet ini terhubung langsung ke bagian keran air.

Sebagai langkah yang paling terakhir dalam merakit mesin reverse osmosis ini yaitu memasang selang di output post carbon pada posisinya dengan tepat. Kemudian sambunglah selang tersebut dengan  faucet atau keran leher angsa sebagai saluran pengeluaran air hasil pengolahan yang dapat langsung diminum. Sampai di sini, pekerjaan Anda telah selesai dilaksanakan dengan baik.