Cara Buat Desinfektan dari Bayclin untuk Ruangan

Sebenarnya ada banyak sekali solusi yang dapat kita lakukan untuk mencegah corona. Salah satu solusi yang paling gampang yaitu menyemprotkan desinfektan di rumah, ruangan-ruangan, dan lingkungan di sekitarnya. Pengertian desinfektan ialah bahan kimia yang berfungsi mencegah pencemaran organisme renik untuk membasmi penyakit. Bahan ini bersifat toksik dan bisa membunuh mikroorganisme secara efektif. Semua mikroorganisme yang terpapar desinfektan seketika akan langsung mati.

Menyemprotkan cairan desinfektan ke rumah menjadi salah satu metode yang direkomendasikan untuk mencegah penyebaran corona. Harapannya virus corona dan bekas-bekasnya yang terkena oleh cairan desinfektan ini akan mati. Pemerintah memang sudah melakukan upaya penyemprotan desinfektan ke permukiman warga. Namun untuk membuat rumah Anda benar-benar terlindungi, tidak ada salahnya melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri dengan frekuensi 3-5 hari sekali.

Memang sih kalau sekarang sudah ada produk desinfektan khusus. Tetapi dalam situasi yang genting ini, sulit bagi kita untuk menemukannya lagi. Semua stock desinfektan di toko swalayan, toko pertanian, dan toko bahan kimia lagi-lagi kosong dan habis. Kalau pun ada pasti harganya mahal sekali. Daripada pusing sendiri memikirkannya, lebih baik Anda membuat sendiri desinfektan tersebut. Kenyataannya memang desinfektan bisa dibuat memakai bahan-bahan yang sejatinya telah tersedia di rumah loh.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat desinfektan sendiri menggunakan Bayclin. Yap, Bayclin yang selama ini kita kenal sebagai produk pemutih baju ternyata memiliki manfaat lain sebagai desinfektan loh. Anda dapat memanfaatkan Bayclin untuk membersihkan rumah supaya lebih bersih dan higienis. Perlu Anda ketahui, Bayclin mengandung Sodium hypochlorite sebesar 5,25%. Kandungan Sodium hypochlorite di dalam Bayclin inilah yang selanjutnya bisa kita gunakan sebagai bahan desinfektan alternatif.

Mari kita bikin sendiri desinfektan menggunakan Bayclin!

Alat dan Bahan :

  • 20 ml Bayclin
  • 980 ml air
  • Mangkuk
  • Sendok
  • Botol spray

Cara Membuat :

  1. Tuangkan air sebanyak 980 ml ke dalam mangkuk. Anda dapat menggunakan air sumur, air mineral, atau air suling
  2. Tambahkan Bayclin sebanyak 20 ml atau sekitar 1 tutup botol ke dalam mangkuk.
  3. Aduklah air dan Bayclin yang ada di dalam mangkuk memakai sendok sampai tercampur secara merata.
  4. Cairan yang sudah terbentuk lantas bisa Anda masukkan ke dalam botol spray agar lebih mudah menggunakannya.
  5. Bersihkan rumah Anda terlebih dahulu. Barulah kemudian semprot memakai desinfektan Bayclin ini secara merata.

Mudah banget kan ternyata? Jadi silakan mencobanya sendiri di rumah!