Tips Memilih Furniture yang Paling Tepat untuk Ruang Tamu

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang penting sekali di dalam sebuah rumah tinggal. Ruangan ini berguna sebagai tempat bagi kita menerima para tamu yang datang berkunjung ke rumah. Semua orang yang datang ke rumah bisa Anda layani dengan baik di sini. Ruang tamu merupakan ruangan untuk para tamu. Ini adalah ruangan di mana Anda dapat menjamu tamu-tamu saat berkunjung ke rumah sehingga dia merasa senang telah datang ke rumah Anda. Oleh sebab itu, Anda harus menata ruang tamu dengan sebaik-baiknya agar suasananya terasa nyaman dan memiliki dekorasi yang menarik.

Salah satu unsur pembangun dekorasi ruang tamu yang begitu penting adalah furniture. Saat ini tersedia banyak sekali ragam bentuk, bahan, serta warna furniture yang bisa Anda gunakan di rumah. Semuanya tampil menawan dengan pesona khas yang dimilikinya. Kini waktunya bagi Anda untuk memilih furniture mana yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Tetapi bagaimana caranya memilih furniture yang paling tepat itu? Serta faktor-faktor apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih furniture untuk ruang tamu tersebut? Silakan Anda dapat mengikuti kiat-kiat di bawah ini ya.

Di bawah ini merupakan tips-tips yang perlu Anda perhatikan dengan baik dalam memilih furniture yang tepat untuk ruang tamu.

Apa Desain yang Ingin Dibangun?

Ada banyak desain ruang tamu yang saat ini sedang populer. Beberapa di antaranya yaitu minimalis, modern, kontemporer, klasik, dan mewah.

  • Pemilihan furniture minimalis lebih berfokus pada bentuk yang geometris, padat, tidak banyak ornamen, dan sederhana.
  • Furniture modern dan kontemporer memiliki bentuk yang ramping, bersih, dan berwarna netral. Kaca, logam, dan pernis mengkilap juga menjadi ciri khasnya.
  • Furniture klasik terlihat formal serta memakai jenis warna hangat. Furniture model ini biasanya dipenuhi oleh ornamen-ornamen yang rumit.
  • Untuk furniture mewah, biasanya menerapkan bentuk khas furniture luar negeri seperti di Italia, Perancis, Spanyol, dan Amerika. Adapun warna yang dipilih adalah jenis warna tanah.

Mulailah dari Furniture Dasar

Menambah furniture yang beraneka ragam justru akan membuat suasana di dalam ruang tamu menjadi kacau. Biasanya untuk ruang tamu, furniture yang mengisi antara lain sofa, kursi, meja utama, dan meja samping. Pertimbangkan terlebih dulu bagaimana pemilihan furniture-furniture dasar ini sebelum Anda berlanjut membeli furniture tambahan lainnya. Jangan pernah menjadikan ruang tamu sebagai gudang penyimpanan furniture ya. Anda harus memastikan bahwa semuanya dapat berfungsi dengan baik. Tak ada satu pun furniture yang hanya menyesaki area ruangan saja.

Untuk Ruangan Kecil, Pilihlah Kursi

Kalau ukuran ruang tamu di rumah Anda tidak terlalu luas, sebaiknya pilihlah tempat duduk berupa kursi daripada sofa. Mengapa? Karena kursi ini mempunyai bentuk yang lebih ramping dan terbuka sehingga tidak akan mempersempit ruangan tersebut secara penuh. Pilihan kursi juga cocok bagi ruang tamu yang hanya digunakan untuk menerima tamu saja. Namun kalau Anda tetap memaksakan diri untuk memakai sofa, cobalah menggunakan furniture built-in yang dibuat secara khusus sesuai dengan spesifikasi ruangan tamu di rumah Anda. Sofa tersebut akan bekerja maksimal di sini.

Beli Furniture yang Berkualitas

Tampilan mewah oleh bahan berkualitas tinggi akan membuat Anda merasa lebih percaya diri pada saat menerima tamu. Furniture yang berkualitas tinggi ini juga cenderung lebih awet daripada furniture yang berharga murah. Pemilihan furniture yang dilapisi kain anti noda sangat berguna terutama untuk rumah yang memiliki anak-anak atau binatang peliharaan. Anda tidak akan kecewa sebab telah membeli mahal untuk mendapatkan furniture yang mutunya tinggi tersebut. Hati-hati dan telitilah ketika Anda membeli furniture ini supaya tidak tertipu dan terkena bujuk rayu oknum penjual yang nakal.

Bantal Hias Sebagai Pemanis

Bantal busa yang nyaman sanggup mengangkat nilai desain ruang tamu secara signifikan. Ukuran bantal hias yang dipakai usahakan jangan terlalu besar dan cukup proporsional karena bukan ditujukan sebagai sandaran saja, melainkan juga untuk dudukan. Pilihlah sarung bantal yang menarik serta sesuai dengan dekorasi ruangan yang ingin diciptakan. Tumpukan bantal di ruang tamu ini mampu menciptakan kesan yang begitu nyaman dan mengundang semua orang. Kami jamin deh semua tamu yang datang bermain ke rumah Anda pasti akan merasa betah sekali.