9 Tips Memilih Tanaman Hias yang Baik dan Menarik

Kehidupan kita memang tak bisa dilepaskan dari tanaman. Pada dasarnya, manusia sangat memerlukan tanaman. Oksigen yang diproduksi oleh tanaman merupakan salah satu sumber kehidupan manusia di dunia ini. Tanpa adanya tanaman, manusia pasti tidak dapat hidup. Sedangkan untuk tanaman ini sendiri pada dasarnya tidak membutuhkan manusia. Oleh karena itu, kita sebaiknya mawas diri untuk merawat tanaman dengan baik. Mengingat pentinya tanaman bagi manusia, kami sarankan Anda untuk menanam tumbuh-tumbuhan di lingkungan tempat tinggal pribadi.

Saat ini ada banyak sekali pilihan tanaman yang sangat cocok ditanam di rumah. Anda bisa menanamnya dari mulai tanaman hias yang berbunga indah, daunnya menarik, sampai tumbuh-tumbuhan yang dapat menghasilkan buah yang rasanya nikmat. Kalau Anda mengalami kesulitan dalam menentukan tanaman apa saja yang akan ditanam di taman depan rumah ataupun halaman belakang, cobalah Anda memulai dengan memilih tanaman favorit. Ya, pesona tanaman favorit ini pasti akan mampu menciptakan sebuah desain rumah yang asri dan rasanya nyaman sekali.

Memilih tumbuh-tumbuhan untuk ditanam di pekarangan memang membutuhkan trik tersendiri. Anda bisa mengikuti panduan selengkapnya di bawah ini!

Tanaman yang Tahan Panas Mentari

Suhu udara di luar ruangan kerap membuat tanaman yang kita idamkan tidak bisa tumbuh dengan baik. Misalnya, daun yang sering rontok ataupun bunga yang cepat gugur. Solusinya adalah dengan memilih jenis tumbuh-tumbuhan yang tahan terhadap suhu udara panas di Indonesia. Ada sejumlah tips dalam mengenali tanaman hias yang tahan panas. Mulailah dengan memperhatikan ketebalan daun. Semakin tebal daunnya, maka akan semakin tahan terik matahari. Kemudian dengan meraba permukaan daun. Apabila terasa seperti ada lapisan minyak mengkilap artinya tahan panas. Bisa juga dengan melalui ada tidaknya bulu dan duri yang tumbuh di rantingnya serta ukuran bunga yang kecil.

Tanaman yang Bisa Ditanam di Pot

Ketika Anda ingin membuat sebuah halaman di tanah yang sempit, cobalah untuk menanam pepohonan yang bisa ditanam di dalam beberapa pot. Kelebihan penggunaan media pot daripada langsung ditanam di tanah adalah praktis, mudah dipindahkan, mudah merawatnya, dan halaman menjadi rapi. Selain itu, penggunaan pot juga dimaksudkan agar halaman tidak terlalu rimbun dan terbebas dari kesan kumuh. Taman modern dan minimalis pun dapat diciptakan menggunakan tumbuh-tumbuhan yang ditanam di pot. Jangan takut tidak berbunga atau berbuah ya. Sebab dengan perawatan yang optimal, kami jamin tanaman tersebut tetap mampu tumbuh secara normal kok.

Tanaman Hias Indoor Pasti Menarik

Belakangan ini muncul sebuah desain rumah dengan halaman yang ada di dalam ruangan. Anda dapat menerapkannya dengan memilih tumbuh-tumbuhan yang bisa hidup di suhu ruangan dan tahan dengan tingkat kelembaban yang rendah. Ada dua jenis tanaman yang bisa Anda nikmati di dalam ruangan yaitu jenis tanaman berbunga dan jenis tanaman berdaun indah. Sebagai contoh tanaman berbunga adalah anggrek, mawar, adenium, dan lain-lain. Sedangkan untuk tanaman berdaun indah adalah gelombang cinta, lidah mertua, sanseviera, dan sebagainya. Jenis tanaman ini dipilih karena mempunyai corak dan warna daun yang cantik. Selain sebagai trend mode desain rumah terbaru, penempatan tanaman hias di dalam rumah ini juga bisa berguna sebagai pembatas dan menghidupkan suasana di dalam rumah.

