10 Tips agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Bus, 100% Terbukti Manjur

Apakah Anda sering mengalami mabuk perjalanan saat naik bus? Ingin tahu bagaimana cara yang ampuh untuk mengatasi masalah tersebut? Beberapa orang memang mengaku merasa tidak nyaman apabila harus berpergian menggunakan bus. Entah itu sekadar untuk liburan atau mudik, kalau menggunakan angkutan umum terutama bus pasti merasa tidak nyaman sekali. Mulai dari kondisi udaranya yang tidak karuan, laju kendaraan yang ugal-ugalan, tempat duduk yang sempit, hingga suasana di dalam bus yang gaduh menjadi penyebab timbulnya perasaan yang tidak nyaman tersebut.

Karena harus menanggung kondisi-kondisi buruk ini di sepanjang perjalanan, akibatnya adalah Anda pun terserang penyakit ringan sampai paling buruk. Misalnya seperti sakit kepala, pusing, perut mual, hingga muntah-muntah yang tidak berkesudahan. Apabila kondisi ini dibiarkan secara terus-menerus dan tidak segera diatasi, maka dikhawatirkan Anda akan mengalami trauma di kemudian hari. Bukan tak mungkin selanjutnya Anda akan merasa takut sendiri kalau harus naik bus. Kebetulan kondisi trauma ini pernah kami alami dan rasanya sangat tidak menyenangkan. Kita akan repot sendiri kalau mau bepergian.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami sengaja berbagi kiat-kiat khusus bagaimana caranya agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus. Tips ini merupakan kebiasaan yang kami lakukan ketika harus naik bus sehingga tidak merasa pusing atau bahkan mabuk darat lagi. Silakan Anda bisa mencobanya sendiri mulai dari tips yang pertama ya!

Tips 1. Makan Permen Davos

Anda pasti sudah tahu permen davos, kan? Permen ini mempunyai bentuk bundar, berwarna putih, dan dibungkus kertas berwarna biru gelap bertuliskan DAVOS. Permen ini biasanya gampang kita jumpai di warung-warung di sekitar terminal bus. Makan permen davos, diemut bukan dikunyah, adalah cara yang paling manjur untuk mengatasi mabuk perjalanan. Rasa mint yang kuat dari permen ini akan membuat mulut Anda tetap segar serta kondisi perut pun tak akan merasa sakit ataupun melilit. Selalu makanlah permen ini di sepanjang perjalanan selama Anda masih berada di dalam bus.

Tips 2. Mendengarkan Musik yang Nge-Beat

Musik yang nge-beat atau menghentak-hentak juga sangat ampuh untuk membuat Anda merasa rileks selama dalam perjalanan. Pikiran Anda tidak akan terpengaruh dengan kondisi di dalam bus. Anda akan terus merasa terhibur, senang, dan gembira apabila terus mendengarkannya. Saran kami, pilih lagu yang dinyanyikan oleh band favorit Anda agar perjalanan kali ini terasa menyenangkan. Jangan lupa untuk membuat playlist yang lengkap selama berjam-jam sebagai bekal perjalanan ya. Hindari mendengarkan musik yang bernada pelan karena fokus Anda akan kembali teralihkan lagi ke dalam bus.

Tips 3. Duduk di Barisan Pertama/Samping Supir

Penyebab utama seseorang mengalami mabuk perjalanan adalah mencium aroma bahan bakar secara terus-menerus. Aroma tersebut sungguh menyengat di hidung sehingga menyebabkan kepala merasa pusing dan perut pun mengalami mual. Kondisi ini biasaya terjadi saat Anda duduk di kursi penumpang pada bagian yang paling belakang. Selain itu, pandangan Anda yang tak tertuju ke arah depan melainkan ke arah samping juga bisa membuat Anda merasa pusing sendiri. Oleh karena itu, Anda yang memang sering mengalami mabuk perjalanan sebaiknya selalu pilihlah kursi di barisan terdepan.

Tips 4. Ubah Mind Set Anda

Pada saat Anda berada di dalam bus, dengan posisi bus sedang bergerak, maka kita akan melihat seolah-olah jalan di sekeliling bus tersebut bergerak cepat ke belakang sementara bus diam. Gantilah mind set Anda yang salah ini karena melihat kejadian yang keliru. Yakinkan pada diri Anda bahwa apa yang Anda lihat adalah semu. Kuatkan keyakinan tersebut sekali lagi bahwa bus yang Anda naikilah yang melaju ke depan dengan kencang, sementara pemandangan di sekitarnya tetap diam. Jika cara ini belum bekerja, persempit lagi mind set Anda bahwa Anda adalah yang saat itu sedang berlari ke depan.

