6 Tips Merawat Perhiasan Emas Sendiri Agar Tetap Mengkilap

Emas paling banyak digunakan sebagai bahan baku pembuat perhiasan. Walau pesonanya begitu indah, tetapi emas mempunyai harga yang cukup terjangkau. Oleh karena itu, perhiasan emas ini laris-manis di pasaran. Emas juga merupakan simbol dari cinta yang abadi. Hal ini tidak terlepas dari kilaunya yang tak lekang oleh waktu sehingga bisa diwariskan ke generasi berikutnya. Tentunya emas tersebut harus Anda rawat dengan baik supaya tampilannya tidak menjadi kusam. Yap, meskipun waktu terus berlalu, namun perhiasan emas yang dirawat dengan tepat ini akan senantiasa tetap nampak berkilau.

Pastinya Anda juga mempunyai banyak koleksi perhiasan emas di rumah, kan? Sebelum pesona emas-emas tersebut memudar, ada baiknya Anda merawatnya mulai dari sekarang. Perhiasan emas ini wajib Anda rawat dengan benar secara rutin supaya pesonanya akan selalu terjaga. Tetapi, bagaimana caranya merawat emas yang tepat itu dilakukan? Sebab faktanya proses perawatan emas ini memang butuh trik tersendiri. Jika Anda sampai merawatnya dengan keliru, maka perhiasan tersebut justru akan rusak atau warnanya memudar. Akibatnya perhiasan emas Anda menjadi tidak terlihat menarik lagi.

Merawat perhiasan emas memang membutuhkan trik khusus. Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini untuk dapat merawat perhiasan tersebut dengan tepat sehingga pesonanya bakal senantiasa terjaga. Dengan rutin merawatnya, maka perhiasan Anda pasti akan tetap kelihatan menarik!

Hati-hati Ketika Mengenakannya

Meskipun mempunyai wujud yang padat dan keras, tapi perhiasan emas bisa tergores dan penyok kalau diperlakukan dengan kasar. Apalagi pada model perhiasan emas yang digunakan di tangan seperti cincin dan gelang. Karena rentan terhadap aktivitas kasar, perhiasan jenis ini biasanya bakal lebih cepat rusak. Kami sarankan ke Anda melepas perhiasan sebelum mencuci, memasak, serta melakukan kegiatan berat lainnya. Jangan biarkan deh perhiasan emas Anda tersebut mengalami kerusakan akibat keteledoran diri Anda sendiri sebab bakalan susah untuk memperbaikinya.

Jauhkan Perhiasan Ini dari Klorin

Berhati-hatilah terhadap kandungan zat kimia yang ada di suatu tempat. Musuh utama dari emas adalah klorin. Apabila perhiasan terkena klorin secara terus-menerus, besar kemungkinan akan mengakibatkan kerusakan pada perhiasan tersebut. Tidak hanya membuat tampilannya menjadi kusam saja, tapi klorin ini juga dapat mengikis perhiasan emas secara perlahan-lahan. Jadi selalu jauhkan perhiasan emas Anda dari produk pembersih yang mengandung klorin, dan pastikan Anda melepas semua perhiasan saat ingin masuk ke kolam renang. Anda harus membuatnya bebas dari klorin.

Hindarkan Emas dari Bahan Asam

Selain klorin, emas juga sangat rentan dengan bahan-bahan yang bersifat asam. Kalau Anda membiarkan perhiasan ini sampai terkena zat asam dalam waktu yang cukup lama, maka perhiasan tersebut pasti aka terkikis. Zat asam ini biasanya terkandung di dalam produk pembersih rumah, sabun cuci piring, ataupun deterjen pakaian. Lebih baik Anda melepaskan semua perhiasan saat ingin membersihkan rumah supaya tidak terkena zat asam ini. Kalau tetap mau memakainya, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan yang berbahan karet ya agar perhiasan emas Anda tetap terlindungi.

Bersihkan Perhiasan Secara Rutin

Kilau emas juga akan semakin berkurang jika terkena make up, debu, kotoran, dan keringat secara terus-menerus. Karena itu, penting sekali bagi Anda untuk membersihkan perhiasan tersebut dengan teratur. Bagaimana cara membersihkan perhiasan emas? Anda dapat membersihkannya memakai sikat gigi/busa halus, pasta gigi, dan air hangat. Cukup sikati perhiasan emas secara merata ya. Bolehlah sekali-kali Anda juga membawa  ke jasa pembersih profesional untuk mengembalikan kilau perhiasan Anda seperti baru. Pokoknya jangan biarkan perhiasan ini sampai terserang noda membandel.

Simpan dengan Cara yang Tepat

Menyimpan perhiasan emas dengan tepat termasuk salah satu metode yang bisa dipakai untuk menjaga kualitas perhiasan yang Anda miliki. Pastikan perhiasan tersebut terlindung dengan aman di dalam kotak perhiasan atau di dalam kain berserat lembut. Menyimpan perhiasan secara terpisah atau sendiri-sendiri dapat mengurangi resiko terjadinya goresan ataupun rusak akibat perhiasan ini yang saling bertubrukan. Kalau Anda mempunyai koleksi emas yang cukup banyak, kami sarankan untuk membuat lemari khusus yang berfungsi sebagai tempat penyimpanannya. Dengan begini, perhiasan Anda akan tetap aman.

Cepat Perbaiki Kerusakannya Ya!

Periksa kondisi fisik perhiasan emas Anda secara rutin. Apabila ditemukan kerusakan, segera bawalah ke jasa profesional untuk memperbaikinya ya. Menunda-nunda untuk memperbaikinya justru akan berisiko menghilangkan bagian-bagian yang rusak tersebut karena ukurannya yang sangat kecil. Jadi Anda harus memperbaikinya sesegera mungkin ya. Berikanlah perhatian yang lebih pada bagian jepitan atau pengait perhiasan tersebut, hiasan anting-anting, dan liontin. Mengapa? Karena bagian ini biasanya yang paling rentan terputus. Anda harus memegangnya dengan ekstra hati-hati.