7 Cara Menanam Tanaman Hias Calathea agar Subur dan Bikin Elok

Sebenarnya tidak cuma aglaonema saja yang mempunyai daun indah. Ada beberapa jenis tanaman lain yang juga begitu cantik. Salah satunya ialah calathea. Tanaman calathea merupakan tanaman hias yang mempunyai daun dengan penampilan yang sungguh menarik. Berbagai macam warna yang membentuk corak unik dimiliki oleh daun tanaman ini. Anda pasti juga akan menyukainya. Maka tak heran, kalau ada begitu banyak orang yang menanam tumbuhan calathea sebagai tanaman hias.

Kelebihan lain dari tanaman calathea yaitu perawatannya yang tidak terlalu susah. Tak seperti tanaman aglaonema atau anthurium yang memerlukan perawatan khusus, tanaman calathea ini terbilang mudah untuk ditanam. Bahkan Anda tidak perlu memberikannya perawatan spesial sama sekali. Namun tentu saja ada rahasia khusus di balik daun calathea yang tampak menarik, berwarna cerah, serta mempunyai permukaan yang kinclong. Inilah yang akan kami coba bahas sekarang juga.

Di www.tokotanaman.com tersedia berbagai jenis tanaman calathea yang bisa Anda pilih sesuai selera. Anda bisa mendapatkannya sekarang juga dengan harga yang sangat terjangkau. Kemudian Anda dapat menanam calathea tersebut di dalam pot. Silakan Anda bisa mengikuti panduan selengkapnya berikut!

Bikin Media Tanamnya Dahulu Yuk

Tugas Anda yang pertama kali adalah menyediakan media tanam yang tepat untuk menanam calathea. Di sini kami merekomendasikan Anda untuk memakai campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 2:1:1. Campuran bahan-bahan inilah yang bakal digunakan sebagai media tanam menanam calathea. Anda juga dapat menambah kompos untuk meningkatkan kesuburannya. Setelah semua bahan ini tercampur merata, Anda dapat membiarkannya selama 5-7 hari supaya kondisi media tanam menjadi normal kembali.

Lakukan Penanaman Bibit Calathea

Kini waktunya bagi Anda untuk menanam bibit calathea yang telah didapat. Keluarkan bibit calahea tadi dari polybag dengan hati-hati agar tidak merusak akarnya. Genggamlah bagian media tanam bawaannya memakai tangan kanan Anda dengan erat. Lalu masukkan ke dalam pot. Tahan posisinya agar tanaman tetap bisa berdiri tegak. Kemudian Anda bisa menambahkan media tanam ke dalam pot ini hingga terisi penuh. Jangan lupa untuk memadatkannya sedikit supaya posisi tanaman tetap dapat berdiri dengan baik. Tambahkan ajir di sampingnya bila perlu.

Menaruhnya di Tempat yang Ideal

Bibit calathea yang baru ditanam di pot sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membantu tanaman tersebut dapat beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan di sekitarnya yang baru. Kami menyarankan untuk menaruh tanaman tersebut di teras, samping rumah, di bingkai jendela, area di bawah pohon yang rindang, atau Anda bisa memasang naungan di atasnya. Anda harus memastikan bahwa tanaman tersebut tak terkena pancaran sinar matahari secara berlebihan agar bibit tanaman calathea ini tidak mati karena kekeringan.

Sirami Tanaman Secara Terkontrol

Kebutuhan utama setiap makhluk hidup tentunya adalah air. Begitu pula dengan tanaman calathea yang memerlukan air yang cukup supaya dapat hidup dengan baik. Faktanya yaitu calathea sangat menyukai air. Tanaman ini akan tumbuh sempurna manakala kondisi media tanamnya mengandung air yang cukup serta terkontrol dengan baik. Oleh karena itu, Anda perlu menyirami tanaman calathea secara bijaksana. Perhatikan kondisi cuaca di daerah Anda ya. Jika matahari bersinar terik, Anda bisa menyiraminya pada pagi dan sore hari supaya tanaman tidak kepanasan.

Harus Berikan Pupuk Kandang Ya

Selain air, tanaman juga membutuhkan makanan untuk bisa terus tumbuh. Makanan tanaman calathea ini berupa unsur hara maupun zat organik yang terkandung di dalam media tanam. Namun karena terus dimakan olehnya, maka kadar bahan makanan yang terdapat di media tanam dalam pot lama-kelamaan akan menurun hingga akhirnya habis. Anda tak boleh membiarkan hal ini terjadi sebab akan berdampak langsung pada kondisi tanaman calathea. Sebaiknya sih Anda rutin memberikan pupuk kandang setiap bulan agar tanaman calathea Anda tumbuh subur.

Jangan Lupa Membersihkan Daun

Pada saat memelihara tanaman calathea, tentunya Anda perlu menjaga kondisi daunnya dengan baik. Terutama ialah mengenai faktor kebersihannya. Jagalah kebersihan permukaan daun calathea ini setiap waktu supaya pesonanya tetap memancar sempurna. Bagaimana caranya? Anda hanya perlu mengelap permukaan daun calathea ini paling tidak seminggu sekali. Lakukanlah pada setiap helai daun tanaman ini di kedua sisi permukaannya. Anda harus mengerjakannya pada pagi hari buta atau sorenya ya. Kami harap Anda tidak melakukannya pada siang karena dapat menyebabkan daun akan terbakar matahari.

Berikan Susu ke Daun Tanaman Ini

Di atas kami sudah berjanji akan memberitahukan rahasia utama untuk membuat tanaman calathea ini mempunyai daun yang berwarna cerah dan permukaannya terlihat mengkilap. Jadi rahasianya terletak pada pemberian susu secara langsung ke bagian daun. Tapi bukan susu sembarang susu ya. Di sini Anda mesti menggunakan susu skim tanpa gula. Anda bisa mendapatkan susu ini di toko bahan kue terdekat. Selanjutnya cairan susu skim ini cukup Anda basuhkan ke permukaan daun calahea memakai kain lap. Sekali lagi, kerjakan perawatan ini pada pagi buta atau sore hari.