Cara Edit Nomor Saluran TV Digital untuk Mengurutkan Channel

Di rumah Anda sudah ada televisi yang mendukung saluran digital? Namun kemudian Anda merasa bingung sendiri setelah melihat kenyataan jika TV digital tersebut berbeda dengan saluran TV biasa. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah nomor channelTV digital ada begitu banyak dan tidak berurutan. Jikalau pada TV analog, penomoran channel mulai dari 1 sampai 20 dan seterusnya. Tapi berbeda dengan TV digital yang penomorannya bisa sampai 815 dan melompat-lompat.

Sebenarnya ini merupakan suatu perkara yang sepele. Tetapi bagi anak-anak dan orang tua biasanya akan mengalami kesulitan ketika menonton TV dan ingin mengganti channel. Kita harus mengingat-ingat nomor channel yang jumlahnya begitu banyak dan tidak berurutan tersebut. Solusi mudahnya yaitu Anda bisa mengganti channel tersebut menggunakan tombol page pada remote. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kami juga memiliki solusi lain yang sifatnya jauh lebih solutif.

Adapun solusi tepat yang kami tawarkan adalah mengurutkan channel tersebut layaknya pada TV analog. Walaupun kelihatannya cukup rumit, tetapi Anda bisa melakukannya dengan lebih mudah menggunakan panduan dari kami di bawah ini!

Masuk ke Pengaturan

Pada dasarnya, ketika Anda hendak melakukan penyetingan atau pengeditan pada TV entah apapun itu, maka Anda harus masuk ke dalam menu Settings (Pengaturan). Biasanya menu ini dapat diakses dengan menekan tombol roda bergerigi yang terdapat pada remote TV. Jadi, silakan Anda menekan tombol tersebut sehingga nanti akan muncul pilihan menu pada layar televisi. Setiap menu yang ada di dalam Pengaturan ini mempunyai fungsi yang bermacam-macam.

Pilih Program Manager

Setelah menekan tombol Settings, maka selanjutnya akan tampil berbagai menu. Karena Anda mau melakukan pengaturan yang berhubungan dengan program TV, maka pilihlah menu Program ya. Kemudian silakan menekan tombol enter atau OK. Alhasil, Anda pun akan dihadapkan pada daftar saluran/channel TV digital yang sudah berhasil ditangkap oleh perangkat televisi. Namun sayangnya daftar nomor tersebut masih acak-acakan dan tidak urut sehingga membingungkan kita.

Pilih Nomor yang Mau Diedit

Proses pengurutan nomor channel pada TV digital hanya bisa dilakukan satu per satu ya. Jadi Anda harus telaten dalam mengerjakannya. Ubahah nomor-nomor channel TV tersebut satu demi satu hingga menjadi urut, misalnya dari nomor 1 hingga 35. Contohnya Anda mau mengubah channel Trans TV dari nomo 20 menjadi nomor 7, silakan pilih Trans TV dengan menekan OK. Lalu tekanlah tombol Q. Menu pada remote dan masukkan angka 7. Terakhir, Anda tinggal menekan OK sebanyak 2 kali untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Lanjutkan Semuanya

Kalau sudah berhasil mengubah nomor pada satu channel TV saja, Anda pasti akan langsung lancar untuk melanjutkan semuanya. Silakan Anda tentukan dahulu urutannya pada secarik kertas supaya lebih mudah. Kemudian mulailah mengubah nomor channel TV dari nomor 1 sampai 9. Setelah itu, Anda dapat melanjutkannya dari 10 hingga 20 dan seterusnya. Pokoknya Anda harus telaten dalam mengubah nomor channel TV tersebut satu per satu sampai semuanya berurutan. Kalau sudah urut kan nontonnya menjadi semakin enak dan nyaman.