Cara Menanam Biji Bunga Matahari di Pot agar Mau Berbunga

Apakah Anda ingin menanam bunga matahari di dalam pot? Bunga matahari (sunflower) mempunyai ciri khas bentuk bunganya yang menyerupai matahari dengan arah gerak yang selalu menghadap ke sumber cahaya. Hal ini pula yang menyebabkan tanaman bunga matahari membutuhkan air dalam jumlah yang cukup banyak, di samping bentuk daunnya yang lebar juga membuatnya lebih rajin dalam melaksanakan proses fotosintesis. Biasanya sih bunga matahari ditanam di taman depan rumah. Penampilannya akan terlihat sangat cantik manakala bunganya sudah mekar dengan sempurna.

Banyak orang yang menganggap kalau tanaman bunga matahari tidak bisa ditanam di pot. Memelihara bunga matahari di pot kelihatannya seperti suatu pekerjaan yang sia-sia belaka. Jikalau benih yang Anda  tanam berhasil tumbuh, tentu batangnya akan menjadi kurus dan tidak mampu berbunga karena asupan nutrisi yang diterimanya tidak sanggup memenuhi kebutuhannya. Kalau tak percaya, Anda bisa mencoba membuktikannya sendiri. Anda bisa mencoba menanam benih bunga matahari di pot dan perhatikanlah pertumbuhannya dengan teliti. Lantas, apa yang terjadi selanjutnya?

Rata-rata orang yang mencoba menanam biji bunga matahari di pot selalu mendapatkan hasil yang tak memuaskan. Biji tersebut memang bisa tumbuh menjadi tanaman bunga matahari. Namun yang terjadi selanjutnya sungguh di luar dugaan. Tanaman matahari tersebut tidak sanggup menumbuhkan bunga sama sekali. Batangnya sangat kurus, posturnya kerdil, serta tanaman pun nampak seperti kekurangan gizi. Sehingga wajar sekali bila kemudian tanaman bunga matahari tadi tidak dapat menghasilkan bunga. Namun dengan perawatan yang tepat, Anda tetap bisa menanam bunga matahari ini di pot.

Alat dan Bahan :

  • Biji bunga matahari
  • Pot ukuran sedang-besar
  • Kotak/peti kayu
  • Tanah
  • Pasir
  • Pupuk kompos
  • Pupuk kandang
  • Air
  • Cetok

Cara Menanam :

  1. Siapkan biji bunga matahari yang dapat Anda peroleh di www.tokotanaman.com. Adapun jenis-jenis bunga matahari yang kami rekomendasikan antara lain pacino gold, autumn beauty, velvet queen, big smile, dan teddy bear.
  2. Proses penyemaian biji bunga matahari ini bisa Anda lakukan di sebuah peti kayu yang telah diisi dengan campuran tanah dan pupuk kompos. Buatlah lubang tanam seukuran jari telunjuk. Lalu masukkan biji bunga dan timbun kembali.
  3. Jangan lupa tutup peti tersebut memakai plastik bening berlubang agar lebih aman. Simpanlah media penyemaian ini di tempat yang teduh dengan sinar matahari yang minim. Pastikan Anda menyiraminya secara rutin agar tanah di dalamnya tidak kering.
  4. Bibit bunga matahari yang tumbuh bisa ditanam di pot apabila sudah berumur 7-10 hari. Ciri-ciri bibit yang sudah siap dipindahkan yaitu adanya daun kecil di kecambahnya. Hati-hati, terlambat memindahkan bibit ini bisa mengakibatkan kematiannya.
  5. Media tanam yang dimasukkan ke dalam pot berupa campuran tanah, pasir, pupuk kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:2:1:1. Bunga matahari ini sangat menyukai air sehingga tanah yang digunakan pun sebaiknya mampu menahan air.
  6. Setiap pot cukup Anda tanami dengan satu bibit bunga matahari. Penanaman yang terlalu rapat justru akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi buruk. Hal inilah yang menyebabkan batang tanaman tersebut menjadi kurus dan tidak bisa berbunga.
  7. Proses penyiraman tanaman bunga matahari dapat Anda lakukan sebanyak dua kali sehari atau lebih tergantung kondisi cuaca pada hari tersebut. Usaakan kondisi tanah di pot jangan sampai kering sebab dapat memperpendek usia tanaman ini.
  8. Apabila tanaman bunga matahari sudah cukup tinggi, Anda wajib menggantinya ke pot lain yang ukurannya lebih besar. Pot besar ini mampu menampung nutrisi dan cairan dalam jumlah yang lebih banyak. Sehingga pertumbuhan tanaman pun tetap optimal.
  9. Tanaman bunga matahari juga membutuhkan sinar matahari dalam jumlah yang banyak supaya mampu tumbuh secara maksimal. Pastikan tanaman ini bisa mendapatkan sinar matahari paling tidak selama 6 jam/hari agar tumbuh subur dan rajin berbunga.
  10. Biasanya tanaman bunga matahari akan mulai belajar mengeluarkan kuncup bunga saat usianya telah mencapai 2 bulan. Anda harus terus merawat tanaman tersebut sebaik-baiknya. Kemudian kuncup bunga ini akan terus berkembang dan mekar setelah berumur 9-10 minggu.