Ingin Beli Karpet? Kenali Macam-macam Karpet Lantai Dulu Yuk!

Siapa nih dari Anda yang sekarang sedang ingin membeli karpet? Beruntung sekali karena sekarang telah ada banyak sekali ragam dari karpet berdasarkan bahan pembuatnya loh. Mulai dari karpet yang terbuat dari bahan alami sampai dengan karpet yang dibikin dari bahan-bahan sintetis. Anda bisa memilih karpet tersebut sesuai selera dan kebutuhan. Kenyataannya memang setiap karpet ini mempunyai karakteristik yang begitu khas dan unik. Contohnya nih, karpet wol mempunyai wujud yang tebal serta terasa hangat di kaki sehingga cocok sekali diaplikasikan di ruang keluarga.

Anda dapat membeli karpet lantai yang berkualitas bagus di www.alatperabotan.com ya. Ini merupakan toko online yang menjual aneka ragam alat-alat kerja dan perabotan rumah tangga yang lengkap. Karpet pun tersedia secara lengkap di sini loh. Misalnya seperti karpet wol, karpet vinyl, karpet tanaman, karpet karet, karpet kain, karpet bambu, dan lain-lain. Harganya sangat terjangkau karena diambil langsung dari tangan pertama. Selain karpet buatan para pengrajin lokal, di AlatPerabotan.com juga tersedia berbagai karpet yang diimpor secara langsung. Jadi kualitasnya pasti tinggi.

Berdasarkan bahan baku untuk membuatnya, paling tidak terdapat 7 macam karpet yang paling banyak digunakan untuk rumah tinggal. Setiap jenis karpet ini mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda-beda ya. Jadi penggunaannya pun harus disesuaikan dengan sifat/karakteristik karpet tersebut.

KARPET WOL

Karpet pertama yang paling banyak penggemarnya yaitu karpet yang berbahan dasar wol. Bahan wol ini kebanyakan diambil dari bulu domba, kendati ada juga wol dari bulu kambing atau bulu lama. Kelebihan dari karpet wol yaitu ukuran karpet ini begitu tebal, mempunyai warna yang tidak mudah memudar, dan tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrem. Karpet wol ini juga terasa begitu lembut, halus, dan empuk sehingga nyaman sekali di kaki.  Kesan yang ditampilkan oleh karpet wol ini dapat membuat permukaan lantai terlihat begitu mewah. Tapi sayangnya harga lantai wol terbilang cukup mahal ya.

KARPET VINYL

Bahan karpet kedua yang mempunyai penggemar cukup banyak ialah vinyl. Ciri-ciri khasnya yaitu bahan vinyl ini terasa halus dan nampak mengkilap apabila terkena cahaya. Vinyl merupakan material sintetis. Di pasaran, terdapat banyak sekali motif karpet vinyl yang bisa Anda pilih. Misalnya seperti motif catur, abstrak, kayu, granit, dan marmer. Bahkan karpet bergambar kartun yang umumnya dipakai untuk anak-anak pun kebanyakan terbuat dari vinyl. Biasanya karpet vinyl ini dijual dalam ukuran yang kecil. Namun sekarang sudah banyak karpet kok karpet vinyl gulung yang ukurannya lebih besar.

KARPET KARET

Pilihan selanjutnya adalah karpet yang terbuat dari bahan karet. Pilihan motif karpet karet cukup banyak sehingga akan mempermudah Anda dalam memilih mana karpet karet yang paling tepat untuk dipakai. Umumnya karpet karet ini dijual secara potongan dan meteran. Karena motifnya yang sederhana, karpet karet juga cocok digunakan untuk menghiasi ruangan yang bergaya minimalis. Karpet karet mempunyai keunggulan yang meliputi teksturnya terasa begitu empuk di kaki, tidak mudah rusak, warnanya mampu bertahan lama, perawatannya cukup gampang, dan harganya pun sangat terjangkau.

KARPET KULIT

Selain memakai karpet wol, lantai rumah mewah juga dapat dipercantik dengan karpet berbahan dasar kulit. Di pasaran, tersedia karpet kulit yang terbuat dari kulit asli maupun kulit sintetis. Tentu saja harga karpet kulit asli jauh lebih mahal dibandingkan karpet kulit sintetis. Setidaknya terdapat 2 macam pilihan tampilan karpet kulit yaitu karpet kulit polos serta karpet kulit bertekstur. Bahan kulit polos berasal dari kulit sapi atau kambing. Sedangkan bahan kulit bertekstur dari kulit ular dan buaya. Pastikan karpet kulit yang Anda beli adalah karpet legal dan terbuat dari kulit binatang yang diternakkan.

KARPET ANYAMAN

Bahan karpet yang kelima berasal dari batang tumbuh-tumbuhan yang dikeringkan. Biasanya tumbuhan yang dipakai untuk membuat karpet ini misalnya seperti padi, eceng gondok, dan rumput laut. Tanaman tersebut sebelumnya dijemur terlebih dulu sampai kering. Barulah kemudian karpet tanaman ini dibuat dengan teknik anyaman. Karpet ini cocok sekali diterapkan apabila Anda menginginkan suatu sentuhan khas tradisional dan natural di dalam suatu ruangan. Sayangnya karpet anyaman ini rentan terkena noda dan cukup sulit membersihkan karpet tersebut. Anda harus merawat karpet ini dengan ekstra hati-hati.

KARPET BAMBU

Di Indonesia, bambu juga sering menjadi bahan karpet yang nyaman. Siapa sangka kalau batang bambu yang terkenal kuat dan keras ini bisa dijadikan sebagai alas ruangan yang begitu hangat? Khusus karpet bambu yang bergaya modern, biasanya sih serat bambu yang cukup keras dan tajam ini sudah diberikan finishing secara khusus sehingga membuat teksturnya terasa lebih halus dan aman digunakan. Meskipun terlihat sangat menarik, karpet bambu ini memerlukan perawatan yang rumit loh. Anda harus merawat karpet ini dengan sungguh-sungguh supaya kondisinya tetap bagus dan tidak cepat rusak.

KARPET KAIN

Untuk bahan karpet yang lebih awet, Anda bisa memilih karpet kain. Terlebih jika karpet tersebut dibuat dari kain perca yang dianyam secara acak, karpet pun akan semakin tebal serta bertambah hangat. Yap, walaupun kelihatannya kurang meyakinkan, tapi karpet kain perca ini mempunyai kekuatan yang sangat baik loh. Karpet ini tak mudah rusak dan mempunyai tampilan yang begitu unik. Karena bahannya yang fleksibel, karpet kain juga bisa diterapkan pada berbagai desain rumah. Pilih karpet yang bermotif rumit untuk ruangan bergaya klasik, atau corak sederhana untuk ruangan yang bernuansa modern minimalis.