Tips agar Kuat Puasa Ramadhan untuk Pekerja Berat di Proyek Bangunan

Hukum puasa (saum) di Bulan Ramadhan adalah wajib untuk setiap individu (fardhu ‘ain). Semua orang yang beragama islam wajib menunaikan ibadah yang satu ini. Artinya setiap orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala dan kalau tidak mengerjakannya akan berdosa. Pengecualian untuk anak kecil yang belum baligh, musafir, orang sakit, orang tua, wanita hamil, dan wanita menyusui diperbolehkan tidak berpuasa. Jadi Anda yang bekerja pun wajib menjalankan ibadah puasa dengan baik ya.

Kata puasa sendiri berasal dari bahasa arab yaitu ash syiam yang artinya menahan diri. Maksudnya ialah puasa merupakan sebuah ibadah yang dilaksanakan dengan menahan diri dari hawa nafsu dan semua faktor yang bisa membatalkan puasa sejak terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari dengan syarat-syarat tertentu yang sifatnya mengikat. Adapun beberapa syarat tersebut antara lain islam, baligh, sehat jasmani dan rohani, serta suci dari haid dan nifas. Anda mesti mencermatinya dengan seksama.

Sebagai seorang yang memiliki mata pencaharian di proyek bangunan, kita juga wajib berpuasa di Bulan Ramadhan. Lelah, letih, dan tidak bertenaga merupakan beberapa alasan yang paling sering dilontarkan oleh pekerja bangunan untuk tidak berpuasa. Patut disadari bahwa pekerjaan di bidang pembangunan bukanlah pekerjaan yang paling melelahkan di dunia. Masih banyak pekerjaan di bidang lain yang jauh lebih berat. Hebatnya mereka yang bekerja di bidang tersebut tetap sanggup berpuasa.

Jadi seharusnya tidak alasan bagi kita untuk tidak berpuasa selama Bulan Ramadhan. Apalagi Allah SWT telah memberikan nikmat yang begitu luar biasa bagi kita setiap hari. Dengan tidak menunaikan puasa, apakah kita tidak malu kepada-Nya? Oleh sebab itu, marilah kita memantapkan niat dan diri kita untuk bisa berpuasa dengan baik di Bulan Ramadhan pada tahun ini. Kami sendiri punya kiat-kiat berpuasa khusus untuk para pekerja di bidang arsitektur dan pembangunan seperti Anda.

Yakinlah Puasa adalah Kebutuhan!

Secara hukum, puasa memang sebuah kewajiban yang mau tidak mau harus dilakukan oleh semua umat islam di seluruh dunia. Tapi sayangnya pikiran kebanyakan orang seperti langsung membentuk mindset untuk bermalas-malasan ketika mendengar kata wajib. Nah untuk menghindari timbulnya mindset seperti ini, ubahlah kata wajib menjadi butuh. Yap, Anda sendiri lah yang membutuhkan puasa untuk menyeimbangkan jasmani dan rohani. Puasa bukanlah sebuah kewajiban melainkan kebutuhan bagi Anda. Sehingga tidak ada seorang pun atau apapun yang mampu melarang Anda untuk menunaikannya.

Bekerja sambil Berpuasa, Pahalanya Dobel!

Bekerja pada dasarnya merupakan salah satu ibadah, baik tujuannya untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri maupun orang-orang yang menjadi tanggungan kita. Apalagi kalau sewaktu bekerja dibarengi dengan berpuasa sepenuh hati, pastilah pahala yang akan Anda dapatkan akan berlipat ganda. Jangan katakan Anda sudah cukup satu pahala saja dan tidak perlu dobel ya. Pahala tidak hanya berguna untuk menyelamatkan diri kita saat di akhirat dari api neraka kelak di akhir nanti, tetapi pahala juga mampu membuat kita menjadi seseorang yang sukses di dunia. Anda pasti mau kan sukses di dunia dan akherat?

Bekali Diri dengan Nutrisi yang Lebih Banyak

Anda harus bersikap mawas diri sebagai pekerja bangunan. Sadarlah bahwa pekerjaan yang harus Anda selesaikan itu tergolong berat sehingga membutuhkan tenaga dan konsentrasi yang ekstra keras. Salah satu bekal yang perlu disiapkan yakni mengonsumsi nutrisi yang lebih kompleks daripada hari biasanya supaya kuat berpuasa di hari esok. Bila perlu, konsumsi pula vitamin dan suplemen tambahan. Untuk sementara waktu, stop dulu kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menimbulkan masalah di sistem pencernaan tubuh Anda. Dan yang paling penting Anda harus bersitirahat yang cukup.

Maksimalkan Waktu secara Tepat!

Salah satu kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan oleh seorang pekerjaan bangunan adalah tidak memaksimalkan waktu dengan baik. Mereka asal-asalan dalam menggunakan waktu. Padahal waktu itu jauh lebih berharga daripada uang. Waktu ibarat pedang yang dapat menghunus siapa saja. Saran kami gunakanlah waktu sebaik mungkin. Ketika sedang bekerja, maka bekerjalah dengan tekun. Sesekali boleh bercanda dengan sesama pekerja asalkan jangan berlebihan supaya tidak menguras tenaga yang banyak. Begitu pula saat tiba waktunya istirahat, beristirahatlah dengan benar. Disarankan pada saat momen beristirahat ini, sebaiknya Anda pakai untuk tidur guna mengembalikan stamina tubuh.

Jangan Lupa Gembira ya!

Puasa merupakan ibadah yang sangat menyenangkan. Kapan lagi kita bisa makan bersama saat dini hari atau berbuka puasa bareng ramai-ramai kalau bukan di Bulan Ramadhan? Di bulan yang penuh rahmat ini, kita juga akan dibuat takjub dengan berbagai keajaiban-keajaiban yang seperti datang tak ada henti-hentinnya kepada diri kita. Tali silaturahmi pun akan semakin erat. Ciptakan suasana yang bahagia agar waktu berpuasa tidak terasa. Bergembiralah saat berpuasa. Nikmati momen-momen yang langka ini. Buatlah puasa di tahun ini sebagai puasa terbaik di kehidupan Anda!