3 Tips Mengelola Harta Warisan Supaya Tetap Produktif

Kadang-kadang orang-orang merasa kebingungan sendiri ketika  mendapatkan harta warisan dari kedua orang tuanya. Bagaikan tertimpa durian runtuh, siapa pun pasti akan merasa terkejut antara senang dan gembira ketika memperoleh harta sebesar itu. Eits, tapi tunggu dahulu. Jangan pernah sekalipun berpikir menggunakan harta tersebut untuk jaminan mengambil hutang ya. Apalagi memakainya untuk berfoya-foya atau berpelesiran ke luar negeri! Ingatlah, harta warisan merupakan modal materi dan kepercayaan yang diberikan oleh orang tua untuk kesejahteraan Anda sekeluarga di masa depan.

Sebagai anak yang baik, Anda harus memanfaatkan harta warisan tersebut dengan bijaksana. Setidaknya Anda mesti mempertahankan harta yang sudah diamanatkan oleh orang tua Anda. Jauh lebih bagus lagi apabila Anda berhasil mengolah harta tersebut dengan tepat. Barangkali Anda membutuhkan ide bisnis untuk mengolah harta warisan dengan mudah? Kami mempunyai setidaknya 3 inspirasi yang dapat Anda lakukan. Di antaranya yaitu menginvestasikan harta warisan, menyewakannya agar lebih produktif, dan menjual sebagian dari harta tersebut kalau memang sudah jelas menguntungkan.

Tidak usah terlalu bingung untuk bisa memanfaatkan harta warisan dengan baik. Silakan Anda bisa coba kiat-kiat di bawah ini! Ini merupakan tips yang sederhana dalam mengelola harta warisan yang baru saja Anda peroleh dari orang tua.

Ubah Harta Menjadi Investasi yang Aman

Jika harta warisan yang diberikan orang tua Anda berupa uang, maka akan lebih baik bila uang tersebut diubah bentuk menjadi investasi yang aman seperti emas, properti, dan tanah. Sambil menunggu Anda siap untuk memanfaatkan harta ini sebagai modal usaha, maka nilai harta pun bakalan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Bahkan bukan tak mungkin jika nilai investasi tersebut bakal semakin berlipat ganda. Kedengarannya lebih bagus daripada Anda menyimpan harta tersebut dalam bentuk uang, kan? Tetapi Anda harus memilih bentuk investasi yang memang Anda menguasainya ya.

Menyewakan Harta agar Lebih Produktif

Daripada dibiarkan saja, Anda bisa mengelola harta warisan berupa properti untuk bisnis sewa. Sebagai contoh nih, ketika Anda memperoleh harta dalam bentuk rumah, cobalah menjadikannya sebagai rumah kontrak ataupun rumah kost. Begitu pula dengan tanah, Anda bisa menyewakan lahan yang menganggur tersebut ke orang lain atau bekerjasama dengan petani lokal menggunakan sistem bagi hasil. Sekali lagi jangan pernah menjual harta warisan sebagai modal usaha sebelum Anda benar-benar siap membangun bisnis sendiri. Sebab sektor ini bukanlah investasi yang efektif dan mempunyai risiko yang tinggi.

Jual Sebagian Harta Sebagai Modal Usaha

Ketika bisnis yang dirintis sudah terlihat mapan serta mempunyai masa depan yang cerah, maka sah-sah saja kalau Anda lantas menjual harta warisan atau investasi properti tersebut untuk modal memperkuat perusahaan. Tentu saja. Langkah ini merupakan upaya yang baik sebab harta tersebut bisa menghasilkan nominal keuntungan yang lebih besar dibandingkan saat masih dalam bentuk investasi. Kuncinya adalah ketepatan dalam menyusun perencanaan sesuai keputusan keluarga besar supaya harta warisan Anda dapat dialokasikan untuk mendukung kesejahteraan di masa depan. Anda harus pintar di sini!