9 Perbandingan Rumah dan Apartemen, Mana yang Lebih Baik?

Tinggal di rumah atau apartemen memang sama-sama menyenangkan. Baik rumah maupun apartemen, keduanya sama-sama menawarkan kenyamanan dalam hidup serta bertempat tinggal. Sekarang tinggal kelihaian Anda sendiri saja dalam menyesuaikannya dengan kehidupan dan keluarga. Apakah Anda lebih baik memilih tinggal di rumah atau sebaiknya tinggal di dalam apartemen? Karena kenyataannya antara rumah dan apartemen ini mempunyai kelebihan serta kekurangan tersendiri. Kadang-kadang ada orang yang lebih senang tinggal di rumah. Namun tak sedikit pula lainnya yang lebih betah di apartemen.

Anda tak usah repot-repot mesti tinggal di rumah atau apartemen terlebih dulu untuk bisa mengetahui manakah yang terbaik. Sebab kali ini kami akan berbagi cerita hidup dan pengalaman pribadi bagaimana sih rasanya tinggal di rumah tapak maupun hunian bertingkat seperti apartemen itu. Faktanya memang kita tak bisa mengklaim kalau tinggal di rumah itu lebih baik daripada apartemen, atau sebaliknya. Sebab kesimpulan akhir ini tergantung pada selera pribadi setiap orang, gaya hidup, status, dan rutinitas harian yang dilakukan. Di sini kami cuma akan mencoba membandingkannya saja secara realistis dan jujur.

Yap, perbandingan-perbandingan antara rumah dan apartemen akan coba kami jelaskan pada uraian di bawah ini! Silakan Anda bisa menyimpulkannya sendiri manakah yang lebih baik untuk Anda sekeluarga. Apakah Anda sebaiknya tinggal di rumah atau lebih baik memilih apartemen saja?

KENYAMANAN

Anda tentu hanya mau tinggal di tempat yang nyaman saja, kan? Cuma pada hakikatnya, kriteria tempat tinggal yang nyaman antara orang yang satu dengan orang lainnya berbeda-beda. Setiap individu punya kriteria tempat tinggal yang nyaman versi dirinya sendiri. Bahkan tak sedikit loh orang yang akan merasa nyaman sekali walaupun tinggal di rumah yang mungil sekali. Baik rumah maupun apartemen ini, sama-sama menawarkan sebuah hunian yang nyaman. Untuk bisa menciptakan hunian yang nyaman tersebut, maka salah satunya harus menata lingkugan tempat tinggal ini dengan sebaik-baiknya.

KEBEBASAN

Dari segi kebebasannya, hunian rumah bisa dibilang lebih bebas daripada apartemen. Jika Anda memiliki rumah, Anda bebas mengotak-atik rumah Anda tersebut. Anda bisa membuat kolam renang atau taman semau Anda sendiri dan tentunya cukup hanya Anda sekeluarga saja yang bisa menikmatinya. Begitupun ketika Anda sedang berkumpul bersama keluarga, maka Anda dapat mengadakan pesta kecil-kecilan di halaman belakang dengan bebas. Tidak akan ada orang yang melarang Anda. Namun jika Anda tinggal di dalam apartemen, Anda terikat oleh peraturan dan perizinan yang begitu banyak.

PRIVASI

Kendati privasi ini dipengaruhi secara langsung oleh bagaimana tingkah laku tetangga di sekitar tempat tinggal Anda, tetapi privasi di apartemen bisa dibilang lebih bagus. Selain karena adanya peraturan yang jelas, mayoritas penghuni apartemen juga umumnya orang yang sibuk. Jadi sangat jarang Anda melihat penghuni apartemen lain yang sedang kongkow-kongkow di koridor ataupun mengganggu tetangga lain di sekitarnya. Misalnya jika sampai ada, maka Anda bisa langsung melaporkan ke petugas keamanan dan pihak pengelola apartemen, di mana identitas Anda sebagai pelapor akan terjaga dengan aman.

