9 Tips Simple agar Tetap Sehat Saat Puasa Bagi Penderita Maag

Kadang-kadang ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan menimbulkan kecamuk tersendiri di benak orang-orang yang menderita penyakit maag. Di satu sisi, kita sendiri yang akan mengalami kerugian yang amat besar apabila meninggalkan ibadah yang satu ini. Namun di sisi lain, kalau memaksakan diri untuk tetap ikut berpuasa terkadang justru menyebabkan penyakit ini kambuh. Perut terasa begitu melilit, kembung, mual, sampai muntah. Anda pun menjadi trauma untuk berpuasa lagi sesudahnya.

Seperti kita tahu, puasa di Bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi umat islam. Artinya ibadah ini harus dilaksanakan dengan baik. Apabila Anda meninggalkannya, maka Anda pun akan berdosa. Tapi memang ada beberapa golongan orang yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Salah satunya yaitu orang sakit. Orang sakit boleh tidak puasa asalkan menggantinya dengan puasa di hari yang lain. Kendati Anda sering terkena maag, tetapi kalau saat ini kondisi tubuh Anda sedang sehat maka berpuasalah.

Kami mempunyai 9 tips sederhana yang ditujukan khusus untuk Anda dan para penderita maag yang lain supaya dapat menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan dengan lancar, kondisi tubuh tetap sehat, penyakit maag yang diderita tidak kambuh, dan mampu beraktivitas secara normal.

Tips 1. Rutinlah Meminum Jamu Kunyit

Jamu kunyit merupakan obat tradisional yang sangat ampuh untuk mengatas penyakiti maag. Jamu ini terbuat dari rimpang kunyit yang diparut dan diambil sarinya, lalu diseduh memakai air panas. Jangan lupa menambahkan gula merah untuk memberikan rasa manis. Anda sebaiknya meminum jamu kunyit ini secara rutin selama berpuasa, baik waktu berbuka maupun sahur. Dibandingkan dengan obat maag kimia, meminum jamu kunyit lebih aman dan menyehatkan, tanpa efek samping apapun. Silakan Anda bisa mencobanya dan membuktikan sendiri. Niscaya kesehatan Anda pun akan senantiasa terjaga.

Tips 2. Minumlah Air Putih Minimal 8 Gelas

Penderita maag memang selalu bermasalah pada sistem pencernaannya. Agar kondisi pencernaan Anda tetap terjaga dengan baik serta senantiasa sanggup bekerja secara optimal, maka usahakanlah untuk meminum setidak-tidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Lebih banyak air putih yang Anda minum, maka akan semakin bagus bagi tubuh Anda. Sebaiknya sih 8 gelas air putih tersebut tidak langsung diminum dalam satu waktu sekaligus ya. Adapun polanya yang baik adalah 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah tarawih, dan 2 gelas saat sahur. Dengan bekal air minum yang cukup, kebutuhan harian Anda akan tetap terpenuhi.

Tips 3. Hindarilah Makanan yang Bersantan

Makanan-makanan yang mengandung santan wajib Anda hindari terlebih dulu selama Bulan Ramadhan ini berlangsung. Karena santan ternyata tidak bagus loh untuk kesehatan sistem pencernaan kita. Tetapi sayangnya ada begitu banyak kuliner khas Nusantara yang memakai santan sebagai bumbu dasarnya. Santan banyak digunakan dalam olahan minuman dan makanan khas Indonesia seperti opor, sayur lodeh, dan kolak. Makanan berkuah santan sebaiknya dihindari karena mampu meningkatkan produksi asam lambung. Alhasil, perut anda akan dibuat nyeri setelah mencicipi hidangan berkuah santan.

Tips 4. Hindari Makanan yang Pedas dan Sambal

Sama halnya seperti makanan yang mengandung santan, para penderita maag juga harus menghindari makanan-makanan yang pedas untuk sementara waktu. Apalagi untuk sambal, benar-benar Anda tidak diperbolehkan memakannya selama Bulan Ramadhan ini. Makanan yang pedas memang memiliki rasa yang lebih nikmat ya. Tetapi demi supaya kesehatan tetap terjaga, Anda harus rela berhenti memakan sambal dan kawan-kawannya ini dulu. Sebab kuah pedas ternyata bisa memicu produksi asam lambung semakin banyak. Makanan ini juga kurang baik untuk kesehatan sebab bisa menyebabkan diare.

