7 Cara Cerdas Membedakan iPhone Asli dan Palsu

4. Amati Warna Casing Depan dan Belakang

Perlu diketahui, bahwa pada casing iPhone asli terdapat lapisan kaca di permukaannya sehingga membuat warna yang muncul terlihat cerah dan jelas. Sementara itu, lapisan yang digunakan pada iPhone palsu adalah plastik dan nampak kusam. Itu sebabnya, anda perlu mengamati dengan jelas bagaimana kondisi casing depan dan belakang. Cek juga ada tidaknya goresan di bagian casing ini.

5. Periksa Semua Fungsi di iPhone

Jika pihak penjual mengijinkan, anda dapat menyalakan iPhone yang ditawarkannya. Beberapa fitur yang wajib dicoba misalnya kamera depan belakang, tombol-tombol pelengkap, proximity sensor, touchscreen, dan sebagainya. Pada iPhone yang dipalsukan, terkadang ada beberapa fitur yang sudah tidak berfungsi normal lagi.

6. Cek dengan iTunes

Seperti kita ketahui, Apple telah menyediakan iTunes khusus untuk pengguna iPhone, iPad, dan iPod. Karenanya, anda dapat memeriksakan keaslian produk ponsel pintar yang hendak dibeli tersebut dengan menghubungkannya ke iTunes melalui perantara komputer/laptop yang dilengkapi sambungan internet. Jika smartphone tersebut memang benar asli iPhone, maka sistem di iTunes secara otomatis akan mengenalinya.

7. Ajak Teman yang Telah Memiliki iPhone

Setiap orang yang sehari-hari terbiasa ditemani iPhone, pasti akan lebih mudah mengenali apakah produk tersebut asli atau bukan. Bila anda mempunyai kerabat yang sudah mempunyai iPhone sebelumnya, ajaklah dia. Mintalah dia untuk memilihkan iPhone asli yang hendak anda beli.