9 Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu untuk Pemula Banget

Smartphone dengan merek iPhone mempunyai penggemar yang super banyak. Kendati harganya mahal, tapi smartphone ini sangat digemari oleh kalangan menengah ke atas. Hal ini disebabkan produk iPhone memang tidak hanya menawarkan perangkat ponsel saja, namun juga gaya hidup. Sebagai smartphone kelas tinggi dan banyak dicari, banyak oknum yang memalsukan iPhone demi keuntungan pribadi. Tentu sasaran utamanya adalah masyarakat berkantung tebal yang awam dan ingin mempunyai produk ponsel canggih buatan Apple yang satu ini. Anda harus ekstra berhati-hati.

Terdapat berbagai modus yang digunakan oleh penjual nakal untuk mengelabui calon pembeli. Misalnya saja modus yang sering digunakan adalah mengganti casing baru, sehingga kondisi ponsel nampak mulus serta usia mesin di dalamnya tidak terdeteksi dari luar. Sementara penjual yang lainnya suka mengganti casing iPhone asli dengan casing palsu. Maklum saja casing iPhone pun memiliki harga jual yang mahal. Malahan yang lebih parah lagi ialah oknum penjual yang menawarkan produk iPhone tiruan/palsu yang dikatakan sebagai iPhone original. Tentu kualitasnya masih kalah jauh.

Biar Anda tak tertipu oleh trik licin dari para oknum penjual iPhone yang nakal ini, sebaiknya Anda mesti mempelajari perbedaan-perbedaan antara iPhone asli dan iPhone palsu. Yap, meskipun iPhone palsu ini sudah dibuat sedemikian rupa agar menyerupai iPhone asli, kenyataannya masih banyak perbedaannya kok. Nah, kita dapat mengenalinya melalui beberapa perbedaan yang ada pada kedua produk tersebut!

iPhone Asli Hanya Dijual di Toko Ternama

Jikalau bisa sih, hindari membeli ponsel mewah sekelas iPhone di counter pinggir jalan yang kualitasnya masih dipertanyakan. Jauh lebih bagus bila Anda membelinya di counter resmi yang menjalin kerjasama dengan Apple. Walaupun ada beberapa counter kaki lima yang menyediakan produk iPhone asli, namun jumlahnya sangat sedikit. Hal ini dikarenakan harga setiap unit iPhone memang mahal sekali dan cukup susah untuk menjalin kerjasama dengan Apple. Jadi lebih bagus Anda membeli iPhone di toko resminya karena keasliannya pasti akan benar-benar terjamin.

iPhone Asli Pasti Mempunyai App Store Ya!

Apakah faktor terpenting yang membedakan antara iPhone asli dan iPhone tiruan? Jawabannya adalah App Store. Ya, cuma iPhone asli saja yang mempunyai App Store. Produk iPhone palsu tak bisa memiliki aplikasi toko App Store ini karena sistem operasinya tidak menggunakan iOS, melainkan Android. iPhone palsu tersebut jadi hanya memiliki Play Store saja. Tapi kadang-kadang penipu mengubah tampilan Play Store ini sehingga memiliki icon dan nama seperti App Store. Untuk memastikan apakah itu merupakan App Store asli atau cuma tiruan, Anda bisa membuka aplikasi tersebut dan mengecek isinya.

Cuma iPhone Asli yang Mempunyai Fitur Siri

Fitur istimewa berikutnya yang hanya dimiliki oleh produk iPhone asli adalah Siri. Apakah Siri itu? Siri ini adalah asisten digital yang melengkapi setiap iPhone. Hanya paroduk iPhone asli saja yang memilikinya. Siri secara otomatis akan terpasang manakala kita menginstal sistem operasi iOS 12 ke atas. Jadi, hanya iPhone 4S ke atas saja yang memiliki Siri. Sedangkan iPhone versi 4 ke bawah tidak memilikinya. Begitu pula dengan produk iPhone palsu pun pasti tidak mempunyai Siri. Di Android OS sendiri terdapat asisten sendiri yang bernama Google Assistance. Anda jangan sampai tertipu ya.

Apakah itu Merupakan iPhone Bekas Pakai?

