7 Tips Memilih Karpet Hangat yang Cocok untuk Rumah Anda

Sudah lama, karpet digunakan sebagai material pelengkap untuk mendekorasi ruangan. Pemakaiannya tidak terbatas sebagai bahan pelapis lantai saja, tetapi karpet juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat duduk untuk menggantikan kursi, bangku, dan sofa. Di kawasan Timur Tengah khususnya, duduk di atas karpet justru lebih diminati karena mampu menciptakan suasana yang santai dan akrab daripada duduk di atas kursi konvensional. Masyarakat Suku Jawa dan Sunda pun memiliki kebiasaan yang sama.

Lebih dari itu, karpet juga ternyata sanggup meredam nuansa dingin pada lantai ruangan loh. Misalnya jika karpet ditempatkan di dalam ruang keluarga, Anda bisa bercengkerama langsung di atasnya tanpa perlu khawatir bakal terusik oleh hawa dingin dari lantai. Bahan karpet yang halus, lembut, serta hangat mampu memberikan kenyamanan tersendiri bagi Anda sekeluarga. Anda pasti akan merasa nyaman saat berada d dalam ruangan. Anda akan betah berlama-lama duduk di tempat tersebut.

Saat ini ada banyak sekali ragam pilihan karpet yang tersedia di pasaran. Anda mesti memilihnya dengan bijaksana sesuai dengan ruangan yang akan ditempatinya.

Pilihlah Karpet yang Halus, Lembut, dan Hangat

Memilih karpet yang paling penting itu karpet harus mempunyai tekstur yang halus dan lembut sehingga mampu memberikan kenyamanan yang berlebih. Anda bisa menyesuaikan jenis bahan pembuat karpet tersebut dengan tujuan Anda menghadirkannya. Misalnya untuk karpet berbahan acri yang bertekstur halus dan lembut, atau karpet wol yang begitu hangat. Karpet berbahan acri banyak digunakan untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur. Sementara untuk  karpet berbahan braided yang memiliki serat kasar dan rapat cocok digunakan pada anak tangga.

Sesuaikan Jenis Karpet dengan Fungsi Ruangan

Pemilihan karpet juga dapat disesuaikan dengan fungsi ruangannya. Jika karpet dipakai dalam gedung, maka pilihlah karpet yang bisa menutupi seluruh ruangan. Selain mampu meredam suara, karpet ini juga bisa berguna untuk menambah kesan hangat ke seluruh interior rumah. Berbeda dengan karpet yang digunakan di dalam rumah, ada kalanya karpet ini hanya digunakan sebagai alas atau aksen pada sofa. Atau Anda juga dapat menempatkannya di bawah sofa atau di bawah meja ruangan tamu, penampilan ruangan pun akan lebih apik setelah dilengkapi karpet tersebut.

Karpet Sesuai dengan Gaya Ruang yang Diusung

Sekarang karpet memang tersedia dalam berbagai macam motif dan aksen. Kondisi ini menguntungkan sekali karena kita bisa mempunyai lebih banyak pilihan sehingga benar-benar dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Bagi penggemar gaya klasik, Anda dapat memilih karpet dengan motif berbentuk bunga yang penuh. Karpet dengan model ala Victoria, Romawi, dan Yunani pun cocok sekali diterapkan ke dalam ruangan yang bergaya klasik ini. Sedangkan bagi Anda yang berjiwa muda, karpet bermotif minimalis dan modern tentu akan semakin serasi jika dipadankan dengan furnitur yang simple elegan.

Perhatikan Warna Karpet yang Anda Pilih Ya

Selain motif, faktor lain yang patut dipertimbangkan dalam memilih karpet adalah warna. Pilihlah warna karpet yang sesuai dengan tema ruangan ataupun model yang Anda sukai. Bagi Anda pecinta desain minimalis, Anda bisa memilih karpet dengan warna-warna tanah seperti krem atau merah maroon. Jika Anda ingin tampil lebih berani dalam bermain warna, pilih warna-warna kontras dalam nuansa modern. Anda dapat memilih karpet yang terdiri dari kombinasi warna biru, hitam, merah, atau putih dalam satu karpet. Niscaya ruangan pun akan nampak jauh lebih unik.

Bentuk Karpet pun Mesti Disesuikan dengan Baik

Karpet acap kali dipilih dengan bentuk yang sesuai seperti ruangan yang akan ditempatinya. Bentuk oval atau bulat sering digunakan pada ruang makan dengan menempatkannya di bawah meja. Sementara itu, karpet yang berbentuk persegi empat sejajar biasa dipakai sebagai alas ruang tamu atau ruang keluarga. Karpet ini mampu mengakrabkan suasana orang-orang di dalamnya. Berbeda lagi dengan bentuk karpet persegi memanjang, selain cocok sekali digunakan pada anak-anak tangga, karpet ini juga cocok dipakai pada lorong penghubung dari satu ruangan ke ruangan yang lainnya.

Pertimbangkan Karpet yang Unik dan Menarik

Khususnya bagi Anda penggemar corak kartun atau binatang, ada berita gembira nih buat Anda. Tak lain yaitu banyaknya karpet yang saat ini mempunyai bentuk lucu dan menarik. Karpet yang berbentuk kotak atau bundar sih sudah biasa ya. Kalau Anda mau yang unik, pilihlah karpet yang berbentuk tak biasa ini. Karpet seperti ini cocok sekali Anda gunakan di dalam ruang tidur anak, tempat bermain, ataupun ruang tamu. Karpet yang berbentuk kereta atau bunga-bungaan, selain indah, pastinya juga nampak ceria dan  begitu hangat. Anda pasti akan sangat menyukainya.

Jangan Lupa Merawat Karpet Anda secara Rutin

Membersihkan karpet dari debu dan kotoran ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan kok. Proses membersihkan karpet ini bisa dilakukan dengan mudah sekali asalkan Anda sudah mengetahui triknya. Anda cukup memanfaatkan vacuum cleaner. Lakukan proses pembersihan ruangan memakai vacuum cleaner paling tidak setiap 3-5 hari sekali. Bersihkan seluruh debu dan kotoran yang ada pada karpet tersebut. Selain itu, Anda juga perlu mencuci karpet tadi minimal 2 kali dalam setahun. Apapun karpet pilihan Anda, pastikan Anda merawatnya dengan baik agar pesonanya tetap terjaga.