9 Cara Menghemat Uang Saat Traveling yang Mudah Dilakukan

Menghemat uang saat Anda liburan sepertinya terdengar sebagai suatu hal yang mustahil dikerjakan ya? Apalagi jika Anda termasuk orang yang mudah tertarik akan suatu benda atau makanan khas yang unik. Anda pasti akan langsung memborong semuanya. Alih-alih berlibur untuk menikmati pemandangan dan suasana obyek wisata yang menarik, kocek Anda justru terkuras habis untuk memenuhi kebutuhan mata dan perut. Akibatnya adalah anggaran Anda pun membengkak dari apa yang semula telah direncanakan. Anda tidak boleh membiarkan kebiasaan buruk ini terus terjadi.

Walaupun kelihatannya cuma menghambur-hamburkan uang saja, tetapi berlibur merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat. Kenyataannya aktivitas berlibur ini bisa menyegarkan pikiran kita. Jika sehari-hari Anda disibukkan dengan rutinitas kerja yang melelahkan, membosankan, serta mempunyai potensi stres yang tinggi. Ketika sedang berlibur, Anda bisa puas bersenang-senang dan memanjakan diri. Di hari tersebut, Anda tidak perlu memikirkan apapun. Adanya cuma senang-senang dan gembira. Sehingga di hari libur ini, Anda bisa menyegarkan kembali pikiran dan membuang stres.

Namun Anda tetap harus memperhatikan pengeluaran selama berlibur ya. Jangan sampai kantung Anda jebol hanya untuk bersenang-senang saja, lantas Anda harus hidup secara menderita sampai hari gajian berikutnya tiba. Kami mempunyai 9 tips menghemat pengeluaran selama Anda berlibur. Silakan Anda bisa mengaplikasikannya nanti!

Cari Tahu Kondisi dan Situasi Tempat Tujuan

Tips yang pertama dan penting untuk diperhatikan dengan baik saat Anda merencanakan untuk berlibur adalah Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai keadaan lingkungan di sekitar tempat wisata tersebut. Anda bisa bertanya ke kerabat atau teman yang mungkin pernah ke sana, bagaimana cara dia menghemat uang ke tempat tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan media internet untuk mencari tahu review orang-orang dari destinasi wisata yang hendak Anda kunjungi. Semakin Anda mengetahui seluk beluknya, semakin Anda mudah dalam menyusun anggaran untuk berlibur ke sana.

Bawa Bekal Makanan dan Minuman dari Rumah

Biasakan setiap Anda berekreasi ke suatu tempat bersama keluarga, selalu bawa keranjang bekal berisi minuman dan makanan. Hal ini merupakan kebiasaan baik yang telah diajarkan oleh orang tua kita sejak  dahulu kala. Selain menghemat uang yang besar, Anda pun bisa memastikan kebersihan dan kesehatan makanan yang dikonsumsi oleh Anda sekeluarga di tempat tersebut. Sudah menjadi rahasia umum kalau harga makanan dan minuman di tempat wisata memang mahal sekali. Bahkan untuk sebotol air mineral saja harganya bisa meningkat sampai 2-3 kali lipat lebih mahal.

Utamakan Keselamatan, Jangan Mengabaikannya!

Apabila Anda mengajak serta anak-anak ataupun orang tua untuk berlibur bersama, jangan pernah Anda memaksakan diri untuk menggunakan angkutan umum. Meskipun dengan memakai angkutan umum ini Anda mampu menghemat banyak uang, tetapi suasana liburan Anda akan terasa kurang menyenangkan. Anak-anak biasanya akan mengalami mabuk perjalanan jika naik angkutan umum, terutama bis. Jangan sampai niat Anda menghemat uang, justru mengakibatkan rasa nyaman si kecil sehingga sakit. Meskipun tidak akan menghemat uang, namun setidaknya Anda masih bisa menghemat waktu.