KEAMANAN

Kebanyakan apartemen di Indonesia sudah dilengkapi oleh perangkat keamanan standar seperti security dan CCTV. Di setiap lantai juga telah disiapkan tabung CO2 untuk mengantisipasi kalau terjadi kebakaran. Semuanya sudah diatur rapi serta terpantu selama 24 jam. Begitu pula dengan sistem pengunci di setiap unit apartemen juga telah mengadopsi sistem yang canggih. Anda dapat tertidur dengan sangat nyenyak di sini. Sedangkan untuk rumah, peralatan keamanan yang menyertai tentunya disesuaikan sendiri oleh masing-masing pemiliknya. Anda bebas mau memasang peralatan canggih atau tidak.

LOKASI

Pengembang properti selalu mencari lokasi yang strategis untuk didirikan sebuah apartemen buatannya. Lokasinya pun tidak main-main dan sudah diperhitungkan dengan sangat teliti. Sementara itu, jika Anda memilih rumah, Anda harus mempunyai siasat yang jitu supaya bisa mendapatkan rumah di lokasi bagus dengan harga sesuai dompet Anda. Kenyataannya memang harga tanah di pusat kota saat ini sudah tak masuk akal lagi karena benar-benar mahal. Anda harus memiliki banyak uang untuk bisa membeli tanah di lokasi yang strategis. Kalau uangnya pas-pasan, Anda harus puas dengan tanah di daerah pinggiran.

HARGA

Harga apartemen umumnya dijual lebih murah daripada harga rumah. Tentu kita harus membandingkan antara unit apartemen dan rumah dengan spesifikasi yang sama ya. Silahkan bandingkan saja. Jika Anda membeli sebuah apartemen di tengah-tengah Kota Jakarta, maka Anda bisa membeli rumah yang lebih luas di pinggiran Kota Jakarta. Tapi sayangnya harga apartemen tersebut sering kali tidak bisa digunakan untuk membeli unit rumah karena saking mahalnya. Harga apartemen bisa lebih murah karena bentuk bangunanya yang memiliki lantai sangat banyak sehingga developer juga mempunyai lebih banyak aset.

INVESTASI

Antara rumah dan apartemen, keduanya merupakan produk investasi yang sama-sama menguntungkan sebab harganya selalu meningkat. Mengenai manakah yang lebih menguntungkan, tentu kembali lagi ke segmen pasar. Saat ini, masyarakat di luar Jakarta masih menyukai hunian berbentuk rumah ketimbang harus tinggal di apartemen. Sedangkan bagi sebagian besar penduduk Jakarta sendiri sudah lebih senang dengan apartemen. Biasanya sih peningkatan harga apartemen lebih tinggi daripada rumah biasa. Anda pun dapat menyewakan apartemen tersebut kalau belum mau menjualnya. Dijamin akan laris manis!

LEGALITAS

Saat Anda membeli rumah, maka Anda akan mendapatkan Sertifikat Hak Milik (SHM). Artinya tanah dan rumah tersebut menjadi sah milik Anda dan dapat diwariskan ke anak cucuk Anda nantinya. Sedangkan pada pembelian apartemen, Anda akan mendapat Sertifik Hak Guna Bangunan (HGB), di mana sertifikat ini harus diperpanjang setiap 20 tahun sekali. Terdapat juga sertifikat HGB di atas HPL (Hak Pengelolaan Lahan) yang berarti jika kerjasama developer dan pihak lain sebagai pemilik lahanny telah selesai, maka tanah dan bangunan apartemen tersebut secara otomatis akan jatuh ke tangan si pemilik lahan.

FASILITAS

Fitness center, lapangan tenis, taman, tempat bermain, serta kolam renang merupakan contoh fasilitas-fasilitas yang bisa Anda dapatkan ketika tinggal di sebuah apartemen. Asyiknya Anda bisa menggunakan fasilitas itu kapan pun Anda mau secara gratis dan tidak perlu merawatnya lagi. Apartemen ini memang selalu dilengkapi dengan fasilitas premium untuk memanjakan para penghuninya. Sedangkan fasilitas di rumah dapat disesuaikan dengan budget dan selera. Namun di sisi lain, Anda juga harus membayar iuran pemeliharaan fasilitas yang nominalnya cukup besar kalau tinggal di apartemen ya.