Tips 5. Minum Wedang Jahe Hangat

Seperti kita ketahui, jahe mampu menghangatkan badan dan menyegarkan mulut. Oleh karene itu, jahe merupakan obat herbal untuk mabuk darat yang paling ampuh. Anda harus selalu menyiapkan wedang jahe hangat sebagai bekal perjalanan Anda ketika harus menaiki bus. Apabila Anda lebih suka wedang yang manis, Anda bisa menambahkan gula sedikit saja karena apabila rasanya terlalu manis justru akan membuat perut semakin mual. Minumlah wedang jahe hangat tersebut setiap kali Anda merasa mual di perjalanan. Tak usah khawatir habis sebab Anda masih bisa membelinya lagi di tengah perjalanan nanti.

Tips 6. Kenakan Jaket yang Tebal

Layaknya perisai, jaket tebal mampu melindungi tubuh Anda dari udara dingin selama di tengah-tengah perjalanan. Dengan memakai jaket tersebut, Anda akan senantiasa terlindungi dan merasa hangat. Anda pun akan terbebas dari terkena masuk angin. Dijamin kondisi tubuh Anda akan senantiasa fit dengan dipakainya jaket yang tebal tersebut. Saran kami pilihlah jaket yang dilengkap dengani resleting, bukan kancing ya supaya Anda lebih mudah dalam menyesuaikan ukuran kerahnya. Kalau Anda merasa gerah, tinggal turunkan saja sedikit posisi resleting tersebut.

Tips 7. Jangan Lupa Membawa Minyak Angin

Minyak angin selalu berhasil menenangkan kita karena terasa begitu hangat di badan. Oleh sebab itu, Anda wajib membawa minyak angin sebagai salah satu bekal di perjalanan.  Namun bagi beberapa orang yang sedang terkena mabuk perjalanan justru akan merasa semakin pusing kalau mencium aroma dari minyak ini. Aroma yang keluar dari minyak angin tersebut justru membuatnya semakin pusing. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih dahulu minyak angin mana yang lebih cocok untuk Anda. Apakah minyak kayu putih, minyak telon, minyak tawon, atau balsem. Anda juga dapat menggunakan minyak angin aromaterapi kalau mau.

Tips 8. Lihat ke Depan Bukan ke Samping

Ketika bus mulai berjalan, usahakan untuk selalu melihat pemandangan di depan yang berjarak jauh dan menarik mata. Misalnya seperti gunung, menara, gedung bertingkat, masjid, dan lain-lain. Fungsinya agar objek-objek tersebut tidak berganti dengan cepat sekali sehingga mata Anda pun tidak bingung saat menangkap pemandangannya. Di sisi yang lain, hindarilah mengamati pohon-pohon dan rambu-rambu lalu lintas yang berada di kanan kiri jalan. Posisi benda-benda yang dekat dengat bus akan membuatnya seolah-olah bergerak dengan sangat cepat sehingga Anda pun merasa pusing sendiri.

Tips 9. Buka Jendela Bus Sedikit Saja

Jika bus yang Anda tumpangi tidak menggunakan AC, cobalah membuka jendela sedikit saja. Ini berguna untuk membuat udara di sekitar Anda terasa lebih segar, tidak pengap, dan tidak berbau bahan bakar. Bukalah kaca jendela tersebut cukup sedikit saja ya. Jangan terlalu besar. Sebab kalau Anda membuka jendela ini terlalu besar justru akan menyebabkan Anda terserang masuk angin akibat terus-menerus diterpa semilir angin yang kencang. Hiruplah aroma segar dari udara yang masuk melalui kaca jendela tersebut. Dijamin deh Anda akan merasa lebih baik.

Tips 10. Usahakan Selalu Makan Sebelum Bepergian

Cobalah mengonsumsi makanan berat setiap kali Anda hendak naik bus. Tujuannya untuk berjaga-jaga supaya tubuh Anda merasa lebih fit dan segar sehingga terhindar dari sakit kepala. Hal ini juga dilakukan untuk mengantisipasi ketika Anda muntah, maka perut Anda tidak akan terlalu terasa sakit. Selain itu, makanan juga mampu meningkatkan energi Anda dengan baik. Disarankan untuk memakan makanan yang hangat dan berkuah. Misalnya seperti sup ayam, soto, atau bakso. Namun hindari terlebih dahulu menu makanan yang bersantan, mengandung lemak kental, atau makanan yang pedas ya.