8 Kelebihan Lantai Granit dan Keuntungannya untuk Interior Rumah

Awalnya lantai granit cuma digunakan untuk bangunan eksklusif seperti kantor, hotel, restoran, ataupun mall saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ada banyak orang yang akhirnya juga merasa tertarik menggunakan lantai ini di rumahnya. Apa sebabnya? Hal ini karena kesan yang sanggup diciptakan oleh lantai ini berupa tampilan yang begitu mewah. Seketika desain rumah Anda akan terlihat mewah apabila menggunakan lantai granit ini. Kini produk lantai granit banyak tersedia di toko bangunan. Harganya dari mulai Rp 300-500 ribu/m2. Anda juga perlu biaya khusus untuk pemasangannya ya.

Lantai granit pada dasarnya merupakan salah satu jenis batu alam. Ini adalah material alami yang dibuat dari batu granit. Sama halnya seperti batu marmer yang menjadi bahan baku pembuatan lantai marmer, batu granit ini juga banyak tersedia di alam. Cuma untuk membuat tampilan batu tersebut menjadi lebih menarik diperlukan proses pengolahan lanjutan yang begitu panjang. Inilah penyebab utamanya kenapa harga lantai granit ini begitu mahal. Karena memang kenyataannya tak mudah kok untuk mengolah batu granit yang besar dan kusam menjadi lantai granit yang memiliki tekstur halus dan mengkilap.

Lantai granit merupakan salah satu material lantai yang paling tepat untuk Anda pilih bila Anda memang mempunyai budget yang cukup besar. Mutu dan kualitas lantai ini tak akan mengecewakan Anda. Kami jamin deh, Anda pasti bakal merasa puas terhadap lantai granit yang telah dipasang di rumah tersebut. Di bawah ini adalah kelebihan-kelebihan lantai granit, antara lain :

Memiliki Tampilan yang Begitu Mewah

Ingin membuat desain rumah yang mewah, ini merupakan salah satu alasan kenapa seseorang memilih menggunakan lantai granit dibandingkan dengan material lantai yang lainnya. Ia berani membayar lantai granit yang mahal tersebut karena produk yang akan didapatkannya sebanding dengan uang yang sudah dia bayarkan. Yap, lantai granit merupakan salah satu pilihan lantai terbaik untuk rumah mewah. Pilihan lantai yang lainnya Anda bisa menggunakan lantai marmer atau lantai kayu. Dengan kilauan yang dimiliki oleh lantai granit, rumah Anda akan terlihat benar-benar indah dan mewah.

Perawatannya Mudah Sekali Dilakukan

Keunggulan selanjutnya dari lantai granit yaitu lantai ini sangat mudah dirawat. Bahkan lantai granit bisa dibilang merupakan salah satu jenis lantai yang paling gampang dirawat jika dibandingkan dengan lantai yang lainnya. Anda tinggal menyapu dan mengepelnya secara berkala, maka kebersihan serta keindahan lantai ini pun bakal senantiasa tetap terjaga. Lantai granit juga tak memerlukan proses coating berulang-ulang sebagaimana batu alam yang lain. Selain itu, granit juga tidak memiliki pori-pori kecil yang menjadi tempat kesukaan lumut sehingga permukaannya pun lebih mudah dibersihkan.

Mempunyai Daya Tahan yang Tangguh

Strukturnya yang sangat tangguh menjadikan lantai granit ini sebagai salah satu lantai yang tidak mudah rusak. Lantai ini juga sangat awet loh. Bahkan Anda bisa menggunakannya seumur hidup sampai ke anak cucu. Lantai granit mempunyai struktur yang benar-benar tangguh sekali. Lantai ini tidak mudah pecah, retak, atau rusak. Cuma lantai marmer saja yang mampu menyamai ketangguhan dari material granit ini. Jadi wajar sekali kalau harganya pun menjadi selangit, kan? Namun bila dihitung-hitung lagi, lantai granit ini sebenarnya murah kok karena dapat bertahan sampai ratusan tahun lamanya.

Permukaannya Bersifat Anti-Goresan

Anda yang mengaplikasikan lantai rumah dari granit tak perlu khawatir lagi terhadap goresan. Mengapa? Sebab lantai granit merupakan lantai yang bersifat anti-gores. Lantai ini sangat sulit untuk tergores. Jika dibandingkan dengan keramik pun tidak ada apa-apanya. Lantai granit mempunyai daya tahan terhadap goresan yang sangat tinggi. Apa sih penyebabnya? Selain karena memang strukturnya yang sudah benar-benar solid, lantai granit ini juga tak dilapisi glatsur di permukaannya. Hal ini memungkinkan kilauan dan pesona yang dimilikinya akan senantiasa tetap terjaga. Anda bisa mempertimbangkannya.

Dapat Diaplikasikan di Ruangan Apapun

Selain untuk interior rumah, lantai granit juga bisa diaplikasikan di lingkungan eksterior rumah. Misalnya adalah Anda bisa memanfaatkan lantai granit ini untuk dinding eksterior, lantai carport, fasad bangunan, atau lantai teras. Daya tahannya yang tinggi sekali terhadap terik matahari dan air hujan memungkinkan pesona dari lantai granit ini akan tetap terjaga keindahannya. Sebenarnya Anda bahkan bisa memasang lantai granit ini di ruangan apapun. Termasuk di dalam dapur serta kamar mandi. Dengan kekuatan yang dimilikinya, lantai ini akan tetap bagus meskipun berada di ruangan dengan kondisi bagaimanapun.

Mempunyai Daya Dukung yang Kokoh

Sebab pada dasarnya merupakan batu yang terbentuk secara alamiah, maka lantai granit ini mempunyai struktur yang benar-benar tangguh. Begitu pula dengan daya dukung yang dimilikinya pun kokoh sekali. Anda boleh meletakkan barang-barang apapun di atas lantai ini karena lantai granit sanggup menangani setiap beban yang berada di atasnya dengan baik, tentunya barang-barang dan perabotan rumah tangga yang wajar ya. Lantai ini mampu menahan semua benda tersebut tanpa mengalami kerusakan sekalipun. Bahkan untuk sekadar goresan pun, permukaan lantai ini tidak mudah tergores.

Tampilannya Tidak Gampang Menurun

Untuk membuat tampilan lantai granit terlihat lebih menarik, Anda memang perlu memberikan finishing tertentu sesuai dengan tampilan yang diinginkan. Namun Anda tidak perlu khawatir lapisan finishing ini bakal cepat memudar ya. Tenang saja. Lapisan finishing di lantai granit ini tidak mudah mengelupas atau rusak kok. Biasanya sih lapisan finishing tersebut dapat bertahan minimal 10 tahun lamanya. Kemudian untuk menjaga pesona dari lantai granit ini, Anda perlu memberikannya finishing lagi secara teratur. Jadi Anda bakal merasa lebih tenang tatkala menggunakan lantai granit ini di rumah.

Tahan Terhadap Suhu yang Ekstrem

Keunggulan lainnya dari lantai granit adalah lantai ini benar-benar mempunyai sifat yang tangguh sekali. Lantai granit merupakan lantai yang tidak mudah rusak. Bahkan lantai ini pun dapat menangani kondisi suhu yang esktrem sekali pun loh. Begitu pula terhadap risiko kebakaran, lantai ini tidak mudah dirusak oleh api. Lantai ini tidak mudah retak, pecah, atau terbakar saat ada kobaran api yang begitu besar yang mengenainya. Demikian juga ketika digunakan untuk lingkungan eksterior di negara dengan 4 musim, kondisi lantai granit tidak akan mengalami kerusakan walaupun sedang berada di musim dingin.