Cara Membersihkan Udang yang Benar ala Orang Korea

Negara-negara di Asia Timur memang suka sekali mengonsumsi makanan laut (seafood). Masyarakat di Negara Jepang, China, Korea Selatan, maupun Korea Utara sama-sama memiliki tingkat konsumsi yang sangat tinggi terhadap hasil lautan. Inilah salah satu rahasianya mengapa mereka begitu cerdas. Orang-orang di sini selalu memakan hidangan laut setiap hari. Tidak hanya ikan saja, tetapi juga udang, gurita, cumi-cumi, kepiting, lobster, kerang, tiram, teripang, sampai ubur-ubur. Maka tak heran, negara-negara ini mempunyai resep hidangan seafood yang banyak sekali.

Salah satu makanan laut yang lezat sekali karena mempunyai rasa gurih-gurih manis adalah udang.  Pada dasarnya, ada begitu banyak spesies udang di dunia ini. Kalau di Indonesia sendiri, dikenal 3 jenis udang konsumsi berdasarkan habitatnya yaitu udang laut, udang tambak, dan udang sungai. Dari ketiga jenis udang ini, menurut kami yang rasanya paling enak yaitu udang tambak. Sehingga wajar sekali bila harga udang tambak pun lebih mahal daripada udang laut atau udang sungai. Udang tambak ini cocok sekali dimasak menjadi berbagai hidangan. Dijamin mantul deh rasanya!

Namun apakah Anda sudah tahu bagaimana caranya membersihkan udang yang benar? Membersihkan udang tidak boleh dilakukan layaknya Anda sedang membersihkan sayur-mayur atau buah-buahan ya. Anda tak boleh cuma mencucinya di bawah air yang mengalir saja. Beberapa orang juga biasanya hanya membuang bagian kepala udang tersebut sehingga menyisakan badannya saja. Kalau ukuran udangnya cukup besar, Anda mesti membuang juga kulit cangkang udang karena teksturnya keras. Tapi ternyata metode ini belum benar-benar membuat udang tersebut bersih loh.

Kalau mau, Anda bisa belajar dari cara orang Korea dalam membersihkan udang. Benih nih caranya!

    • Siapkan terlebih dahulu udang yang ingin Anda bersihkan. Ingatlah, udang yang fresh ditandai dari warna tubuhnya yang bening tranparan ya.
    • Buanglah bagian kepala udang terlebih dahulu. Caranya yaitu pegang udang dengan tangan kiri Anda. Pegang juga kepala udang dengan tangan kanan. Lantas, putarlah kepala udang ini ke arah atas. Maka secara otomatis kepala udang pun akan terpisah dari badannya.
    • Langkah berikutnya ialah menguliti cangkang udang tersebut. Anda bisa memulainya dari tubuh udang bagian atas sampai ke bawah. Adapun caranya, Anda dapat melepaskan cangkang udang ini dari bawah lalu diangkat ke atas. Begitu seterusnya sampai terlepas semuanya.
    • Pada langkah ketiga ini, kita akan membersihkan bagian ekor si udang. Tetapi Anda tidak boleh membuang seluruh ekor udang ini sebab berpengaruh terhadap estetika tampilannya. Bagian ekor udang yang dibuang cuma bagian tengahnya saja karena lancip dan tajam.
    • Kepala dan cangkang udang yang telah Anda lepaskan dari tubuhnya jangan dibuang ke tempat sampah ya. Anda bisa memanfaatkan sisa-sisa udang tersebut untuk membuat kaldu udang yang lezat. Namun jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu ya. Dijamin mantap betul!
    • Kini waktunya untuk membersihkan jeroan udang. Tanpa Anda sadari udang pun memiliki jeroan juga loh. Jeroan ini mesti dibuang agar udang benar-benar bersih. Adapun jeroan udang terletak di punggungnya. Anda bisa menyayat sedikit, lalu buanglah kotoran yang ada di sana.
    • Hasilnya udang Anda pun sekarang menjadi benar-benar bersih. Kini Anda dapat memasaknya menjadi berbagai hidangan yang rasanya lezat sekali. Anda bisa mencoba membuat pancake dari udang tersebut karena caranya mudah banget kok. Silakan mencoba ya!