8 Tempat Wisata di Malaysia yang Mesti Anda Kunjungi Saat Liburan

Malaysia merupakan negara yang sangat menarik untuk dikunjungi ketika masa liburan nanti. Malaysia menawarkan 2 jenis destinasi liburan yang berbeda yaitu di Semenanjung Malaya dan Pulau Borneo. Di sepanjang Semenanjung Malaya, Anda akan merasakan suasana yang unik hasil perpaduan kebudayaan Melayu, China, dan India. Salah satu tempat yang paling terkenal yaitu di Kuala Lumpur. Sedangkan di wilayah Malaysia bagian Borneo, tujuan wisata yang paling menarik adalah menikmati pemandangan hutan dan pegunungan, melihat orangutan, dan beramah tamah dengan penduduk dari suku setempat.

Semua pengalaman ini akan disempurnakan oleh pemandangan pulau yang indah, resort mewah, dan kota-kota tua bersejarah yang ada di Malaysia. Faktanya adalah jumlah turis yang mengunjungi Malaysia didominasi oleh wisatawan dari Singapura dan Indonesia loh. Bagi Anda yang kebetulan sedang berduit nih serta pernah bermimpi ingin sekali-kali pergi berwisata ke luar negeri, maka Anda bisa mencobanya dari Malaysia terlebih dahulu. Walaupun letaknya dekat sekali dengan Indonesia, tapi Malaysia memiliki pesona yang berbeda loh. Semuanya begitu unik dan menarik sekali.

Yuk, kita menjelajahi tempat wisata di Malaysia melalui dunia internet terlebih dahulu. Kali ini Arafuru mempunyai 8 destinasi wisata yang paling menarik di Malaysia. Kira-kira apa saja ya?

Gua Mulu

Gua Mulu terletak di Taman Nasional Gunung Mulu, Borneo. Taman ini mencakup semua kawasan hutan tropis dan pegunungan, termasuk di dalamnya adalah Gua Mulu ini ya. Gua yang berada di Serawak ini merupakan salah satu gua bawah tanah dengan ukuran yang paling besar di dunia loh. Saking besarnya, bahkan ada klaim yang menyebutkan kalau ruangan di dalam Gua Mulu tersebut sanggup menampung hingga lebih dari 40 pesawat terbang komersil yang diposisikan secara berjajar. Pada saat malam mulai datang, Anda akan melihat pemandangan menakjubkan berupa ribuan kelelawar besar yang keluar dari mulut gua ini. Tidak usah takut ya!

Sepilok Rehabillitation Center

Sepilok Rehabillitation Center didirikan sejak tahun 1964 dengan tujuan menyelamatkan orangutan dari pemburuan liar, aktifitas tambang, dan pembukaan ladang. Di sini, bayi-bayi orangutan dilatih agar bisa hidup secara mandiri di alam liar karena mereak akan dilepaskan kembali ke hutan ketika benar-benar sudah siap nanti. Habitat asli orangutan-orangutan ini berada di Kabili-Sepilok Forest Reserve berupa hutan hujan alami. Terdapat sekitar 60-80 bayi orangutan yang bergantian menjalani proses rehabilitasi di tempat ini. Tentunya, pemandangan langka ini juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sepilok Rehabillitation Center. Kapan lagi coba?

Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia sebelum dikalahkan oleh Taipei 101 pada 2004. Sedangkan sekarang predikat bangunan yang paling tinggi di dunia masih dipegang oleh Burj Khalifa. Kendati begitu, Menara Kembar Petronas ini masih dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di dunia untuk kategori menara kembar loh. Menara Petronas ini sendiri terdiri atas 88 buah lantai yang dibangun dari beton, baja, serta fasad berupa kaca bermotif seni islam sebagai simbol dari Agama Islam di Malaysia. Uniknya lagi nih ya, pada lantai 41 dan 42, Anda akan menemukan sebuah jembatan yang menghubungkan kedua gedung kembar ini.

