Cara Mengobati Rambut Rontok dengan Bahan-bahan Alami

Rambut rontok merupakan salah satu kelainan rambut yang dapat menimpa hampir semua orang. Kasus rambut rontok biasanya disebabkan oleh kondisi rambut atau kulit kepala yang lemah akibat kandungan gizinya yang rendah. Kelainan ini juga hampir selalu melanda orang-orang yang sedang mengalami stres berkepanjangan. Setelah melahirkan rambut wanita juga umumnya akan mudah sekali rontok. Tak cuma itu, beberapa penyakit menahun seperti malaria, typus, serta diabetes juga bisa menyebabkan kekuatan rambut di kepalanya melemah sehingga lebih gampang rontok.

Untuk Anda yang saat ini tengah dilanda masalah rambut rontok, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein dan bergizi tinggi. Bisa juga dengan memberikan terapi kecil dengan memijit kulit kepala secara teratur. Khusus untuk wanita dengan rambut panjang, usahakan supaya membiarkan rambut tetap tergerai ketika hendak tidur. Mengikatnya justru bakal menyebabkan masalah ini semakin memburuk. Yang tidak kalah penting adalah biasakanlah rutin berkeramas memakai shampo yang sama. Hindari kebiasaan berganti-ganti shampo karena akan merusak rambut Anda.

Guna mengatasi masalah rambut yang rontok, kami sangat menyarankan Anda untuk memakai tumbuh-tumbuhan. Ksenyataannya memang ada beberapa tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah rambut rontok ini. Misalnya seperti lidah buaya, daun seledri, dan orang-aring. Anda bisa coba menanam tanaman-tanaman ini di rumah, lalu menggunakannya saat perlu. Pemakaian bahan-bahan ini tentu akan memberikan manfaat yang positif bagi rambut Anda, menutrisinya, serta membuatnya lebih kuat tanpa menimbulkan efek samping apapun. Anda wajib mencobanya!

Di bawah ini merupakan contoh tumbuh-tumbuhan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut yang rontok, antara lain :

LIDAH BUAYA

Sudah lama lidah buaya dikenal sebagai shampo alami. Bahkan tidak sedikit produsen shampo ternama yang memakai lidah buaya sebagai salah satu komposisinya. Getah lidah buaya ternyata sangat ampuh dijadikan sebagai obat anti rambut rontok loh. Anda bisa mengambil beberapa batang lidah buaya, lalu belah dan ambil getahnya. Kumpulkan getah lidah buaya tersebut ke dalam mangkuk kecil. Adapun cara menggunakannya yaitu basahi rambut Anda dengan air bersih. Gunakan getah lidah buaya tadi sebagai shampo. Biarkan selama 10-15 menit. Lantas, Anda bisa membilas rambut sampai bersih.

DAUN SELEDRI

Daun seledri juga dikenal bagus untuk menutrisi rambut kepala. Daun seledri mempunyai khasiat untuk meningkatkan kekuatan rambut, menyuburkan rambut sehingga semakin lebat, serta mengatasi rambut yang rontok. Itu sebabnya, banyak shampo bayi yang mengandung seledri supaya rambutnya lebih cepat tumbuh dan lebat. Cara menggunakan daun seledri untuk menutrisi rambut ini mudah sekali. Potonglah daun seledri menjadi kecil hingga mengeluarkan minyak atsirinya. Usapkan potongan daun seledri ini ke seluruh bagian rambut kepala Anda. Biarkan selama setengah jam. Lalu bilas dengan air bersih.

KEMIRI

Apakah di dapur Anda ada kemiri? Jika iya, Anda bisa memanfaatkannya untuk merawat rambut rontok. Daripada Anda merogoh kocek lagi untuk membeli obat anti rambut rontok berbahan kimia, mendingan Anda manfaatkan saja kemiri tersebut. Caranya gampang banget. Ambil biji kemiri 3-5 butir. Kemudian tumbuk biji tersebut sampai berbentuk halus. Sangrailah bubuk kemiri ini di atas wajan sampai matang. Usahakan biji ini jangan sampai gosong. Gunakanlah api kecil dan bolak-balik terus hingga mengeluarkan minyak. Nah, minyak kemiri inilah yang kita gunakan untuk merawat rambut yang rontok.

JERUK NIPIS

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut yang rontok adalah buah jeruk nipis. Tingginya kandungan vitamin C yang terdapat di dalam jeruk nipis ternyata bisa dipakai untuk menutrisi rambut. Rambut pun akan tumbuh semakin subur, lebat, hitam, nampak berkilau, serta tidak rontok lagi. Kabar baiknya ialah rambut kita mudah menyerap vitamin C yang ada di dalam air sari jeruk nipis ini. Coba gunakanlah air jeruk nipis sebagai shampo Anda sehari-hari. Hasilnya biasanya akan mulai terlihat dalam kurun waktu sekitar seminggu. Kerontokan akan berkurang sedikit demi sedikit.

URANG ARING

Anda juga bisa memanfaatkan urang aring untuk menutrisi rambut dan membuat strukturnya jauh lebih kuat. Bagi Anda yang belum tahu tentang urang aring, tanaman ini nampak seperti rumput dan biasanya dipelihara sebagai tanaman hias. Anda dapat memperoleh bibitnya di www.tokotanaman.com dengan harga yang terjangkau. Bagian dari tanaman ini yang bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi kasus rambut yang rontok ialah daunnya. Anda bisa mengambil beberapa helai daun orang-aring, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan air secukupnya, lalu peras dan saring. Air inilah yang bisa Anda gunakan untuk keramas.