Cara Menggunakan Desinfektan yang Benar untuk Membersihkan Rumah

Desinfektan adalah bahan kimia yang sangat ampuh digunakan untuk membasmi kuman dan bakteri. Bahan ini juga terbukti dapat mematikan semua virus, jamur, dan mikroorganisme lainnya secara efektif. Semua organisme renik yang terkena secara langsung oleh desinfektan pasti akan mati. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan desinfektan sebagai salah satu solusi efektif untuk mencegah serangan wabah corona agar tidak menjangkiti rumah. Bagaimana caranya? Anda dapat membersihkan rumah memakai desinfektan untuk memberantas semua mikroorganisme yang berbahaya.

Saat ini Anda bisa mendapatkan produk desinfektan dengan gampang di toko swalayan, toko pertanian, dan toko bahan kimia terdekat. Namun ternyata kita juga bisa memanfaatkan produk-produk pembersih rumah sebagai desinfektan alternatif loh. Produk pembersih ini sanggup bertindak sebagai desinfektan yang dapat membunuh kuman, bakteri, dan virus. Kalau mau lebih praktis lagi, Anda pun bisa memakai bahan-bahan alami untuk membuat desinfektan sendiri. Sejumlah bahan alami mempunyai kandungan senyawa yang mampu bertindak secara efektif sebagai desinfektan.

Sebenarnya desinfektan merupakan produk yang sudah lama beredar di pasaran. Produk ini biasanya dipakai untuk membasmi hama dan penyakit yang menyerang lahan pertanian atau mensterilkan suatu ruangan supaya benar-benar bersih. Cuma memang masih jarang orang yang sudah menggunakannya. Besar kemungkinannya Anda juga termasuk orang yang sudah pernah memakai produk desinfektan ini. Itu sebabnya, kali ini kami akan berbagi panduan tentang tata cara menggunakan desinfektan yang baik dan benar sehingga hasilnya pun dapat menjadi maskimal.

Langkah 1. Bersihkan Rumah Terlebih Dahulu

Sebelum Anda mengaplikasikan desinfektan, Anda perlu membersihkan rumah terlebih dulu. Anda mesti membersihkan seluruh bagian rumah secara total, baik lingkungan interior maupun eksteriornya. Anda dapat memulainya dari kamar tidur terlebih dahulu. Kemudian berlanjut ke bagian kamar mandi, dapur, ruang tamu, ruang keluarga, teras, dinding eksterior, sampai pagar. Pakailah sapu untuk membersihkan lantai, kemonceng untuk menghilangkan kotoran di dinding, serta sapu khusus untuk menyapu plafon. Kalau mau lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan vacuum cleaner atau penyedot debu.

Langkah 2. Siapkan Desinfektan dengan Benar

Tentunya sekarang Anda sudah membeli desinfektan, bukan? Kalau belum, Anda bisa mendapatkannya di toko swalayan terdekat atau membuatnya sendiri saja. Resepnya sudah kami bagikan pada artikel di sini ya. Khusus bagi Anda yang telah memiliki desinfektan, Anda bisa membaca informasi mengenai tata cara penggunaan produk desinfektan tersebut. Kebanyakan sih desinfektan ini mesti diencerkan terlebih dahulu menggunakan air dengan perbandingan tertentu. Tapi ada pula desinfektan yang bisa langsung dipakai. Setelah itu, Anda tinggal menuangkan cairan desinfektan ke dalam botol spray agar lebih mudah digunakan.

Langkah 3. Semprotkan Pada Area yang Tepat

Jikalau sebelumnya Anda sama sekali belum pernah mengaplikasikan desinfektan untuk membersihkan rumah, maka kami sangat menyarankan untuk menyemprotkan cairan ini secara merata ke seluruh area rumah Anda tanpa terkecuali. Anda harus menyemprotkan desinfektan ke setiap bagian dinding, lantai, maupun plafon. Jangan lupa juga untuk menerapkan desinfektan ini ke pagar dan setiap tanaman yang ada. Tapi jika sebelumnya Anda sudah pernah mengaplikasikan desinfektan di rumah, kini Anda cukup menyemprotkannya lagi di bagian-bagian rumah yang sering disentuh seperti pegangan pintu, keran air, ataupun furniture.

Langkah 4. Jangkau Seluruh Bagian di Rumah

Anda harus mengetahui bagaimana cara desinfektan ini bekerja agar bisa memaksimalkan manfaatnya. Perlu Anda ketahui, desinfektan hanya sangguo membunuh mikroorganisme secara langsung. Setiap mikroorganisme yang terkena cairan desinfektan pasti akan mati. Sayangnya organisme renik yang tidak terkena desinfektan ini secara langsung tidak akan terdampak pada cairan ini meskipun lokasinya berada di sebelahnya. Oleh sebab itu, Anda harus mengaplikasikan desinfektan secara merata ke setiap sudut rumah tanpa terkecuali. Jangkaulah seluruh bagian di rumah, termasuk celah-celah yang sempit.

Langkah 5. Bersihkan Menggunakan Kain Lap

Lebih baik setelah Anda mengaplikasikan desinfektan ke rumah, lantas biarkan saja desinfektan tersebut hilang dengan sendirinya karena menguap. Dengan begini, manfaat dari desinfektan ini dapat menjadi maksimal dalam melindungi rumah Anda. Pengecualian untuk benda-benda yang terbuat dari logam, penerapan desinfektan di permukaan benda tersebut kadang-kadang akan menimbulkan karat sehingga dapat merusaknya. Jadi sebaiknya setelah Anda menyemprotkan desinfektan ke permukaan logam ini, biarkanlah selama 10-15 menit terlebih dahulu, lalu bersihkan kembali memakai kain lap.