18 Masakan Sahur yang Paling Praktis, Simple, dan Mudah Dibuat

Di awal-awal puasa Ramadhan, memasak makanan untuk sahur mungkin masih terasa penuh semangat. Tubuh masih sangat bugar dan ide makanan pun selalu berdatangan setiap hari. Tetapi sayangnya, lama-kelamaan rasa capek serta rasa kantuk yang luar biasa pun mulai melanda. Jangankan untuk memasak, sekadar bangun tidur untuk bersantap sahur saja rasanya sudah berat sekali. Ingin sekali rasanya untuk melewatkan waktu sahur tersebut. Namun kalau Anda tidak mengikuti kegiatan makan pada saat sahur ini, bukan tak mungkin Anda akan merasa lapar sekali saat berpuasa di siang harinya.

Jadi walaupun Anda merasa sangat malas untuk melaksanakan sahur ini, kami sarankan sebaiknya Anda harus memaksakan diri untuk tetap menjalankannya. Sebab bagaimana pun sahur merupakan aktivitas yang bermanfaat sekali bagi Anda. Kalau misalnya Anda merasa malas sekali untuk memasak makanan untuk sahur, Anda dapat mencoba beberapa menu rekomendasi kami di bawah. Ini merupakan daftar menu makanan yang sangat mudah dibuat, simple, praktis, waktu membuatnya tidak lama, serta tentu saja mempunyai cita rasa yang lezat sekali. Anda harus benar-benar mencobanya deh.

Mie Instan

Memang tak dipungkiri kalau mie instan merupakan produk makanan yang paling praktis di dunia. Anda cukup merebusnya selama 3-5 menit, maka seporsi mie yang lezat telah siap untuk dinikmati. Sayangnya  banyak orang yang bilang kalau terlalu banyak makan mie instan kurang bagus untuk kesehatan tubuh. Namun kalau hanya sekali-sekali saja memakannya tentu tak masalah dong? Sebagai tips agar sajian mie instan Anda lebih sehat, tambahkan bermacam-macam sayuran ke dalam mie tersebut.

Sphagetti

Anda juga bisa membuat sphagetti sebagai makanan pada saat bersantap sahur. Memang sih kalau mau membuat sphagetti sendiri dari adonan awal jauh lebih bagus. Tapi rasanya pasti akan malas sekali deh. Sehingga produk sphagetti instan yang telah siap saji bisa menjadi alternatifnya. Sama seperti membuat mie, Anda dapat menambahkan sayur-sayuran dan bahan protein ke dalamnya agar sphagetti tersebut lebih menyehatkan. Anda juga bisa membuat sausnya sendiri sesuai selera loh.

Nugget

Nugget merupakan olahan daging ayam atau sapi yang dicincang, lalu diberi tepung. Biasanya sih nugget dimasak cukup dengan menggorengnya saja di minyak panas. Oleh karena itu, kandungan protein serta lemak di nugget terbilang cukup tinggi. Selain membeli produk nugget siap saji, Anda bisa membuatnya sendiri lantas menyimpannya di kulkas. Sehingga ketika waktu sahur tiba, Anda cukup menggorengnya  saja. Selain benar-benar sangat praktis, anak-anak pun sangat menyukai makanan yang satu ini.

Sosis

Bahan makanan selanjutnya yang bisa dimasak dengan mudah sekali dan memiliki cita rasa yang begitu lezat adalah sosis. Sosis merupakan produk makanan olahan yang terbuat dari daging ayam, sapi, atau ikan yang dicincang halus, dibumbui, lalu dimasukkan ke dalam bungkus khusus. Itu sebabnya, rasa sosis sudah lezat sekali meskipun Anda hanya menggoreng atau membakarnya saja. Sosis termasuk salah satu makanan favorit anak-anak. Mereka pasti akan bersemangat sahur kalau ada sosis di meja makan.