Setelah penjual menyerahkan produk iPhone jualannya ke tangan Anda, jangan lekas terpukau dengan desain iPhone tersebut ya. Tetap konsentrasi dan perhatikan betul kondisi fisiknya. Selanjutnya, cobalah menyalakan iPhone ini, dan cari tahu apakah ada bekas pemakaian di sana. Hal ini dapat dilihat dari ada tidaknya jejak SMS dan telpon, rekaman history di browser, adanya aplikasi tambahan, dan sebagainya. Produk iPhone yang baru tentunya sama sekali tidak mempunyai bekas catatan apapun. Sedangkan bila ada suatu catatan sedikit saja di iPhone tersebut, artinya bisa jadi iPhone tadi sudah dimodifikasi.

Pastikan Bezel iPhone Terbuat dari Logam

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, salah satu modus yang paling banyak digunakan untuk memalsukan iPhone adalah dengan mengganti casing. Untuk mendeteksi hal ini, Anda dapat mengamati bagian bezel atau yang sering didefinisikan sebagai frame atau rangka luar di sekeliling layar iPhone tadi. Bezel iPhone asli terbuat dari logam dan sangat mengkilap. Anda tak boleh sampai tertipu dengan bezel yang melengkapi produk iPhone palsu ya. Umumnya produk iPhone palsu menggunakan bezel berbahan plastik keras, cenderung kusam, dan tidak terlalu mengkilap.

Amati Warna Casing Depan dan Belakang

Aspek lainnya yang membedakan antara iPhone original atau palsu yaitu casing. Pada casing iPhone asli, terdapat lapisan kaca di permukaannya sehingga membuat warna yang muncul terlihat cerah dan jelas. Dengan casing kaca ini, produk tersebut juga nampak begitu eksklusif dan mewah. Bobotnya juga lebih berat daripada smartphone buatan merek lainnya. Sementara itu bahan casing yang dipakai oleh iPhone palsu adalah plastik. Meskipun awalnya jernih, lama-kelamaan casing tersebut akan kusam. Anda harus mengamati dengan jelas bagaimana kondisi casing depan dan belakang tersebut.

 Periksalah Fitur-fitur di Dalam iPhone Ini

Jika pihak penjual mengijinkan, Anda dapat menyalakan iPhone yang ditawarkannya. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk memeriksa keaslian iPhone tersebut melalui fitur-fitur yang dimilikinya. Adapun fitur-fitur yang wajib dicoba untuk mengenali keaslian misalnya kamera depan belakang, tombol-tombol pelengkap, proximity sensor, touchscreen, dan sebagainya. Pada iPhone yang dipalsukan, terkadang ada beberapa fitur yang kinerjanya sangat payah atau sudah tidak berfungsi normal lagi. Sedangkan fitur di perangkat iPhone asli pasti akan benar-benar bagus. Kameranya saja sangat jernih dan tajam.

Periksa Keasliannya Menggunakan iTunes

Seperti kita ketahui, Apple sudah menyediakan iTunes khusus untuk pengguna iPhone, iPad, serta iPod. Hanya perangkat asli buatan Apple saja yang bisa tersambung dengan iTunes ini. Karenanya Anda dapat memeriksakan keaslian produk ponsel pintar yang ingin dibeli tersebut apakah benar-benar iPhone asli atau tiruan dengan menghubungkannya pada software iTunes melalui perantara komputer/laptop yang dilengkapi sambungan internet. Kalau smartphone tersebut memang benar asli iPhone, maka sistem di iTunes secara otomatis akan mengenalinya dengan baik dan benar, serta menunjukkan serial nomornya.

Ajak Teman yang Telah Memiliki iPhone

Setiap orang yang sehari-hari sudah terbiasa ditemani iPhone pasti akan lebih mudah mengenali apakah produk tersebut asli atau bukan. Jadi apabila Anda mempunyai kerabat yang sudah mempunyai iPhone sebelumnya, maka ajaklah dia ketika Anda ingin membeli iPhone. Mintalah dia untuk memilihkan iPhone asli yang hendak Anda beli. Kami yakin deh dia pasti mampu memastikan apakah iPhone tersebut benar-benar asli atau cuma perangkat tiruan saja dengan mudahnya karena memang sudah terbiasa memakai perangkat iPhone. Jangan lupa untuk mentraktirnya sebelum pulang ya!