7 Software Anti Virus Gratis, Ringan, dan Terbaik untuk Komputer

Kalau Anda merupakan seorang pengguna komputer yang berbasis sistem operasi Windows, komputer Anda tersebut sebenarnya tidak benar-benar seratus persen terlindungi oleh perangkat keamanan yang sudah tertanam di dalamnya loh. Ada banyak software antivirus tambahan yang dapat diandalkan untuk memberikan perlindungan yang maksimal kepada komputer milik Anda. Kabar baiknya adalah sebagian besar antivirus tadi dibanderol dengan harga Rp 0,- alias gratis. Kami sendiri sudah mencoba setidaknya 10 antivirus gratisan sehingga bisa menentukan manakah yang kinerjanya paling bagus.

Namun apabila Anda merupakan seorang pengguna komputer yang normal, dalam artian Anda memakai komputer tersebut hanya untuk mendukung pekerjaan saja serta tidak pernah mengakses website yang aneh-aneh, maka sebenarnya komputer Anda sama sekali tidak membutuhkan antivirus tambahan ini. Windows Defender yang terinstal di dalam komputer tersebut secara default sudah lebih dari mumpuni untuk melindungi gadget Anda. Percayalah sebab kami sudah membuktikannya sendiri selama lebih dari 10 tahun dan tidak terjadi keluhan apapun pada komputer ujicoba tersebut.

Di bawah ini ialah daftar antivirus gratis dan terbaik versi Arafuru yang kami urutkan mulai dari antivirus yang memiliki performa paling memuaskan dan fiturnya sangat komplit. Silakan Anda bisa mencobanya langsung untuk dapat membuktikan sendiri kinerja dari antivirus tersebut.

AVAST

Avast merupakan antivirus gratis yang menurut kami paling bagus performanya dibandingkan dengan antivirus gratisan yang lain. Alasan utamanya adalah Avast mempunyai ragam fitur bawaan yang sangat banyak. Ini merupakan sebuah kabar yang menggembirakan mengingat software tersebut dapat dipakai secara gratis. Antivirus yang satu ini telah dibekali dengan malware scan, malicious url blocking, phising protection, behaviour-based detection, serta vulnerability scan loh. Dengan fitur-fitur tersebut, sistem keamanan di dalam komputer Anda pun bakal jauh lebih terjamin.

AVG

Di posisi kedua, kami menempatkan AVG sebagai jawaranya. AVG 2020 tampil semakin menarik dengan tampilan antarmuka yang baru dan beberapa teknologi perlindungan komputer yang belum pernah ada sebelumnya. Anda yang membutuhkan sistem proteksi yang lebih canggih silakan mencoba menginstal AVG ini. AVG mempunyai kemampuan yang sangat hebat dalam melakukan malware scan, malicious url blocking, phising protection, dan behaviour-based detection. Anda benar-benar harus mencobanya ke dalam komputer Anda. Sehingga komputer tersebut pun menjadi lebih aman.

BITDEFENDER

Antivirus terbaik ketiga yang juga dapat Anda gunakan secara cuma-cuma ialah Bitdefender. Antivirus ini sebenarnya hadir dalam dua versi yaitu gratis serta berbayar. Tetapi perbedaan fitur yang ada di dalam kedua versi tersebut tidak terlalu mencolok. Bitdefender versi gratis kami rasa sudah cukup mumpuni untuk memberikan perlindungan terhadap komputer Anda dengan penggunaan yang standar. Fitur yang dimiliki oleh Bitdefender tak jauh berbeda dengan Avast ataupun AVG. Jadi tidak ada salahnya bagi Anda untuk menginstal Bitdefender di komputer dan merasakan kemampuannya.

KASPERSKY

Kaspersky menawarkan kemampuan scanning secara menyeluruh terhadap semua file yang tersimpan pada harddisk komputer Anda. Hal ini membuatnya mampu memberikan perlindungan keamanan yang luar biasa. Bahkan dalam beberapa survei yang telah dilakukan oleh lembaga independen menyebutkan perlindungan yang diberikan oleh Kaspersky terhadap serangan malware mempunyai sekor yang sangat baik. Kaspersky ini sudah ditanami fitur-fitur yang dibutuhkan oleh semua antivirus komputer, kecuali behaviour-based detection dan vulnerability scan. Ini seperti antivirus yang sempurna.

AVIRA

Anda yang saat ini menggunakan Avira harus berbangga hati sebab antivirus kesayangan Anda tersebut menempati posisi kelima sebagai antivirus gratis terbaik menuru kami. Meski software ini benar-benar dapat diandalkan dalam melindungi keamanan data di komputer, tapi kinerjanya saat melakukan proses scanning masih terbilang cukup lambat. Fitur perlindungan terhadap komputer yang dimiliki pun hanya sanggup bekerja kalau dikombinasikan dengan Firefox atau Chrome saja. Sejumlah fitur unggulan yang terdapat di Avira di antaranya malware scan, malicious url blocking, dan phising protection.

COMODO

Bagi Anda yang ingin menjajal kemampuan antivirus lain, kami sarankan cobalah Comodo Free Antivirus. Berbeda dari versi sebelumnya, Comodo yang diluncurkan pada tahun ini mempunyai desain tampilan yang baru. Dari sekian banyaknya fitur yang tertanam di dalamnya, fitur malware scan and blocking yang paling menarik perhatian. Performanya sangat tangguh, luar biasa, serta mampu menandingi software-software antivirus kenamaan yang sudah hadir sebelumnya. Ini merupakan produk antivirus rilisan baru yang menurut kami akan menjadi sebuah bintang di masa yang akan datang.

PANDA

Di posisi paling bontot, kami menempatkan Panda Free Antivirus berkat kemampuannya yang juga bisa diandalkan. Software ini hadir dengan tampilan antarmuka yang sangat atraktif dan pasti akan membuat Anda terpesona dibuatnya. Fitur mutakhir yang menjadi andalan utama dari antivirus Panda ini adalah kemampuannya dalam menganalisa keamanan perangkat-perangkat yang terkoneksi dengan port USB sangat baik. Antivirus ini bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif ketika antivirus-antivirus yang lain tidak mampu mengatasi serangan malware, spyware, atau adware di dalam komputer Anda.