Membeli Souvenir? Boleh Tetapi Harus Wajar Ya

Sedikit tips untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh saat berwisata, belilah oleh-oleh berupa kerajinan tangan tradisional karena selain mempunyai bentuk yang unik, harganya pun cenderung lebih murah. Hindari membeli buah tangan ini di dalam area wisata karena harganya akan lebih tinggi daripada kita membeli di jalan-jalan, pedagang kaki lima, ataupun pasar tradisional terdekat. Pada umumnya, harga suvenir di tempat wisata memang lebih mahal karena para penjual ini berhadapan dengan market yang banyak sekali dan tertarik pada produk yang dijualnya. Sehingga mereka bisa pasang harga sesuka hati.

Manfaatkan Paket Wisata Hemat dari Agen Tour

Saat ini banyak agen tour and travelling yang mengeluarkan paket wisata murah untuk menarik minat turis. Paket ini biasanya terdiri dari penginapan, makan, angkutan, tiket masuk tempat wisata, dan oleh-oleh. Tak jarang pula di dalam suatu paket biasanya terdapat diskon yang cukup besar, terutama ketika momen-momen spesial dan hari liburan. Anda yang ingin berlibur dengan lebih hemat, tidak perlu ragu untuk menggunakan opsi ini. Tugas Anda hanyalah mencari agen perjalan yang bonafit dan tepercaya. Lantas Anda bisa menyerahkan semuanya kepada mereka.

Hindari Berlibur Pada Saat Hari Libur Nasional

Seperti kita ketahui, setiap tempat wisata biasanya akan menaikkan harga tiket masuk berkali-kali lipat pada saat hari libur nasional. Bahkan ada loh beberapa tempat wisata di Indonesia yang memasang tarif hingga mencapai 2-3 kali lipat dari tarif normal. Maka sebaiknya Anda menghindari berlibur di hari-hari seperti ini. Kalau Anda memang mau berlibur dengan hemat, saran kami adalah mbil cuti beberapa hari untuk menyempat waktu Anda berlibur dengan keluarga. Di hari kerja ini, Anda juga dapat menikmati suasana di tempat wisata dengan lebih puas.

Utamakan Keamanan dan Kenyamanan Hotel

Ketika kita berlibur di tempat yang jauh dari rumah, tentunya kehadiran tempat penginapan akan sangat membantu kita untutk beristirahat di malam hari. Sebisa mungkin jangan terlalu silau terhadap fasilitas yang ditawarkan oleh suatu tempat penginapan. Masih ingat tujuan kita berlibur adalah menghabiskan waktu di tempat wisata. Jadi, memilih penginapan dengan fasilitas yang komplit justru akan sia-sia. Anda cukup memastikan penginapan yang akan disinggahi tersebut aman dan nyaman saat Anda sekeluarga tertidur nyenyak. Bagaimanapun Anda akan menghabiskan banyak waktu di luar, kan?

Pilihlah Wisata Alam Daripada Wisata Buatan

Tiket masuk wisata alam, seperti air terjun, pantai, gunung, gua, dan danau biasanya relatif lebih murah dibandingkan dengan tiket masuk wisata buatan. Berpergian ke wisata alami juga akan membangkitkan kenangan Anda semasa kecil serta menumbuhkan sikap cinta alam dan keberanian pada anak-anak kita. Anda bisa membuat sebuah rencana untuk pergi ke suatu tempat wisata alami yang belum pernah Anda sekeluarga kunjungi sebelumnya. Objek wisata air biasaya akan terlihat lebih indah pada musim hujan. Sedangkan pantai dan hutan sebaiknya dikunjungi di musim kemarau.

Bawa Uang Dalam Jumlah yang Pas-pasan Saja

Percaya atau tidak, salah satu penyebab Anda begitu boros dalam mengeluarkan uang ketika berlibur ke suatu tempat wisata adalah Anda membawa uang dalam jumlah yang cukup banyak. Berbeda dengan hari-hari biasa, di mana Anda selalu menghitug uang yang dikeluarkan. Saat berlibur, Anda terlalu asyik dengan suasananya sehingga tidak terlalu mempedulikan penghematan dan keuangan. Akibatnya uang pun terus mengalir keluar dari dompet Anda tanpa Anda perhitungkan dengan baik. Sebaiknya sih bawa uang tunai yang pas saja ketika berlibur. Toh, masih ada kartu ATM di dompet Anda, kan?