Sarden

Sarden berupa ikan kaleng yang telah dibumbui juga dapat menjadi salah satu pilihan menu sahur yang praktis sekali. Pada dasarnya, sarden merupakan masakan ikan yang sudah dimasak sampai matang dan dibumbui menggunakan saus yang lezat, lalu dikemas di dalam sebuah kaleng agar bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama. Jadi sebenarnya Anda bisa langsung memakan sarden di dalam kaleng tersebut. Tapi supaya lebih lezat, sebaiknya sarden ini dipanaskan terlebih dahulu. Anda juga bisa menambahkan beberapa sayuran dan bahan protein ke dalamnya.

Kornet

Kornet daging sapi (beef corned) pun cocok sekali dipilih sebagai hidangan sahur yang praktis, gampang dimasak, dan mempunyai rasa yang super lezat. Bahkan sekelas orang yang belum pernah memasak pun kami yakin bisa mengolah kornet dengan baik. Salah satu olahan kornet yang paling mudah dibuat ialah tumis kornet. Anda cukup menumis saja kornet tersebut di dalam minyak panas secukupnya. Kalau mau, tambahkan pula bahan-bahan yang lainnya. Tanpa perlu menambahkan bumbu lagi ya. Dijamin deh rasa hidangan tersebut pasti bakal enak.

Sup Daging

Anda juga dapat membuat sup daging yang lezat sebagai makanan untuk sahur loh. Kata siapa memasak sup daging itu selalu membutuhkan waktu yang lama? Kalau Anda mengetahui triknya, waktu memasak pun dapat dipercepat. Trik dari kami yaitu Anda harus memotong daging dalam ukuran yang kecil. Saran kami, potonglah daging tersebut dengan ukuran 1 x 1 cm. Sehingga daging pun akan lebih cepat matang ketika kuah sup sudah mendidih. Anda bisa menambahkan wortel dan ketang ke dalam sup ini.

Steak

Kenyataannya memasak steak tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan dalam kurun waktu kurang dari 30 menit, Anda sudah menyelesaikan pekerjaan membuat steak ini. Saran kami adalah Anda mesti melakukan proses marinasi daging yang akan dimasak sesaat sebelum tidur. Simpanlah daging tersebut ke dalam kulkas. Sehingga ketika waktu sahur tiba, Anda tinggal memanggangnya saja deh tanpa perlu ribet sama sekali. Kini beberapa steak nan lezat pun siap dihidangkan ke keluarga.

Sayur Bening

Pada dasarnya, sayur bening ini dibuat dengan cara merebus sayur-sayuran di dalam kuah yang bening (clear soup). Semua jenis sayuran bisa dibikin menjadi sayur bening. Namun yang paling umum yaitu bayam, kacang panjang, labu siam, sawi putih, buncis, jagung manis, kacang tanah, dan kubis. Jika dibandingkan dengan sup, pembuatan sayur bening jauh lebih sederhana. Kuahnya yang segar cocok disajikan panas-panas untuk mengusir udara dingin saat sahur tiba. Adapun kunci pembuatan hidangan ini terletak pada kuahnya. Kalau rasa kuahnya sudah nikmat, maka semuanya pun menjadi lezat.

Tumis Sayur

Anda juga bisa memasak sayur-mayur dengan cara ditumis. Sebenarnya gampang sekali kok untuk bisa memasak tumis sayur ini. Anda bisa memotong sayuran-sayurannya terlebih dahulu. Di sini Anda dapat menggunakan berbagai macam sayuran langsung ataupun menumis satu macam sayuran saja. Bumbu dasar untuk membuat tumisan sayur yaitu bawang putih, bawang merah, merica, dan cabai. Kalau mau rasanya lebih mantap lagi, Anda bisa menambahkan terasi atau udang sebagai penyedap rasanya.

Ayam Goreng

Secara alami, daging ayam mempunyai cita rasa yang gurih dengan tekstur yang empuk. Oleh karena itu, daging ayam ini dapat dimasak menjadi berbagai hidangan nan menggugah selera. Sebut saja mulai dari opor, rendang, balado, rica-rica, sate, soto, rawon, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyaknya olahan berbahan dasar daging ayam, menu masakan yang paling praktis tentunya adalah ayam goreng. Anda cukup mengungkep daging ayam sebentar, lalu digoreng begitu saja pasti sudah enak kok.

