Cara Memasak Nasi di Magic Com agar Pulen dan Tidak Lembek

Magic com memang sangat membantu kita dalam memasak beras agar matang menjadi nasi. Kita tidak perlu repot menggunakan tungku atau kompor gas seperti pada zaman dahulu kala. Cara pemakaiannya sangat mudah dan praktis. Anda hanya perlu memasukkan beras yang sudah dicuci ke dalam panci, lalu menyalakan perangkat elektronik ini. Selang antara 30-45 menit kemudian, nasi pun telah matang sempurna dan siap untuk dinikmati.

Kadang-kadang ada masalah yang dialami pengguna terhadap magic com yang dimilikinya. Alat tersebut sepertinya tidak mampu bekerja dengan baik sebab nasi yang dihasilkannya tidak sesuai harapan. Beberapa keluhan yang kerap muncul antara lain nasi bertekstur lembek, nasi mudah basi, nasi terasa kering, atau nasi yang lengket di panci. Keluhan ini sebenarnya bukan berasal dari produk yang bermasalah, melainkan lebih dikarenakan Anda salah dalam memakai produk magic com.

Khusus bagi Anda yang sering mendapatkan nasi menjadi lembek saat dimasak menggunakan magic com, Anda harus mengubah kebiasaan saat ini. Ikuti petunjuk berikut supaya nasi Anda terasa lebih enak dan tidak lembek lagi.

  • Jumlah air yang digunakan harus disesuaikan dengan jumlah beras yang Anda masak serta jenis beras tersebut. Beras yang berjenis premium biasanya membutuhkan air yang lebih sedikit daripada beras berkualitas rendah. Sedangkan untuk beras yang kualitasnya standar, Anda bisa menambahkan air hingga tingginya mencapai seruas jari diukur dari permukaan beras yang paling atas. Dibutuhkan ujicoba beberapa kali agar Anda bisa menemukan takaran air yang benar-benar pas.
  • Magic com sejatinya dibuat untuk memudahkan Anda dalam menanak nasi. Jadi selama proses memasak masih berlangsung, Anda bisa membiarkan perangkat ini bekerja sendiri tanpa perlu Anda tengok sama sekali. Jangan terlalu sering membuka atau menutup magic com selama proses memasak supaya nasi yang dihasilkannya berkualitas baik dan matang dengan sempurna.
  • Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh pengguna magic com adalah menganggap jika switch sudah berpindah dari posisi cooking ke warming artinya nasi telah matang. Padahal belum tentu demikian. Pada saat lampu indikator sudah berpindah ke mode pemanasan yang ditandai dari lampu kuning/hijau menyala, Anda masih perlu menunggu waktu sekitar 10-15 menit agar nasi tidak lembek atau basah.
  • Disarankan untuk memasak nasi sebanyak kebutuhan makan keluarga Anda per hari. Sangat tidak direkomendasikan memasak nasi dalam jumlah yang banyak sekaligus, lalu dihangatkan selama berhari-hari menggunakan magic com. Selain karena nutrisi pada nasi tersebut akan berkurang drastis, nasi yang telah disimpan di magic com selama lebih dari 12 jam akan mengalami perubahan pada rasa, aroma, dan warnanya.
  • Jika kebetulan Anda memasak nasi pada malam hari dan masih ada sisa yang cukup banyak, jangan biarkan nasi tersebut tetap berada di dalam magic com. Ingat bahwa nasi yang dihangatkan selama lebih dari 8-10 jam akan mengalami perubahan yang sangat drastis. Sebaiknya Anda keluarkan saja nasi tersebut dari magic com. Lalu gunakan penutup yang berlubang-lubang atau tudung saji untuk menutupinya.
  • Nasi yang hangat memang terasa lebih nikmat daripada nasi yang dingin. Bahkan Anda pun sanggup menghabiskan nasi yang hangat dalam jumlah banyak hanya dengan lauk berupa sambal dan kerupuk. Tetapi ada baiknya kalau Anda menghangatkan nasi memakai magic com tidak terlalu lama sebab dapat mengubah cita rasanya menjadi tak enak. Waktu ideal untuk menghangatkan nasi berkisar antara 1-3 jam.
  • Jika saat Anda sedang asyik-asyiknya menanak nasi memakai magic com lalu listrik tiba-tiba menjadi padam, Anda harus segera mencabut kabel power magic com dan mengeluarkan pancinya. Periksa kondisi beras di dalam panci tersebut. Apabila kondisi beras masih mentah, Anda perlu memasaknya dari awal lagi. Sedangkan kalau kondisi beras tadi sudah setengah matang, Anda bisa mengukusnya agar lebih cepat matang.