9 Makanan dan Minuman Khas yang Hanya Muncul di Bulan Ramadhan

Indonesia merupakan negara yang kaya. Salah satu kekayaan Indonesia adalah pada ragam kuliner yang dimilikinya. Indonesia mempunyai makanan khas yang banyak sekali. Bahkan faktanya semua daerah di Indonesia mempunyai kuliner khasnya masing-masing loh. Kekayaan kuliner yang dimiliki oleh Indonesia ini bahkan membuat beberapa makanannya hanya bisa dijumpai saat Ramadhan saja. Kendati sekarang Anda mungkin bisa menjumpai kuliner khas ini di hari-hari biasa, namun kekhasannya hanya dapat Anda temukan pada saat Bulan Ramadhan saja.

Di bawah ini merupakan makanan dan minuman khas yang keistimewaannya hanya bisa Anda temukan pada saat Bulan Suci Ramadhan saja.

KUE SERABI

Kue serabi pada dasarnya merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut. Adukan yang telah terbentuk lantas dipanggang di atas cetakan dari gerabah. Kalau mau rasa yang khas, proses memasaknya mesti dilakukan memakai tungku tanah. Trik ini juga akan membuat serabi memiliki aroma yang begitu kuat serta menggoda selera. Walaupun kini kue serabi bercita rasa modern terbilang mudah didapatkan, namun kue serabi tradisional yang khas hanya bisa kita jumpai di bulan Ramadhan. Biasanya kue ini disajikan bersama santan dan air gula merah. Cocok banget deh buat berbuka puasa.

TELUR IKAN MIMI

Telur ikan mimi merupakan makanan tradisional khas Kabupaten Kendal yang hanya ada saat Ramadhan saja. Tepatnya telur ikan ini dapat Anda temukan di pasar-pasar tradisional di Kaliwungu. Ikan mimi yaitu suatu ikan sejenis ikan pari yang memiliki tulang lebih keras. Ikan ini hampir tidak mempunyai daging loh. Namun siapa sangka dibalik tubuhnya yang keras sekali ini tersimpan telur-telur yang jumlahnya cukup banyak serta dapat dimakan. Biasanya sih telur ikan mimi ini diolah memakai santan dan bumbu merah. Cita rasanya begitu unik, lezat, dan berbeda dari telur ikan yang lainnya.

PAKAT

Pakat ialah makanan khas Tapanuli yang terbuat dari batang rotan. Siapa sangka jika rotan pun ternyata bisa dimakan juga loh? Yap, batang rotan yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan ini memang dapat kita makan. Tapi bukan rotan sembarang rotan, melainkan batang rotan yang masih muda saja yang bisa dimakan. Batang rotan muda ini mempunyai tekstur yang cukup lunak. Batang ini bisa dimakan mentah sebagai lalapan ataupun dimasak menggunakan santan. Pakat namanya. Adapun rasa pakat ini mirip seperti petai namun agak sepat. Pakat diyakini bisa meningkatkan selera makan.

ES KOPYOR

Namanya juga es kopyor. Tentu es yang satu ini menggunakan kelapa kopyor alias kelapa degan sebagai bahan utamanya. Daging buah kelapa kopyor mempunyai tekstur yang lunak, agak kenyal, dan lembut di mulut. Sehingga cita rasanya menjadi nikmat sekali ketika digunakan untuk membuat minuman dingin. Selain kelapa kopyor, es kopyor ini juga menggunakan bahan-baha tambahan seperti nangka, roti tawar, jelly, dan sagu mutiara. Kemudian bahan-bahan ini disiram dengan air santan dan es serut. Rasanya yang segar menjadikan es ini sebagai salah satu minuman favorit untuk berbuka puasa.

GULAI KEONG

Menikmati gulai yang terbuat potongan daging ayam, daging kambing, atau daging sapi sih sudah biasa. Rasanya memang enak dan lezat, tetapi membosankan. Kalau Anda ingin menikmati gulai yang unik, tak biasa, serta pastinya anti-mainstream, kami merekomendasikan untuk mencicipi gulai yang terbuat dari daging keong. Bukan bekicot ya, melainkan keong sawah sehingga kehalalannya terjamin. Tekstur daging keong ini kenyal dengan rasa yang cukup gurih. Hidangan ini paling nikmat kalau disantap ketika masih panas. Selain lezat, daging keong juga dapat menjaga kesehatan hati dan lambung kita loh.

KICAK

Kicak merupakan jajanan pasar yang berasal dari daerah Yogyakarta. Kicak ini sudah begitu melegenda. Jajanan ini seolah-olah ikut memeriahkan Bulan Ramadhan di Yogyakarta karena kemunculannya hanya terjadi saat Bulan Puasa saja. Sekilas sih kicak ini mirip seperti jadah ya. Namun perbedaannya adalah kicak umumnya dihidangkan dengan taburan gula pasir dan kelapa parut di atasnya. Cita rasa kicak yang manis-manis gurih dengan tekstur yang lengket agak kenyal membuat para pencintanya selalu mencari kuliner yang satu ini. Kalau kesulitan menemukannya, cobalah Anda kunjungi pasar tradisional di Jogja.

KOLAK

Memang benar kalau di kota-kota besar, Anda mungkin bisa menemukan kolak setiap hari. Tapi faktanya kemunculkan kolak di daerah-daerah pedesaan hanya terjadi pada Bulan Ramadhan saja. Lezatnya kolak ini memang telah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Biasanya sih isi kolak terdiri dari pisang, labu, singkong, serta kolang-kaling yang dihidangkan memakai kuah santan yang manis. Kolak menjadi salah satu menu favorit di kala berbuka puasa karena selain rasanya yang nikmat dan segar, isi kolak ini juga komplit sehingga dapat mengganjal perut untuk sementara sebelum kita memakan hidangan utama.

PEMPEK IKAN PARAU

Jika biasanya pempek itu terbuat dari ikan tenggiri. Tapi saat di Bulan Ramadhan, Anda bisa menjumpai pempek yang menggunakan bahan baku dari ikan parau. Ikan parau adalah ikan air tawar yang memiliki ukuran cukup kecil. Meski begitu, ikan ini mempunyai rasa yang gurih sehingga cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pempek. Uniknya pembuatan pempek ikan parau menggunakan seluruh bagian dari ikan ini, termasuk durinya. Maka tak heran pempek ikan parau pun mempunyai cita rasa yang lebih gurih dengan tekstur yang agak berbeda daripada pempek biasanya. Anda wajib mencobanya!

ES BUAH TIMUN SURI

Walaupun timun suri bisa ditanam kapan pun, tapi para petani lebih suka menanamnya di waktu-waktu mendekati Bulan Ramadhan. Harapannya supaya tanaman tersebut mampu berbuah serta bisa dipanen pada bulan puasa. Mengapa? Sebab tingkat permintaan pasar akan timun suri memang tinggi sekali di setiap Bulan Ramadhan. Bahkan kalau di luar Ramadhan, buah ini kurang laku loh di pasaran. Timun suri memang nampak menggoda sekali ketika kita berpuasa. Buah ini paling cocok dibuat menjadi es buah. Anda cukup memotongnya kotak-kotak, lalu diberi tambahan sirup dan es batu. Rasanya dijamin benar-benar menyegarkan.