Tanaman Hias yang Mudah Dirawat

Tidak mau kan rumah Anda terlihat berantakan karena tumbuhan yang hidup secara liar? Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk memilih tanaman yang gampang dirawat. Selain Anda tidak perlu repot-repot selalu membersihkan halaman tersebut, keindahan halaman rumah pun akan terjaga lebih lama apabila Anda menanam tumbuh-tumbuhan yang mudah dirawat. Dracaena, sanseviera, dan philodendron ialah contoh-contoh tanaman yang masuk ke dalam kriteria ini. Semua jenis tanaman ini benar-benar mudah dirawat. Bahkan Anda yang baru pertama kali menanam tumbuhan hias pun pasti akan langsung mampu menanamnya sendiri.

Tanaman yang Memiliki Daun Kecil

Tanaman yang mempunyai daun yang berukuran kecil sangat cocok untuk menghasilkan halaman rumah yang mengandung nilai seni yang tinggi. Mengapa? Sebab Anda dapat memangkas daun-daun tersebut menjadi bentuk tertentu yang lebih unik sehingga dihasilkan harmonisasi dengan ruangan di sekitarnya. Anda juga bisa memilih daun berwarna selain hijau untuk menimbulkan kesan yang unik. Sebagai contoh tanaman dengan daun kecil adalah jenis pohon teh. Walaupun awalnya nampak biasa-biasa saja, tetapi setelah Anda memangkasnya dengan teknik tertentu, penampilan tanaman tersebut akan terlihat jauh lebih menarik.

Tumbuhan Sebagai Sumber Oksigen

Jangan lupa untuk memperhatikan fungsi utama dari sebuah halaman ketika Anda memilih tumbuhan. Apakah itu? Pada hakikatnya, halaman adalah ruangan di rumah Anda yang berfungsi sebagai sumber oksigen. Udara segar dari halaman ini, kemudian mengalir ke setiap sudut rumah Anda. Halaman dapat memproduksi oksigen dan mengalirkannya ke rumah tanpa terkecuali. Itu sebabnya, Anda bisa memilih jenis-jenis tanaman yang dapat memproduksi oksigen dalam jumlah yang banyak. Ciri-ciri tanaman yang  memiliki kemampuan seperti ini adalah daunnya berwarna hijau segar serta tanaman tersebut sangat menyukai sinar matahari. Anda bisa memenuhi halaman dengan tanaman jenis ini.

Tanaman Sukulen dan Kaktus Menarik

Apabila Anda mau membuat sebuah halaman yang menark, mudah dirawat, dan trendy, cobalah untuk mempertimbangkan tanaman jenis sukulen. Tanaman-tanaman ini sungguh mampu menciptakan taman yang menarik serta penuh gaya. Pilihannya pun ada banyak sekali. Kalau ingin lebih sempurna lagi, Anda pun dapat menambahkan kaktus ke dalamnya. Perlu Anda ketahui nih, ada pula kaktus yang mempunyai bunga dan buah yang sangat menarik loh. Untuk mendapatkan kaktus dan sukulen yang lengkap, Anda dapat mengunjungi www.tokotanaman.com. Di sini ada paket khusus kaktus dan sukulen yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Tanaman yang Unik Patut Anda Pilih

Taman yang unik memang sangat disukai akhir-akhir ini. Pada dasarnya, kunci utama untuk membuat sebuah taman yang unik adalah menggunakan tumbuh-tumbuhan yang unik. Suatu tumbuh dikatakan unik manakala jarang ada orang yang menanamnya, keberadaannya langka, serta memang mempunyai penampilan yang sangat menarik. Tanaman yang unik memang memipunyai pesona yang benar-benar menarik. Contoh tanaman yang unik yaitu tanaman jenis kantung semar, tanaman pemakan serangga, anggrek hitam papua, mawar hitam, bisbul, dan tanaman yang jarang ditanam lainnya. Anda pun dapat memperoleh tanaman-tanaman ini hanya di TokoTanaman.com ya.

Cobalah Tanaman dari Luar Negeri

Kalau Anda ingin menanam tumbuhan yang meman benar-benar unik, maka kami sarankan Anda untuk memilih tanaman yang berasal dari luar negeri. Kenyataannya beberapa jenis tanaman asli luar negeri dapat tumbuh dengan baik di Indonesia loh. Tanaman ini memang mampu tumbuh subur asalkan Anda bisa merawatnya dengan benar. Contohnya saja nih, Anda bisa menanam kurma, bidara, tin, blueberry, raspberry, cherry, kiwi, tulip, almond, sakura, serta masih banyak lagi. Dapatkan bibtinya hanya di Toko Tanaman dot com ya. Keberadaan tumbuh-tumbuhan dari luar negeri ini di taman rumah Anda akan menghasilkan pesona yang luar biasa unik dan menarik.