Tips 5. Hindari Minuman Dingin, Es, dan Lain-lain

Meskipun sensasi berbuka puasa dengan meminum minuman dingin dan es terasa nikmat sekali, tetapi bagi penderita maag seperti Anda sebaiknya menghindarinya untuk sementara waktu. Apa penyebabnya sih? Karena minuman es akan mengagetkan tubuh Anda, terutama di bagian sistem pencernaan. Sistem tubuh Anda yang masih dalam keadaan lemah karena baru saja menjalankan ibadah puasa membuatnya tidak mampu menyesuaikan diri dengan suhu minuman es yang sangat dingin tersebut. Jadinya adalah kesehatan tubuh Anda pun akan langsung drop.

Tips 6. Stop Meminum Kopi Terlebih Dahulu

Minuman kopi merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari oleh para penderita maag seperti Anda. Pasalnya minuman kopi ini terbukti dapat memicu produksi asam di dalam lambung dalam jumlah yang lebih banyak. Walaupun sudah tahu kopi merupakan sebuah pantangan, tetapi kadang-kadang orang masih melanggarnya beberapa kali. Namun selama Bulan Ramadhan ini, Anda harus benar-benar menjauhi minuman kopi. Jangan pernah sekali-kali melirik ke minuman berkafein ini karena berbahaya bagi Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa meminum teh yang lebih menyehatkan.

Tips 7. Jangan Terlambat Berbuka Puasa Ya

Pada umumnya penyakit maag dialami oleh seseorang yang memiliki gaya hidup buruk, terutama pola makannya. Mereka sering menunda-nunda makan untuk melakukan suatu pekerjaan yang lebih penting menurutnya. Padahal makan juga termasuk aktivitas yang sangat penting. Tubuh kita benar-benar perlu makanan sebagai bahan bakar. Oleh karena itu, ketika tiba waktunya untuk makan, Adan harus segera makan meskipun dalam porsi yang kecil. Jangan pernah menganiaya diri Anda sendiri. Sayangilah tubuh Anda dengan memberlakukan pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Tips 8. Usahakan Makan Sahur Setiap Hari

Sahur merupakan aktivitas makan pada dini hari yang dilakukan menjelang tiba waktunya imsak. Tujuan utamanya yaitu memberikan bekal makanan yang cukup ke dalam tubuh Anda. Di Indosia sendiri, sahur biasanya dilakukan pada pukul 3-4 pagi. Terbayangkan bagaimana rasanya kita harus bangun pada pagi buta untuk menikmati sajian makanan sebagai bekal berpuasa? Walaupun rasanya memang tidak begitu mengenakkan, tetapi usahakan Anda untuk melakukan sahur setiap hari. Sebisa mungkin buanglah rasa malas Anda untuk bangun pada dini hari. Ingat, perut Anda butuh bekal makanan!

Tips 9. Segera Minum Obat Anti-Maag

Berdasarkan pengalaman pribadi nih, umumnya tubuh kita akan merasa baik-baik saja pada awal waktu berpuasa. Tubuh kita tetap terasa sehat tanpa mengalami keluhan apapun. Barulah ketika memasuki pertengahan Bulan Ramadhan, gangguan pencernaan di perut itu akan muncul secara perlahan-lahan. Perut akan terasa perih sekali akibat penyakit maag yang kambuh. Kadang-kadang diikuti dengan rasa mual, lemas, dan sakit kepala. Untuk mencegah kondisi buruk ini terjadi, sebaiknya Anda mulai rutin meminum obat maag setelah berpuasa selama seminggu. Tidak perlu minum obat setiap hari ya. Cukup setiap 2-3 hari sekali saja niscaya penyakit maag dapat dihindari.