Cara Bikin Desinfektan Sendiri dari Bahan-bahan yang Ada di Rumah

Mewabahnya penyakit corona (COVID-19) mendorong masyarakat untuk membersihkan rumahnya dengan sungguh-sungguh. Bahkan kini masyarakat tidak hanya sekadar membersihkan rumah saja, tapi juga mengupayakan agar kondisi rumahnya menjadi lebih higienis. Bagaimana caranya? Hal ini dilakukan dengan menyemprotkan desinfektan ke rumah dan lingkungan di sekitarnya. Penyemprotan desinfektan ini berguna untuk membunuh semua kuman dan bakteri, termasuk virus pembawa penyakit.

Memang sih pemerintah sudah berusaha keras untuk melakukan penyemprotan secara massal. Anda beruntung jika rumah Anda sudah disemprot menggunakan desinfektan ini. Cuma tak ada salahnya bila Anda melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri paling tidak setiap 7 hari sekali. Tujuannya apa? Bukan lain untuk memastikan kondisi rumah Anda dan lingkungan sekitarnya benar-benar higienis sehingga semua mikroorganisme yang datang selanjutnya akan mati. Anda sekeluarga pun bakal aman.

Apakah Desinfektan itu?

Desinfektan adalah bahan-bahan kimia yang bisa kita gunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran organisme renik yang bertujuan untuk membasmi penyakit. Desinfektan juga bisa diartikan sebagai bahan kimia yang bersifat toksik. Bahan ini secara efektif mampu membunuh mikroorganisme. Mikroorganisme yang terpapar secara langsung oleh desinfektan akan mati. Namun harus Anda ketahui, desinfektan tidak punya daya penetrasi sehingga tidak mampu membunuh mirkoorganisme yang terdapat di celah, cemaran mineral, dan tidak dapat membunuh spora bakteri.

Sebenarnya produk desinfektan yang siap pakai sudah banyak tersedia di pasaran. Anda bisa membeli desinfektan di toko swalayan, toko pertanian, atau toko bahan kimia terdekat. Namun kalau mau lebih praktis lagi, Anda bisa loh memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada di rumah sebagai desinfektan. Yap, ternyata beberapa bahan yang biasa kita gunakan sehari-hari memiliki manfaat sebagai desinfeksi loh. Cukup dengan memanfaatkan bahan-bahan tersebut, maka rumah Anda pasti akan aman deh.

Berikut ini daftar merk-merk produk yang bisa kita pakai sebagai bahan baku untuk membuat sendiri desinfektan di rumah, antara lain :

  • Aquatabs Multipurpose mengandung Sodium dichloroisocyanurate
  • Bayclin Lemon mengandung Sodium hypochlorite 5,25%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan dosis 20 ml/L air.
  • Bayclin Regular mengandung Sodium hypochlorite 5,25%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan dosis 20 ml/L air.
  • Bebek Kamar Mandi mengandung Benzalkonium klorida 0,1%.
  • Bratacare Desinfectane Concentrate mengandung Quarternary ammonium compound 4,5%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan dosis 10 ml/L air.
  • Clorox Desinfecting Bleach mengandung Sodium hypochlorite 7,4%. Anda bisa mengencarkan terlebih dahulu dengan dosis 10 ml/L air.
  • Clorox Toilet Bowl Cleaner with Bleach mengandung Sodium hypochlorite 2,4%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan dosis 40 ml/L air.
  • Dettol All in One Desinfection Spray mengandung Alkyl Dimethyl Benzyl.
  • Dettol Antiseptic Liquid mengandung Chloroxylenol 4,8%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan dosis 25 ml/L air.
  • Dettol Pembersih Lantai Citrus mengandung Benzalkonium klorida 1,1856%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan dosis 45 ml/L air.
  • Dettol Pembersih Lantai Multiaction 4 in 1 mengandung Benzalkonium klorida 1,1856%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan dosis 45 ml/L air.
  • Muscle Axi Triguna Pembersih Lantai mengandung Benzalkonium chloride 0,15% dan ethoxylated linear alcohol 0,6%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan air memakai perbandingan 1:2.
  • Proclin mengandung Sodium hypochlorite 5,25%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan dosis 20 ml/L air.
  • Septalkan mengandung Benzalkonium klorida 0,095%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan air memakai perbandingan 1:1.
  • Soklin Pemutih mengandung Sodium hypochlorite 5,25%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan dosis 20 ml/L air.
  • SOS Pembersih Lantai mengandung Benzalkonium chloride 1%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan dosis 50 ml/L air.
  • Wipol Pembersih Lantai Cemara mengandung Pine oil 2,5%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan air memakai perbandingan 1:9.
  • Wipol Pembersih Lantai Sereh dan Jeruk mengandung Ethoxylated alcohol 3% dan Benzalkonium chloride 1,25%. Anda bisa mengencarkannya terlebih dahulu dengan dosis 40 ml/L air.

Contoh Penggunaan :

Misalnya kita akan menggunakan Proclin yang notabene mengandung Sodium hypochlorite 5,25%. Maka untuk menghasilkan cairan desinfektan sebanyak 1 liter atau 1.000 ml, kita harus mencampurkan 20 ml Proclin dengan 980 ml air terlebih dahulu. Aduklah bahan-bahan ini agar tercampur rata. Hasilnya bisa kita gunakan sebagai desinfektan. Anda cukup menyemprotkan saja cairan tersebut ke beberapa bagian rumah tinggal dan lingkungan di sekitar rumah.

Peru diperhatikan, beberapa bahan di atas mempunyai sifat korosif terhadap benda-benda yang terbuat dari logam. Jadi sebaiknya setelah Anda menyemprotkan cairan desinfektan tersebut ke permukaan logam, tunggu sekitar 10-15 menit, kemudian bersihkan memakai kain lap agar benda-benda logam tadi tidak berkarat. Bagaimana pun Anda tetap harus menjaga kondisinya, kan? Selamat mencoba!