12 Cara Ampuh Mencegah Virus Corona agar Tidak Masuk ke Rumah Kita

Di tahun 2020, dunia digegerkan suatu wabah berbahaya yang ditimbulkan oleh virus corona. Virus ini dikenal pula dengan istilah COVID-19. Virus ini amat sangat berbahaya karena tidak cuma menyebabkan flu dan batuk saja, melainkan juga infeksi pada saluran pernapasan hingga menyebabkan kematian. Itu sebabnya, dunia tengah berjuang untuk melawan virus yang sangat mematikan ini. Sayangnya hingga sekarang belum ditemukan obat khusus yang ampuh melawan virus yang satu ini.

Faktanya virus corona ialah virus yang mampu menyebar dengan cepat sekali. Virus ini awalnya muncul di Daerah Wuhan, China pada akhir tahun 2019. Namun sekarang virus ini sudah menyebar hampir ke seluruh wilayah di berbagai belahan dunia. Mengingat belum ada obat khusus untuk menyembuhkan penyakit corona, maka satu-satunya langkah yang paling jitu untuk diambil yakni melalui pencegahan. Kita harus melakukan pencegahan supaya tidak sampai terkena oleh virus COVID-19 ini.

Mencegah tubuh supaya tidak tertular virus corona dapat dilakukan di rumah saja. Di bawah ini kiat-kiat yang bisa Anda lakukan agar tetap aman dari serangan virus ini!

  1. Usahakan Tetap di Dalam Rumah Saja

Saat ini telah ada lebih dari 1.000 orang di Indonesia yang positif mengidap penyakit corona (COVID-19). Paling banyak jumlah pasiennya terdapat di Jakarta dan Jawa Barat. Demi menjaga tubuh dari kemungkinan tertular oleh orang lain sebaiknya Anda sekeluarga tetap di rumah saja selama masa karantina ini berlangsung. Jangan membahayakan diri dengan keluar rumah atau pergi ke tempat-tempat yang ramai. Tetap berada di rumah untuk sementara waktu.

  1. Rutin Mencuci Tangan Memakai Sabun

Kenyataannya ialah virus corona paling banyak menular melalui kontak secara langsung. Misal kita bersalaman dengan seseorang yang ternyata mengidap virus COVID-19 atau kita menyentuh benda-benda yang telah terkena oleh air liur, keringat, atau sekadar kontak fisik penderita virus ini, maka kemungkinan besar kita akan pun akan langsung tertular. Cara pencegahan yang paling mudah ialah rutin mencuci tangan. Sebenarnya tidak harus pakai hand sanitizer kok. Justru lebih efektif kalau memakai sabun, bisa menggunakan sabun mandi, sabun cuci piring, deterjen, atau bahkan cairan pemutih pakaian.

  1. Jaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan

Anda juga wajib senantiasa menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitarnya. Aktivitas membersihkan rumah adalah pekerjaan paling sederhana yang bisa Anda lakukan di tengah-tengah mewabahnya virus corona. Anda harus memastikan seluruh bagian rumah Anda, baik interior maupun eksteriornya senantiasa dalam keadaan yang bersih. Cobalah membersihkan rumah paling tidak sehari sekali. Ciptakan sebuah tempat tinggal yang bersih dan higienis.

  1. Hindari Kontak Dekat dengan Orang Sakit

Pada kondisi yang gawat seperti sekarang, Anda tidak boleh mengambil risiko terhadap berbagai kemungkinan buruk yang ada di lingkungan sekitar. Termasuk saat Anda melihat ada seseorang yang sedang mengidap penyakit yang mirip seperti gejala-gejala awal serangan virus corona, di antaranya seperti batuk, pilek, demam tinggi, dan sesak napas, jangan ragu untuk menghindari kontak langsung ataupun berdekatan dengannya. Agar tidak menyinggungnya, segera selesaikan urusan Anda dengannya dan langsung cuci tangan sampai bersih.

  1. Jaga Jarak Sosial dengan Para Tetangga

Ikutilah nasihat dari pemerintah untuk menjaga jarak dengan orang lain sejauh mungkin. Bahkan dengan para tetangga yang tinggal sekitar rumah pun Anda mesti menghindarinya. Seharusnya tetangga yang baik akan maklum di tengah-tengah situasi yang genting ini. Jangan pernah ambil risiko. Bagaimana pun kesehatan Anda begitu penting. Anda harus tetap hidup supaya tetap bisa berbagi kebahagiaan dengan seluruh anggota keluarga tercinta.

