8 Manfaat Baik Daun Bayam bagi Orang yang Sedang Berpuasa

Bayam memiliki nama latin Amaranthus. Ini merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk diambil daunnya. Daun bayam dapat dikonsumsi sebagai sayuran hijau. Di dalam daun ini tersimpan zat besi yang bermanfaat bagi tubuh. Dikenal dua jenis bayam sayur antara lain bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik memiliki daun yang lebar, tumbuh tegak dan besar hingga mencapai 2 meter, serta daun mudanya saja yang dimakan. Sementara itu, daun cabut berukuran lebih kecil dan ditanam dalam waktu yang lebih singkat. Kalau bayam petik untuk lalapan, bayam cabut umumnya dibuat sup atau bobor.

Tanaman bayam dikenal sebagai salah satu tanaman yang gampang dibudidayakan. Sayuran ini mampu tumbuh subur sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Budidaya bayam cabut khususnya hanya membutuhkan waktu selama 25 hari saja. Setelah itu, tanaman bayam tersebut langsung dapat dipanen. Hebatnya lagi nih di balik perawatannya yang mudah sekali, ternyata daun bayam banyak mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita loh. Kandungan nutrisi yang paling menonjol tentunya adalah zat besi yang memang paling tinggi dibandingkan sayur-mayur yang lainnya.

Sumber Vitamin dan Mineral

Bayam adalah sumber vitamin dan mineral yang berguna untuk mengembalikan energi kita, menjaga kesehatan kulit, dan memperlancar aliran darah. Terutama yaitu kandungan zat besi di dalam bayam yang membantu proses pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh sehingga aliran sel darah merah pun menjadi lancar. Selain itu bayam juga mengandung vitamin A, D, E, dan K yang komplit. Seperti kita tahu, vitamin K sangat berguna untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Dalam 100 gram daun bayam terkandung di dalamnya 23 kalori, 3 gram protein, 4 gram karbohidrat, dan 2 gram serat.

Sumber Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 merupakan zat yang berperan penting untuk menjaga kinerja otak. Dibandingkan dengan ikan salmon dan buah kiwi, bayam merupakan sumber asam lemak omega 3 yang harganya lebih terjangkau. Sayuran ini tersedia di mana-mana, baik pasar tradisional maupun supermarket. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan murah. Saati ini harga seikat bayam sekitar Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per ikatnya. Dengan mengonsumsi bayam secara rutin, Anda akan terhindar dari gangguan ingatan dan masalah syaraf.

Anti-kanker dan Anti-inflamasi

Bayam mengandung senyawa flavonoid yang bermanfaat sebagai anti-kanker dan anti-inflamasi. Bahkan dalam suatu penelitian tentang kanker prostat disebutkan bahwa bayam mampu melindungi tubuh dari kanker prostat dengan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan brokoli dan kubis. Bayam bisa Anda gunakan sebagai terapi herbal untuk mencegah serangan penyakit kanker. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Selain dimasak menjadi sup, bayam juga bisa dijadikan pecel, gado-gado, urap, dan keripik.

Berkhasiat Bagi Penderita Anemia

Bagi Anda yang saat ini tengah menderita anemia alias tekanan darah rendah, kami rekomendasikan untuk memperbanyak dalam mengonsumi sayur bayam. Pasalnya bayam ini ternyata bagus sekali loh untuk penderita anemia. Bayam mampu meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh kita. Hal ini tak terlepas dari kandungan zat besi di dalam bayam. Kandungan besi pada bayam relatif lebih tinggi. Zat besi merupakan penyusun sitokrom yakni protein yang terlibat dalam proses fotosintesis. Sehingga bayam memiliki khasiat yang baik untuk penderita anemia.

Menjaga Kesehatan Mata

Tidak jauh berbeda dengan wortel, bayam juga mengandung betakaroten yang baik untuk kesehatan mata. Penyakit mata yang serius seperti degenerasi makula dan katarak pun bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang sering mengalami keluhan mata, biasakanlah mengonsumsi sayur bayam ya. Penyerapan kandungan gizi pada daun bayam yang dibuat menjadi sup atau dimasak bobor akan lebih maksimal manakala Anda memakannya bersama dengan kuahnya juga. Rasanya dijamin nikmat kok.

Membantu Diet Seimbang

Bayam mengandung zat besi dalam jumlah yang paling banyak di antara sayuran-sayuran lainnya. Zat ini juga bermanfaat sekali untuk mencegah timbulnya gejala anemia pada saat Anda melakukan diet. Jadi tenaga Anda pun dapat terjaga dengan baik apabila Anda memperbanyak memakan daun bayam ketika sedang menjalankan program diet. Bahkan untuk ibu hamil, sayuran ini aman dipakai untuk mencegah timbulnya tekanan darah rendah loh. Jadi mulai dari sekarang tak ada lagi alasan untuk tidak memakan sayur bayam sampai habis ya.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Bayam merupakan sayuran hijau yang mengandung nilai nutrisi yang sangat tinggi. Faktanya adalah di dalam satu mangkuk kecil bayam segar terkandung zat kalsium yang mampu mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda selama dua hari berturut-turut. Perlu Anda ketahui, kalsium dan juga magnesium ini sangat berguna untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi. Jadi bagi Anda yang mengalami gangguan osteoporosis, Anda bisa menerapi diri dengan mengonsumsi daun bayam secara rutin. Hal ini semata-mata dilakukan untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi Anda.

Bagus untuk Sistem Pencernaan

Selain berguna untuk mempertahankan kesehatan mata, bayam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh kita. Bayam mampu melindungi lapisan mucus di lambung serta mengatasi terjadinya konstipasi. Dengan kata lain, bayam juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit maag. Selain itu, bayam merah juga bisa digunakan untuk membersihkan kondisi di usus besar dari racun-racun yang menumpuk. Rutin mengonsumsi sayur bayam akan membuat sistem pencernaan di dalam tubuh senantiasa terjaga dengan baik.