Agar Rumah Bebas dari Corona, Ada 7 Hal yang Mesti Anda Lakukan

Dunia saat ini sedang dibuat geger dengan virus corona (COVID-19). Ini merupakan salah satu virus yang sangat mematikan. Gejala awalnya berupa demam, batu kering, dan kesulitan bernapas. Jika tidak lekas memperoleh penanganan lebih lanjut, penderita corona bisa mengalami kematian. Sayangnya obat yang khusus untuk mengatasi penyakit corona sampai kini belum berhasil ditemukan. Oleh karena itu, Anda wajib melakukan pencegahan agar tidak tertular oleh penyakit ini. Salah satunya yang direkomendasikan oleh pemerintah yaitu tetap berdiam diri di dalam rumah saja.

Rumah merupakan tempat yang paling aman dan nyaman. Di sini Anda bisa mendapatkan perlindungan secara maksimal. Termasuk dari serangan pandemi corona pun Anda dan keluarga pun bakal terhindar dari virus ini apabila menuruti nasihat pemerintah untuk tetap berada di rumah. Sebenarnya ada banyak sekali loh kegiatan positif yang bisa kita lakukan saat di rumah. Misalnya yaitu membersihkan rumah dan lingkungan di sekitarnya. Tak hanya akan membuat kondisi rumah Anda menjadi bersih saja, tetapi juga mampu menghalau virus corona jika Anda rutin membersihkan rumah.

Supaya rumah Anda benar-benar bersih serta 100% bebas dari virus corona, Anda mesti mengikuti kiat-kiat di bawah ini!

  1. Bersihkan Rumah Anda Setiap Pagi dan Sore Hari

Langkah dasar untuk melindungi rumah Anda supaya bebas dari virus corona adalah Anda harus rutin membersihkannya. Kami sarankan untuk membersihkan rumah Anda setiap pagi dan sore hari. Bahkan kalau memungkinkan Anda bisa membersihkannya lebih sering lagi megingat saat ini Anda berada di rumah secara terus-menerus. Bersihkanlah setiap sudut rumah Anda tanpa terkecuali. Berikanah perhatian yang penuh terhadap ruangan-ruangan yang rawan kotor serta kerap kali menjadi sarang kuman dan bakteri, seperti kamar mandi dan dapur.

  1. Semprotkan Desinfektan ke Rumah secara Rutin

Desinfektan adalah bahan kimia yang bisa Anda manfaatkan untuk membunuh mikroorganisme. Ukurannya yang super kecil membuat kita sulit membasmi organisme-organisme renik yang ada di rumah. Nah, Anda bisa memakai desinfektan untuk mematikan semua mikroorganisme yang terdapat di dalam rumah. Anda bisa membeli produk desinfektan ini di toko swalayan terdekat, atau kalau mau lebih praktis Anda bisa membuatnya sendiri. Semprotkan desinfektan ini secara rutin ke seluruh rumah, terutama bagian-bagian yang sering disentuh seperti handle pintu.

  1. Sapulah Halaman dan Buanglah Semua Sampah

Membersihkan rumah jangan hanya bagian interiornya saja ya. Anda juga mesti membersihkan lingkungan eksterior rumah tersebut meliputi taman, halaman, ataupun pekarangan. Anda bisa menyapu halaman rumah menggunakan sapu lidi. Pisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik. Khusus untuk sampah organik bisa Anda olah kembali menjadi pupuk kompos. Tetapi untuk sampah anorganik sebaiknya Anda buang saja ke tempat sampah karena sulit mengolah kembali sampah jenis ini. Pastikan kondisi halaman rumah senantiasa bersih setiap waktu.

  1. Tanamlah Tumbuh-tumbuhan Pelindung Rumah

Hobi berkebun memang mempunyai manfaat yang begitu besar. Tidak hanya bisa menciptakan lingkungan rumah yang asri, tetapi Anda pun dapat memanfaatkan buah, bunga, daun, ataupun akar yang dimiliki oleh tanaman tadi tergantung spesiesnya. Di musim wabah penyakit seperti sekarang, sebaiknya Anda menanam tumbuh-tumbuhan yang tak cuma indah dilihat saja, tetapi juga mampu melindungi rumah Anda dari corona dan dapatkan digunakan sewaktu-waktu untuk obat alternatif. Kami sarankan tanamlah serai, daun sirih, binahong, jeruk nipis, dan lidah buaya.

  1. Cuci Tangan Anda Sekeluarga Sesering Mungkin

Tahukah Anda, penularan virus corona yang paling banyak terjadi adalah melalui kontak secara langsung dari seseorang yang positif mengidap corona ke orang lain. Jika terjadi kontak langsung seperti ini, maka kemungkinan besar pasti akan terjadi penularan virus. Untungnya virus corona tidak bisa meresap masuk ke tubuh melalui pori-pori kulit. Virus ini baru akan menyerang tubuh Anda manakala tangan Anda yang sudah terpapar virus menyentuh mulut, hidung, atau mata. Mencuci tangan memakai air dan sabun atau hand sanitizer terbukti dapat mematikan virus di tangan.

  1. Jangan Menerima Kedatangan Tamu Terlebih Dulu

Di situasi yang darurat seperti sekarang, tidak ada salahnya Anda meningkatkan kewaspadaan tanpa terkecuali. Kalau Anda sudah memastikan Anda sekeluarga di rumah benar-benar bebas dari virus corona, maka Anda harus waspada kepada orang lain yang bertamu ke rumah. Sebab bukan tak mungkin tamu tersebut membawa virus corona yang mengancam keselamatan nyawa Anda dan keluarga tercinta. Jadi sebaiknya di musim sekarang Anda berhenti menerima tamu terlebih dahulu. Bila ada perlu, Anda bisa mengobrol melalui ponsel yang pasti lebih aman.

  1. Jangan Lupa Kebersihan Hewan Peliharaan Anda

Kenyataannya virus corona berawal dari kelelawar yang menularkan virus ini ke manusia. Lantas virus ini pun dapat menular dari manusia satu ke manusia lainnya dengan cepat. Akhir-akhir ini bahkan santer terdengar berita kalau anjing dan kucing pun dapat tertular oleh virus corona ini. Jadi Anda pun perlu membersihkan kebersihan dan kondisi kesehatan hewan peliharaan Anda dengan baik. Jangan lupa untuk membersihkan tubuh binatang tersebut setiap saat. Berikanlah multivitamin tambahan untuk meningkatkan sistem imunitasnya.