Cara Menggunakan Pompa ASI Manual untuk Pemula

Menikah merupakan impian semua orang. Menikah bertujuan untuk menghasilkan keturunan. Siapa pun tentu ingin memiliki buah hati, tidak terkecuali dengan Anda. Hidup seakan menjadi sempurna setelah hadirnya anak di kehidupan kita. Maka setelah berhasil melahirkan seorang anak, Anda pun siap melakukan apa saja untuk mendukung kebaikan buah hati. Termasuk di antaranya memberikan ASI eksklusif kepadanya.

Sejatinya seorang bayi hanya boleh mengonsumsi ASI (Air Susu Ibu). Sebisa mungkin hindari memberikannya bahan-bahan yang katanya bagus untuk pertumbuhannya. Ingat ya Bunda, bayi hanya boleh mengonsumsi air susu yang dihasilkan oleh Anda sendiri. Sebaiknya hindari ASI dari wanita lain apalagi air susu yang dihasilkan oleh binatang seperti sapi, kambing, atau kuda. Sebab ASI dari ibu sendiri merupakan makanan yang terbaik.

Cuma masalahnya ASI yang dihasilkan oleh Anda kadang-kadang tidak mengalir lancar. Anda pun merasa bingung sendiri karena bayi sudah menangis kelaparan, tapi ASI Anda tak kunjung keluar pula. Syukurlah sekarang sudah ada alat bantu yang berguna untuk memeras ASI. Alat ini bernama pompa ASI. Anda dapat membelinya di toko.arafuru.com atau apotek terdekat. Berkat alat ini, Anda bisa memompa ASI kapan pun.

Jikalau ini merupakan pengalaman pertama Anda memiliki seorang bayi, Anda mungkin masih bingung dalam menggunakan pompa ASI. Oleh sebab itu, kami akan berusaha memberikan panduan sejelas-jelasnya untuk Anda.

Langkah 1. Siapkan Alat Pompa ASI

Wajib hukumnya membersihkan alat pompa ASI sebelum dan sesudah menggunakannya. Anda perlu mencuci alat tersebut sampai bersih, lalu rendam dengan air hangat selama beberapa saat dan keringkan. Alat pompa ASI ini berhubungan langsung dengan kesehatan Anda dan bayi. Jadi Anda harus selalu memastikannya dalam kondisi bersih. Jangan sampai alat tersebut menjadi sarang bakteri dan kuman yang mendatangkan penyakit berbahaya bagi bayi. Anda harus ekstra hati-hati.

Langkah 2. Bersihkan Payudara Anda

Bersikaplah rileks pada saat Anda akan menggunakan alat pompa ASI. Jika merasa tegang, ASI Anda justru tidak akan mengalir secara lancar. Duduklah di tempat yang nyaman. Kemudian kain handuk yang sudah direndam di air hangat untuk membersihkan payudara. Peras handuk tersebut sampai kondisinya setengah kering, lalu usapkan ke seluruh bagian payudara secara merata. Pijatlah payudara dari bagian luar ke dalam, tetapi hindari memijat di bagian areola. Hal ini bertujuan untuk melancarkan ASI yang akan keluar nantinya.

Langkah 3. Saatnya untuk Memerah

Letakkan alat pompa ASI pada payudara Anda serta pipa saluran keluarnya di botol. Setelah itu, tekan alat pompa untuk mulai memerah ASI. Anda harus menekan alat pompa tersebut beberapa kali. Awalnya mungkin aliran ASI akan lambat. Namun lama-kelamaan ASI ini akan mengalir semakin deras. Hati-hati saat memerah ASI agar payudara Anda tidak mengalami luka atau lecet. Berhentilah saat Anda sudah merasa lelah. Lalu segera konsumsi makanan dan minuman. Anda bisa melanjutkannya lagi setelah merasa rileks kembali.