Kepulauan Perhentian

Terletak di lepas pantai timur laut Negara Malaysia, Kepulauan Perhentian merupakan salah satu tempat menarik yang harus Anda kunjungi ketika pergi berwisata ke Malaysia. Di sini Anda akan menemukan pemandangan pantai yang luar biasa indah. Anda juga memiliki kesempatan untuk mencoba menyelam dan menikmati pemandangan dunia di bawah laut dengan biaya yang murah. Dua pulau utama yang ada di kepulauan ini adalah Pulau Perhentian Besar dan Pulau Perhentian Kecil. Kedua pulau ini mempunyai pasir putih yang sangat cantik, jajaran pohon palem, serta pemandangan laut yang membentang luas. Mata Anda pasti akan dibuat takjub oleh kemolekannya.

Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi yang ada di Pulau Kalimantan. Ukuran ketinggiannya sendiri  yaitu 4.095 meter di atas permukaan laut. Gunung Kinabalu ini sudah tersohor ke seanteror dunia berkat keanekaragaman hayati yang dimilikinya. Setidaknya tercatat ada lebih dari 600 spesies pakis, 326 jenis burung, serta 100 mamalia yang telah berhasil ditemukan di Gunung Kinabalu dan kawasan sekitarnya. Adapun rute pendakian menuju ke Puncak Gunung Kinabalu terbilang cukup gampang dibandingkan dengan gunung-gunung di Indonesia. Namun Anda diwajibkan membawa serta pemandu wisata untuk pergi mendaki dan menaiki gunung ini ya.

Langkawi

Langkawi merupakan suatu wilayah kepulauan yang terdiri atas 99 pulau yang sangat indah. Kepulauan Langkawi ini sendiri terletak di Laut Andaman. Langkawi berada di wilayah Negara Bagian Kedah dan berdekatan langsung dengan area perbatasan menuju ke Negara Thailand. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan Malaysia. Mengapa? Karena Kepulauan Langkawi memiliki pantai berpasir putih serta bentangan perbukitan yang hijau dengan puncak gunung terjal. Kombinasi panorama alam yang sangat indah ini mampu menciptakan pemandangan hayati yang luar biasa menakjubkannya. Anda pasti akan menyukainya.

Taman Negara

Taman Negara merupakan salah satu wilayah di hutan hujan tropis yang paling tua di dunia. Di Taman Negara ini  terdapat begitu banyak pepohonan raksasa yang sudah tumbuh sejak ribuan tahun yang lalu. Menariknya ialah pengelola tempat wisata ini sengaja menyiapkan trek atau jalanan khusus yang sudah disediakan bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini. Sehingga ketika berwisata di sini, Anda akan merasa lebih nyaman dan tentunya aman. Trek ini pula yang bisa menciptakan pemandangan unik dan berbeda yang tidak dapat kita jumpai di tempat lainnya.  Taman Negara merupakan rumah bagi spesies hewan yang hampir punah seperti gajah asia, macan tutul, harimau, badak, aneka burung, rusa, ular, dan tapir. Di sini Anda bisa berwisata sambil mempelajari alam.

Cameron Highlands

Cameron Highlands (Perbukitan Cameron) ialah daerah perbukitan yang paling luas di Negara Malaysia. Perlu Anda ketahui nih, wilayah perbukitan ini dihuni oleh sekitar 34.000 orang dari etnis Melayu, China, dan India. Mereka semua saling bergotong-royong dan tolong menolong sehingga tercipta lingkungan hidup yang aman dan damai. Selain pemandangan menakjubkan berupa jalan yang dipenuhi oleh hutan dan air terjun yang tenang, Anda dan keluarga juga bisa berkunjung ke daerah perkebunan teh untuk melihat secara langsung bagaimana proses pengolahan teh di Negara Malaysia ini dilakukan. Selain itu, Anda pun tentunya bisa langsung merasakan kenikmatan minuman teh khas Malaysia ini yang fresh from the oven. Pastinya nikmat sekali rasanya.