Tahu dan Tempe

Menu masakan praktis lainnya bisa dibuat dari bahan tahu dan tempe. Ada banyak sekali metode untuk memasak kedua bahan berprotein tinggi ini. Mulai dari digoreng, disambal, ditumis, direbus, dan lain-lain. Anda bisa mencoba mengkreasikannya setiap hari supaya tidak bosa menikmati tahu dan tempe ini. Paling pas sih, hidangan berbahan dasar dari tahu dan tempe ini disajikan bersama dengan sayur bening. Walaupun sederhana, tetapi menu tersebut benar-benar penuh kenangan.

Pecel

Sekali-kali Anda juga dapat membuat pecel sebagai menu utama saat bersantap sahur. Berbeda dengan masakan tradisional lainnya, pembuatan pecel terbilang sederhana. Anda cukup merebus sayur-sayuran ini sampai matang, lalu tiriskan sebentar. Selanjutnya tuangkan sambal kacang di atas sayuran rebus ini. Supaya perut tidak melilit, penggunaan cabai untuk sambal pecel sewajarnya saja ya. Silakan Anda dapat menghidangan pecel ini bersama dengan bahan protein goreng yang lainnya.

Telur Dadar

Telur dadar merupakan lauk berbahan dasar telur yang dimasak dengan jalan digoreng. Berbeda dengan proses pembuatan telur mata sapi, untuk memasak telur dadar, Anda perlu mengocok telurnya terlebih dahulu. Agar olahan telur dadar buatan Anda lebih sehat, Anda bisa mengisinya dengan berbagai bahan makanan yang dapat mencukupi gizi seharian. Setelah itu, gorenglah telur tersebut sampai matang. Tips dari kami, buatla telur dadar yang tebal karena rasanya lebih enak daripada telur dadar yang tipis.

Nasi Goreng

Nasi goreng memang cocok buat sarapan. Termasuk untuk sahur, yang mungkin bisa menjadi kegiatan sarapan di waktu dini hari, penyajian nasi goreng ini benar-benar cocok sekali. Nasi goreng memang sudah terkenal ke seluruh dunia. Faktanya ialah setiap negara-negara di Asia terutama mempunyai nasi goreng khasnya loh. Untuk membuat nasi goreng, Anda tinggal menggoreng nasi di atas tumisan bumbu. Lalu tambahkan bahan-bahan makanan lain sesuai selera. Goreng hingga semua bumbu tercampur rata. Nasi goreng yang hangat pun siap untuk disantap.

Dendeng

Dendeng adalah olahan makanan yang terbuat dari daging yang dipipihkan. Biasanya digunakan daging sapi atau daging ayam sebagai bahan baku pembuatan dendeng. Sama seperti tahu dan tempe, dendeng pun bisa dibuat menjadi menu masakan apapun. Paling simple ya cukup digoreng saja, lalu dihidangkan bersama nasi hangat dan saus sambal. Rasanya benar-benar enak deh. Anda juga bisa membuat tumisan yang lezat dari dendeng yang diberi tambahan irisan cabai merah dan biji wijen.

Ikan Goreng

Kalau Anda tidak mau repot membuat masakan untuk sahur, rekomendasi kami cobalah Anda membuat ikan goreng saja. Bagaimana cara memasak ikan goreng supaya lebih praktis? Triknya yaitu Anda harus melakukan proses marinasi terhadap ikan tersebut di malam harinya. Rendamlah potongan-potongan daging ikan yang segar di dalam bumbu marinasi, lalu masukkan ke lemari es. Setelah tiba waktunya bagi Anda untuk sahur, Anda cukup menggoreng ikan tersebut di minyak yang panas saja.

Seafood Kukus

Seafood atau makanan laut memak paling enak kalau dimasak dengan metode pengukusan (steamed). Tekstur daging seafood tersebut akan terasa begitu lembut apabila Anda mengukusnya. Untungnya, proses kukus ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan dibandingkan dengan metode memasak yang lainnya. Begitu pula dengan bumbu-bumbunya yang lebih simple. Anda hanya perlu menambahkan garam, bawang putih, dan sedikit jahe. Biarkan rasa asli seafood yang gurih keluar sendiri. Kami jamin deh keluarga Anda pasti akan sangat menyukainya.