Inilah Macam-macam Ukuran Kasur Spring Bed dan Namanya yang Unik

Kasur merupakan perabotan yang memegang perananan penting di dalam kamar tidur. Selain memiliki fungsi yang krusial sebagai tempat tidur, keberadaan kasur ini juga menjadi titik fokus utama desain di ruangan ini. Oleh karena itu, Anda perlu memilihnya dengan tepat sesuai kebutuhan sehingga kasur yang dipilih tadi benar-benar mampu mendukung konsep ruangan kamar tidur yang ingin Anda ciptakan. Anda mesti memilih kasur dengan ukuran yang paling tepat.

Yap, kasur yang bagus tidak hanya dilihat dari model dan bahan yang digunakannya saja, tetapi juga dari segi ukuran kasur tersebut. Perlu Anda ketahui, sekarang ada begitu banyak pilihan ukuran kasur yang diperuntukan sesuai dengan usia dan kebutuhan penggunanya. Memilih kasur yang terlalu kecil terasa sangat tidak nyaman karena sempit. Sedangkan jika kasur tadi ukurannya terlalu besar, maka kasur akan terlihat memenuhi ruangan. Hal ini tidak bagus untuk dekorasi kamar tidur Anda.

Namun pada kesempatan kali ini, kita tidak ingin berbagi cara tentang proses pemilihan kasur spring bed yang paling tepat untuk Anda. Melainkan di sini kita akan belajar bersama-sama tentang macam-macam ukuran kasur spring bed yang tersedia di pasaran. Anda harus tahu jika sekarang sudah terdapat banyak sekali ragam dari ukuran spring bed. Masing-masing ukuran spring bed ini diberi label yang berbeda-beda dan bersifat unik. Penasaran namanya apa saja? Kita cari tahu bareng yuk!

Macam-macam Ukuran Kasur Spring Bed di Indonesia

Nama

Nomor

Ukuran (cm)

Single Size

4

90 x 200

Double Size

3

120 x 200

Queen Size

2

160 x 200

King Size

1

180 x 200

Super King Size

200 x 200

Keterangan :

  • Kasur single size memiliki ukuran 90 x 200 cm. Dikenal pula dengan sebutan kasur spring bed nomor 4.
  • Kasur double size berukuran 120 x 200 cm. Kasur ini juga dikenal dengan istilah kasur spring bed nomor 3.
  • Kasur queen size mempunyai ukuran 160 x 200 cm. Kasur ini dikenal juga sebagai kasur spring bed nomor 2.
  • Kasur king size memiliki ukuran 180 x 200 cm. Kasur spring bed tipe ini biasa disebut pula sebagai kasur nomor 1.
  • Kasur super king size mempunyai ukuran 200 x 200 cm. Ini merupakan kasur spring bed yang paling besar di Indonesia.

Sementara itu, pasar internasional mengenali ragam ukuran kasur spring bed jauh lebih kompleks lagi.

Single Bed dan Twin Bed

macam-ukuran-kasur-springbed.jpg

Kasur spring bed ukuran single bed biasa disebut pula sebagai twin bed. Kedua istilah ini sebenarnya merujuk pada kasur dengan ukuran yang sama saja. Baik kasur single bed maupun twin bed sama-sama berukuran kecil dan biasa digunakan di kamar tidur yang sempit. Contohnya  seperti kamar tidur anak-anak. Ingat, kasur ini sama sekali tidak cocok digunakan untuk kamar tidur orang dewasa karena bakal terlalu sempit saat Anda berbaring di atasnya.

Twin Extra Long Bed

macam-ukuran-kasur.jpg

Ukuran kasur yang kedua ialah twin extra long bed. Kasur ini memiliki ukuran 5 inci lebih lebar daripada single bed. Perlu Anda ketahui, twin extra long bed biasanya digunakan di kamar asrama ataupun rumah kos. Jenis kasur ini dapat diimplementasikan pada kamar tidur remaja maupun orang dewasa. Namun sayangnya cukup sulit untuk menemukan ranjang yang sesuai dengan ukuran kasur ini. Jadi solusinya Anda mesti membuat tempat tidur sendiri secara built-in.

Double dan Full Bed

ukuran-kasur-springbed.jpg

Antara double bed dan full bed sebenarnya memiliki ukuran yang sama persis yaitu 15 inci lebih lebar daripada twin bed. Kedua kasur ini biasanya dipasang di kamar tidur tamu. Kasur ini bisa digunakan oleh satu orang maupun berpasangan. Tapi kasur yang sejatinya ditujukan khusus untuk orang berpasangan adalah queen sized bed. Queen sized bed mempunyai ukuran 21 inci lebih lebar dan 5 inci lebih panjang daripada twin bed. Oleh karena itu, mayoritas pasangan muda lebih menyukai jenis kasur ini.

Queen Bed

macam-ukuran.jpg

Yap, sama seperti yang sudah kami sebutkan di atas, queen bed merupakan kasur yang paling tepat bagi Anda untuk tidur bersama pasangan. Queen bed ini mempunyai ukuran yang sangat proporsional untuk digunakan berdua. Dimensinya sendiri adalah 21 inci lebih lebar dan 5 inci lebih panjang daripada twin bed. Ini merupakan ukuran kasur spring bed yang paling pas untuk pasangan muda-mudi. Dijamin deh, Anda dan pasangan akan mendapatkan pengalaman tidur yang menyenangkan di atas kasur ini.

King Size Bed

kasur-springbed.jpg

Jika Anda lebih menyukai tidur di atas kasur yang luas, maka king size bed adalah pilihan yang sempurna. Ada sedikit perbedaan ukuran antara king size bed versi orang barat dengan versi kita yang tinggal di dunia timur. Jadi pada saat Anda hendak membelinya nanti, pastikan Anda tidak hanya memeriksa tipe kasurnya saja, tetapi juga ukurannya. Anda harus memastikan kasur spring bed ukuran king size bed yang Anda beli memang memiliki ukuran yang sesuai dengan keinginan dan perencanaan Anda.

California King Bed

Ukuran kasur inilah yang paling luas daripada jenis kasur yang lainnya. Biasanya kasur spring bed yang berukuran california king size bed ini ditempatkan di kamar tidur utama atau kamar tidur tamu. Kasur ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang mempunyai postur tubuh yang tinggi dan besar. California king bed akan menjamin kenyamanan Anda saat tidur di atas kasur. Tipe kasur spring bed jenis california king bed ini seolah-olah memang sengaja diciptakan khusus untuk Anda.