  1. Kenakan Masker Pada Saat Keluar Rumah

Ada kalanya kita harus pergi keluar rumah. Misalnya untuk berbelanja, mengambil uang di bank, membeli obat, dan lain-lain. Boleh sih Anda sekali-kali tetap keluar rumah, tapi usahakan jangan terlalu sering ya. Selain itu, Anda pun wajib mengenakan pakaian yang dapat memastikan Anda supaya tetap aman. Salah satunya Anda harus mengenakan masker saat keluar rumah. Ingat, udara pun dapat menjadi media penularan virus yang satu ini.

  1. Jangan Sentuh Mata, Hidung, dan Mulut

Menariknya nih saat tangan Anda bersentuhan dengan benda-benda yang ada virus corona-nya, tubuh Anda sebenarnya belum terjangkit oleh virus ini. Serangan barulah terjadi manakala Anda memegang mata, hidung, atau mulut menggunakan tangan yang sudah ada virusnya. Yap, virus corona hanya dapat memasuki tubuh Anda melalui mata, hidung, dan mulut. Virus ini tidak bisa meresap melalui pori-pori Anda. Jadi mulai dari sekarang biasakan untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut lagi. Pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun.

  1. Hindarilah Rokok dan Aktivitas Merokok

Salah satu kebiasaan buruk yang terus-menerus diperingatkan supaya Anda menjauhinya ialah merokok. Merokok merupakan aktivitas yang memang membahayakan tubuh Anda. Tidak cuma virus corona saja sih yang mudah masuk ke tubuh Anda kalau terlalu sering merokok, tapi juga penyakit-penyakit lainnya. Kalau Anda sayang dengan keluarga, sebaiknya mulai dari sekarang minimalkan dahulu aktivitas merokok ini. Jika bisa sih sampai berhenti ya. Sedangkan bila Anda  mau merokok, usahakan lakukan di luar rumah.

  1. Hindarilah Kerumunan Ramai di Sekitar

Sekali lagi kami ingatkan untuk tidak bertemu dengan orang-orang yang banyak dahulu ya. Anda harus menghindari kerumunan ramai ini terlebih dahulu. Tetaplah berada di dalam rumah. Guna melaksanakan ibadah pun sebaiknya cukup dilakukan di rumah saja. Anda tetap bisa melakukan ibadah salat secara berjamaah dengan keluarga tercinta kok. Ambil sisi positifnya saja. Dengan demikian, Anda bisa lebih akrab bersama dengan orang-orang di rumah.

  1. Tidak Boleh Berjabat Tangan Dahulu Ya

Untuk sementara waktu, jangan pernah berjabat tangan terlebih dahulu dengan siapapun ya. Bukan hanya dengan lawan jenis saja, tetapi juga semua orang yang Anda temui. Hindarilah kebiasaan baik berjabat tangan ini untuk sementara waktu terlebih dahulu. Seharusnya orang lain pun akan memakluminya dan akan mengikuti Anda untuk tidak berjabat tangan dulu. Kalau terpaksa berjabat tangan, setelahnya tahan diri untuk tidak menyentuh muka terlebih dahulu. Lalu Anda bisa mencuci tangan menggunakan sabun.

  1. Minum Jamu agar Imunitas Meningkat

Selain menjaga kebersihan lingkungan, Anda juga perlu menjaga sistem imunitas di daam tubuh supaya tetap tinggi. Usahakan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan kimia secara terus-menerus karena tak bagus untuk tubuh kita. Sebagai gantinya, Anda bisa meminum jamu atau ramuan herbal. Ada banyak sekali loh jamu tradisional yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Misalnya seperti ramuan dari jahe, temulawak, serai, kunyit, brotowali, daun pepaya, dan sebagainya.

  1. Semprotkan Desinfektas Jika Diperlukan

Untuk memastikan rumah tinggal Anda benar-benar terbebas dari segala jenis kuman, bakteri, dan virus, terutama virus corona, Anda bisa menyemprotkan desinfektan ke seluruh bagian rumah Anda dan lingkungan di sekitarnya. Tidak perlu menunggu inisiatif dari pemerintah dulu ya karena Anda bisa melakukannya sendiri menggunaan peralatan dan bahan-bahan yang banyak tersedia di rumah. Bagaimana caranya? Lihat pada artikel kami yang selanjutnya.