Menanam dan Merawat Bunga Mawar di Pot agar Rajin Berbunga

Proses menanam serta merawat bunga mawar di pot memang terbilang gampang-gampang sulit. Bunga mawar ini merupakan tumbuhan yang cukup menantang untuk dipelihara. Kadang-kadang kita berhasil dalam menanam dan menumbuhkan bunga mawar ini. Tetapi di waktu yang lain, bunga mawar tersebut malah mati. Mungkin Anda juga mengalami masalah yang serupa? Hal ini wajar sekali terjadi mengingat bunga mawar ini memang membutuhkan teknik perawatan yang benar-benar intensif. Bunga mawar ini harus dirawat dengan baik supaya tumbuh subur dan rajin berbunga.

Mawar merupakan tanaman hias yang berbunga indah dari famili Rosaceae di genus. Percaya atau tidak, ternyata ada lebih dari 100 spesies bunga mawar di bumi ini loh. Sebagian besar bunga mawar tersebut tumbuh di belahan dunia bagian utara yang notabene mempunyai udara yang lebih sejuk. Mawar sangat disukai oleh para pencinta tanaman hias sebab mempunyai bunga yang indah sekali. Bunga mawar kalau menurut kami sih termasuk salah satu bunga yang paling sempurna. Oleh karena itu, Anda semestinya menanam bunga mawar ini di rumah untuk memperindah dekorasi taman.

Terdapat serangkaian tahap yang harus Anda kerjakan dengan benar supaya tanaman bunga mawar ini bisa tumbuh normal, subur, dan rajin berbunga. Meskipun prosesnya lumayan rumit, namun hal ini akan terbayar lunas saat Anda melihat tanaman mawar yang selama ini dirawat dengan baik menumbuhkan  bunga-bunganya yang begitu indah.

 ALAT DAN BAHAN :

  • Bibit bunga mawar
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Sekam bakar
  • Pot
  • Pecahan genteng
  • Air
  • Pupuk NPK (5-10-5)
  • Gunting
  • Insektisida

LANGKAH-LANGKAH :

Panduan Menanam Bibit Mawar di Dalam Pot

Siapkan media tanam yang terbuat dari campuran tanah, sekam bakar, dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Aduk-aduk media tanam tersebut untuk memastikan komposisinya tercampur rata. Lantas siapkan pot berukuran cukup besar. Taruh pecahan genteng di dasar pot sebagai penahan media tanam. Setelah itu masukkan media tanam sampai memenuhi seluruh isi pot. Disarankan menggunakan pot berbahan tanah ketimbang plastik karena memiliki pori-pori yang bisa mengatur tingkat kelembaban media tanam. Diamkan pot berisi media tanam ini selama 3-5 hari agar kondisinya normal.

Setelah persiapan media tanam telah selesai, selanjutnya adalah menanamkan bibit bunga mawar. Anda bisa mendapatkan bibit bunga mawar di www.tokotanaman.com dengan harga yang sangat murah loh. Di sini juga tersedia paket hemat yang berisi berbagai jenis bibit tumbuhan mawar. Cara menanam bibit mawar ini mudah sekali. Keluarkan bibit tersebut dari polybag dengan hati-hati. Lantas segera tanamkan bibit ini ke dalam pot. Sirami dengan sedikit air pada bibit yang baru ditanam ini. Sebaiknya bibit mawar tersebut diletakkan di tempat yang teduh terlebih dahulu sampai tumbuh tunas yang baru.

Merawat Tanaman Mawar agar Tumbuh Subur

Ada beberapa tugas yang perlu Anda lakukan dalam merawat bunga mawar supaya tumbuh subur serta sanggup berbunga dengan lebat sekali. Berikut ini merupakan tugas-tugas yang mesti Anda laksanakan dengan baik.

  • Lakukan penyiraman terhadap tanaman bunga mawar secara berkala. Sebenarnya Anda tidak perlu menyiraminya setiap hari sih. Karena tanaman yang terlalu sering disiram biasanya justru akan mati akibat akarnya membusuk. Sebaiknya sirami tanaman tersebut hanya di saat kondisi permukaan media tanamnya sudah terlihat agak mengering.
  • Tugas lainnya yaitu Anda juga perlu mencabuti gulma-gulma yang tumbuh di dalam pot secara berkala. Tanaman gulma ini harus dibuang supaya tidak mengganggu pertumbuhan mawar yang ada di dalam pot. Agar lebih efektif, pertumbuhan gulma di pot ini bisa dicegah dengan metode alami maupun buatan. Anda juga dapat menyiangi sampai ke akarnya.
  • Sama seperti tanaman berbunga lainnya, Anda perlu memberikan pupuk NPK sebelum tanaman mawar ini menghasilkan bunga, pada saat berbunga, dan ketika bunganya nampak layu. Adapun dosis yang dianjurkan adalah 5 gram/tanaman. Pemberian pupuk ini yang berlebihan justru akan berubah menjadi racun. Jadi berikanlah pupuk NPK secukupnya saja.

  • Sedangkan untuk pupuk kompos atau pupuk kandang perlu Anda berikan setiap 3-4 minggu. Ini merupakan pupuk organik sehingga tidak memiliki efek negatif apapun terhadap media tanam. Gunanya adalah untuk menjaga kesuburan media tanam di dalam pot. Gunakan pupuk kandang yang sudah matang seperti kohe kambing dan urin kelinci.
  • Pemangkasan tanaman bunga mawar juga perlu dilakukan untuk merangsang pertumbuhannya. Pemangkasan pertama dilakukan ketika tinggi tanaman mencapai 7,5 cm dengan menyisakan 3 – 4 cabang primer saja yang tumbuh. Proses pemangkasan ini dilaksanakan sekali lagi ketika tinggi tanaman mawar sudah mencapai berkisar antara 50-60 cm.
  • Pertumbuha bunga mawar bisa dirangsang dengan memotong cabang/ranting yang kuncupnya sudah layu. Potong juga sedikit cabang di bagian atas pangkal mata tunas tanaman atau tangkai daun kedua dengan posisi miring 45 derajat. Di sini Anda harus menggunakan gunting pangkas yang bersih dan steril saat melakukan pemotongan tanaman.
  • Hama tanaman mawar antara lain siput berbulu, cacing renik, kutu daun, ulat bulu, dan tungau. Sedangkan penyakit yang menyerang yaitu busuk bunga, bercak hitam, bengkak pangkal batang, embun tepung, dan karat daun. Pemberantasan hama dan penyakit bunga mawar tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan insektisidan dan pestisida sesuai gejala yang muncul.

Jadi sekarang selamat menanam bunga mawar di taman rumah Anda ya. Anda harus merawat tanaman ini dengan sepenuh hati supaya tumbuh subur dan rajin berbunga. Jangan lupa mengikuti panduan kami di atas dengan sebaik-baiknya.