Cara Bikin Serundeng Kelapa untuk Menu Berbuka dan Sahur yang Praktis

Serundeng merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Serundeng terbuat dari kelapa parut yang digoreng sampai matang. Biasanya sih serundeng ini digunakan sebagai lauk pauk, baik dimakan secara langsung atau dicampurkan terlebih dahulu ke bahan protein seperti daging, ikan, tahu, tempe, jeroan, atau telur. Serundeng juga bisa ditaburkan di soto, ketan, atau burasa. Rasanya nikmat sekali dengan dominasi rasa gurih khas daging buah kelapa. Anda mungkin tertarik untuk membikinnya sendiri? Silakan ikuti resep dari Arafuru di bawah ini yuk!

Bahan-bahan :

  • 1 buah kelapa
  • 250 ml minyak goreng
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam

Cara membuat :

  1. Parutlah kelapa terlebih dahulu. Disarankan untuk memakai parutan yang kasar.
  2. Panaskan minyak goreng di atas wajan menggunakan api yang kecil-sedang.
  3. Masukkan daun salam dan daun jeruk ke dalam wajan. Tumislah sampai wangi.
  4. Masukkan parutan kelapa ke dalam wajan. Bolak balik sebentar lalu diamkan.
  5. Setelah warnanya agak kecokelatan, balikkan dan diamkan beberap saat lagi.
  6. Gorenglah kelapa parut tadi sampai warnanya menjadi cokelat keemasan merata.
  7. Setelah matang, Anda perlu meniriskannya beberapa saat sampai minyaknya menetes.
  8. Disarankan meniriskan serundeng sekali lagi memakai tisu dapur agar bebas minyak.
  9. Serundeng mesti diangin-anginkan terlebih dahulu sampai suhunya menjadi dingin.
  10. Barulah kemudian Anda bisa mengemas serundeng kelapa ini ke dalam toples.

Kami mempunyai kiat-kiat tambahan bagi Anda yang ingin membuat serundeng supaya rasanya semakin sedap, nikmat, dan mantap. Silakan Anda coba tips dan trik di bawah ini ya!

Pakailah Buah Kelapa yang Muda

Sangat direkomendasikan untuk membuat serundeng menggunakan bahan baku berupa buah kelapa yang masih muda. Tetapi jangan terlalu muda ya. Maksudnya adalah buah kelapa yang berada di antara muda dan tua. Serundeng yang dihasilkan oleh buah kelapa tersebut akan terasa nikmat sekali dengan rasa gurih yang kuat, sedikit manis alami, dan teksturnya pun lembut. Berbeda halnya dengan serundeng dari buah kelapa tua. Meskipun rasanya sangat gurih, tapi teksturnya agak kasar sehingga terasa kurang enak di mulut. Jadi ingatlah untuk menggunakan kelapa yang muda ya.

Jangan Gunakan Ampas Kelapa

Jangan pernah sekali pun Anda membuat serundeng dari ampas kelapa ya. Kenapa? Sebab rasanya tidak enak sekali. Ampas kelapa adalah kelapa parut yang telah diambil santannya sehingga yang tersisa cuma ampasnya saja. Kami sendiri pernah mencoba membuat serundeng dari ampas kelapa dengan harapan supaya dapat memanfaatkannya kembali daripada dibuang, tetapi ternyata rasanya benar-benar tidak enak. Kami sarankan tidak usah mencobanya sendiri deh karena rasa serundeng dari ampas kelapa tadi pasti tidak bakalan nikmat seperti kita memakai kelapa parut segar.

Gunakanlah Minyak yang Banyak

Pada hakikatnya, membuat serundeng itu tidak ubahnya seperti kita menggoreng kelapa parut. Prinsip utamanya menggoreng ya, bukan menumis atau menyangrai. Sebab serundeng yang dibuat dengan teknik menyangrai akan menghasilkan tekstur yang kasar dan tidak enak dilidah. Lebih baik Anda menggoreng kelapa parut tersebut menggunakan minyak goreng yang cukup banyak. Pakailah api yang kecil-sedang saat memasak kelapa parut ini. Bolak-balik kelapa parut tersebut agar matangnya merata. Setelah sudah matang, Anda bisa meniriskannya memakai saringan dan tisu dapur agar serundeng bebas minyak.

Membuat Serundeng Rasa Baru

Serundeng original mempunyai rasa yang begitu gurih khas daging buah kelapa. Rasa gurih serundeng ini sangat terasa sehingga enak dijadikan topping untuk berbagai makanan, terutama makanan-makanan yang digoreng. Tetapi kalau Anda bosan dengan rasa serundeng yang asli ini, Anda bisa loh melakukan sedikit modifikasi mengenai rasanya. Anda tinggal menggoreng bumbu tambahan di saat menggoreng kelapa parut. Misalnya Anda bisa menambahkan potongan cabai, bawang merah, daun kari, atau terasi supaya serundeng tersebut mempunyai cita rasa yang unik dan lezat tentunya.