5 Tips Sederhana agar Tak Mengantuk Saat Berpuasa di Rumah

Tak sedikit orang yang sedang berpuasa di Bulan Suci Ramadhan mengaku merasa mengantuk yang luar biasa pada siang harinya. Padahal mereka sendiri harus bekerja yang notabene memerlukan tenaga dan konsentrasi yang tinggi. Mungkin Anda juga salah satu yang kerap mengalaminya? Tahukah Anda, rasa mengantuk itu datang karena energi yang dikumpulkan saat sahur sudah mulai habis untuk beraktivitas sehingga tubuh merasa kelelahan. Penyebab lainnya yaitu aliran oksigen di dalam otak yang tidak lancar. Hal ini membuat otak Anda merasa begitu lemah hingga menyebabkan tubuh mengantuk.

Selain dari kedua faktor penyebab di atas, rasa kantuk saat puasa juga diakibatkan oleh berubahnya pola tidur kita. Kalau biasanya pukul 3 dini hari kita masih enak terlelap tidur. Tapi saat hari-hari puasa, mau tak mau kita harus bangun untuk bersantap sahur. Apalagi kita pun harus terus terjaga hingga selesai menunaikan sholat subuh. Kemudian beberapa orang ada yang memilih untuk tidur kembali setelahnya. Namun tidak sedikit pula yang lebih memilih bangun terus sampai pagi. Akibatnya karena belum terbiasa bangun terlalu cepat, perasaan mengantuk ini selalu datang terutama menjelang siang hari.

Tentu saja Anda akan menjadi sangat terganggu jika terus merasa mengantuk di siang hari saat bekerja. Apalagi kalau deadline pekerjaan Anda sudah mepet, sementara tubuh seolah-olah tak mau diajak untuk berkompromi supaya bekerja lebih giat lagi. Di satu sisi, Anda ingin tidur barang sebentar saja untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut. Tapi di sisi lain, atasan Anda tidak mengizinkannya. Apabila Anda tak mengelola bisa mengelola perasaan dengan baik, kondisi ini rentan mengakibatkan timbul perasaan stres, gampang emosi, dan tingkah laku yang tidak terkendali lainnya.

Ada beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk mencegah perasaan mengantuk ini muncul. Anda bisa mencoba kiat-kiat di bawah ini!

  • Penuhi kebutuhan zat besi yang Anda butuhkan dengan rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran-sayuran yang memiliki daun berwarna hijau. Contohnya antara lain bayam, katuk, sawi hijau, paprika, dan kangkung.
  • Supaya penyerapan zat besi tadi dapat berjalan secara optimal, Anda juga harus mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, pepaya, mangga, dan nanas.
  • Saat berbuka puasa dan bersantap sahur, Anda tetap dianjurkan untuk minum air putih dengan total minimal sebanyak 8 gelas per hari. Lebih banyak air putih yang diminum akan lebih baik. Hal ini berguna untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan.
  • Konsumsi bahan makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat kompleks sehingga lebih lama dicerna oleh tubuh menjadi glukosa. Manfaatnya tubuh pun akan merasa kenyang lebih lama. Anda bisa mendapatkan karbohidrat kompleks dari beras merah, ubi jalar, dan jagung.
  • Minum kopi saat sahur juga terbukti mampu membuat tubuh lebih bertenaga saat berpuasa. Namun perlu diingat, kopi hanya boleh diminum setelah selesai Anda makan besar. Porsinya pun hanya boleh secangkir saja agar tidak mengganggu sistem pencernaan Anda.

Jikalau Anda sudah mempersiapkan diri sesuai kiat-kiat di atas, tetapi masih merasakan kantuk yang luar biasa saat bekerja di kantor pada siang harinya. Ini berarti tubuh Anda memang sudah sangat kelelahan. Artinya ialah Anda wajib beristirahat untuk sementara waktu.

Beberapa kegiatan yang terbukti mampu menghilangkan perasaan mengantuk secara cepat antara lain :

JALAN-JALAN

Jalan-jalan menjadi solusi yang paling efektif untuk mengusir perasaan mengantuk dan menggantinya dengan pikiran yang lebih fresh. Jaraknya tidak perlu jauh karena justru akan membuat Anda kelelahan sendiri. Cukup kunjungi saja taman di dekat kantor Anda. Setelah sampai, puaskan diri Anda menghirup udara segar serta menikmati indahnya pemandangan hijau di taman tersebut. Cobalah duduk di bawah pohon yang rindang, lalu nikmati oksigen yang ada di sana.

MEDITASI

Meditasi tidak harus dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Anda pun dapat mengerjakannya cukup sekitar 5 menit. Pilihlah tempat yang tenang untuk bermeditasi seperti ruang mushola. Selanjutnya latih pernapasan Anda dengan menghirup udara lewat hidung dan mengeluarkannya melalui mulut. Ulangi gerakan ini selama beberapa kali sampai tubuh merasa lebih rileks. Kalau bisa jangan sambil menutup mata ya karena justru akan membuat Anda terlena dan akhirnya tambah mengantuk.

CUCI MUKA

Cucilah muka Anda atau lebih baiknya lagi ambil air wudhu setiap kali Anda merasakan kantuk yang luar biasa. Segarnya air dijamin sanggup membangunkan tubuh Anda secara cepat. Wajah yang tadinya kaku karena lelah dan mengantuk dijamin bakal langsung berganti menjadi segar dan berseri. Jika mau, Anda juga dapat mencuci muka sambil memperbaiki penampilan seperti memakai make up, menyisir rambut, menggunakan parfum yang segar, dan memijat permukaan wajah.

CARI HIBURAN

Sesuatu yang lucu biasanya akan dengan mudah menghilangkan rasa kantuk yang tengah Anda rasakan. Misalnya Anda dapat melihat gambar-gambar meme atau menonton video humor. Bisa juga memutar lagu yang nge-beat. Selain itu, Anda juga bisa mencari hiburan dengan ngobrol bareng teman sekantor atau bercanda bersama mereka. Dijamin deh, rasa mengantuk yang tadinya memenuhi ruangan akan berganti menjadi suasana yang meriah dan penuh gelak tawa.

TIDUR

Kalau Anda memang sudah benar-benar mengantuk sampai tidak bisa ditahan lagi, maka solusi yang harus dilakukan mau tidak mau adalah tidur. Tidur adalah obat yang paling manjur untuk mengatasi rasa ngantuk. Hendaknya gunakan waktu istirahat siang Anda dengan sebaik-baiknya dengan tidur sekitar 30-45 menit. Kami yakin atasan Anda pun akan maklum dengan kondisi tersebut asalkan ketika waktunya bekerja, Anda melaksanakan semua tugas dengan penuh semangat dan tanggung jawab.